Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Tips Menggunakan Uang Elektronik yang Aman dan Bikin Untung

by Surtan Siahaan on 4 Februari, 2016

Menggunakan uang elektronik untuk transaksis sehari-hari memberikan banyak keuntungan. Selain lebih mudah dibawa karena hanya berukuran kartu, uang di dalam e-money ini tidak berkurang karena potongan bunga dan fee.

Meski menawarkan banyak keuntungan, e-money juga punya kekurangan. Misalnya, ketika kartu hilang, uang di dalamnya bisa ikut hilang karena tidak dilindungi dengan PIN.

Nah, agar lebih aman bertransaksi dengan uang elektronik, perhatikan sejumlah tips berikut ini:

Gunakan id card holder

Jika kamu menggunakan uang elektronik untuk belanja sehari-hari, sebaiknya jangan simpan kartu di dalam dompet. Alasannya, kartu ini akan sangat sering keluar masuk dompetmu.

Sehingga, kartu rawan terjatuh atau hilang, terlebih saat kamu sedang terburu-buru. Gunakan id card holder sehingga kartu uang elektronikmu dapat diakses kapan saja.

(Baca juga: Strategi Membeli Cincin Nikah yang Bisa Bikin Untung)

Isi sesuai kebutuhan

Ingat, kartu uang elektronik berbeda dengan ATM karena tidak membutuhkan PIN saat transaksi. Akibatnya, jika kartu hilang maka transaksi bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Oleh karena itu, jangan berlebihan mengisi uang elektronik. Isi secukupnya sesuai peruntukan dan kebutuhan.

Selalu ambil kartu usai bertransaksi

Pastikan kartu selalu kamu ambil setelah bertransaksi. Biasanya, pengguna uang elektronik mudah lupa. Agar ingat, selalu cek keberadaan kartu uang elektronikmu sebelum meninggalkan kasir atau mengambil barang.

Cek saldo

Biasanya, merchant yang menerima transaksi secara elektronik menyediakan alat untuk mengecek saldo. Biasakan untuk melakukan pengecekan guna menghindari adanya item pembelian yang salah.

(Baca juga: Kota-Kota Besar di Indonesia Ini Bisa Memberikan Keuntungan Finansial di Tahun 2016)

Bandingkan uang elektronikmu

Sejumlah merchant juga memberikan banyak keuntungan seperti diskon dan promo bagi pemegang uang elektronik tertentu. Sebelum kamu memilih, sebaiknya lakukan perbandingan untuk mengetahui uang elektronik terbaik.

Tentang Penulis