Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Tips Menghias Kamar Kos Bergaya Estetik Biaya Irit

by Vera Khairifah on 22 Juli, 2020

Menghias kamar kos ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, sepertinya bisa kamu jadikan hal positif, agar suasana kamar kost bisa bikin kamu betah selama di rumah aja. Adapun, sederet tips menghias kamar kos berikut ini, bisa kamu terapkan agar terlihat lebih estetik, tapi enggak bikin kantong jebol.

Tips Menghias Kamar Kos Bergaya Estetik Biaya Irit

Inspirasi Gaya Menghias Kamar Kos

Sebelum kamu melakukan perombakan dan menghias kamar kos, tentukan dulu gaya interior dan dekorasi kamar yang ingin kamu gunakan.

Berikut ini inspirasi gaya interior yang bisa kamu aplikasikan di kamar kos, sekalipun kamar kosmu tidak terlalu luas. Dijamin, kamarmu akan terlihat estetik deh!

  • Bohemian

Gaya menghias kamar kos ini mengedepankan nilai artistik dan estetika. Pemilihan warna cenderung pada warna-warna netral yang kalem. Seperti putih tulang, krem, cokelat, dan sedikit warna biru dongker (navy blue) atau hijau.

Unsur cozy ditunjukkan dengan lapisan karpet pada lantai, bed cover yang dibiarkan terpasang di atas kasur (saat musim panas, kamu tentu boleh hanya memasang sprei), dan sofa atau bantal-bantal kecil sebagai pelengkap.

Sedangkan untuk properti tambahan seperti kap lampu, cermin, lemari atau kursi, pilihlah yang berbahan kayu atau rotan untuk menonjolkan kesan alami. Tanaman indoor yang digantung juga bisa kamu pilih untuk mempercantik ruangan.

Gaya bohemian cocok untuk kamu yang berjiwa bebas dan suka dengan alam bebas.

  • Minimalis

Buat kamu yang super simple dan tidak suka menyimpan terlalu banyak barang, maka gaya minimalis cocok banget buat menghias kamar kos kamu. Gaya ini menekankan pada pemilihan warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu, dengan pemilihan isi barang di kamar tanpa motif alias polos, dan modern.

Yang menjadi poin dari gaya interior ini adalah tata letak lampu. Kamu bisa memilih kap lampu berbahan stainless steel, atau memasang lampu LED panjang di sudut ruangan atau di belakang dipan ranjang tidur.

(Baca Juga: 15 Ide Sofa Ruang Tamu Sempit Harga Murah)
  • Kontemporer

Gabungan gaya minimalis yang modern dengan gaya bohemian akan menghasilkan gaya kontemporer. Kamar dengan interior seperti ini memiliki kesan cozy, natural, minim barang, dan disertai beberapa barang bergaya modern.

Kamu bisa memilih perabotan isi kamar dengan bahan kayu dan stainless steel. Agar terkesan asri, tambahkan tanaman indoor yang ditanam di pot kecil yang diletakkan di dekat jendela. Pilihan warna dinding pada kamar bergaya kontemporer yang disarankan adalah abu-abu, hitam, dan biru dongker.

Gaya minimalis dan kontemporer cocok diterapkan untuk kamar kos yang tak terlalu luas.

  • Rustic

Sedangkan untuk kamu yang menyukai kamar bergaya simple tapi ingin terlihat estetik dengan unsur alami dan bunga-bunga, pilihlah gaya rustic. Pastikan kamarmu disinari sinar matahari yang cukup saat siang hari, sebab furniture dan perabotan yang digunakan didominasi bahan kayu.

Mulai dari dipan ranjang, cermin, lemari, hingga pajangan dinding. Agar makin cantik, kamu bisa menggantung bunga kering atau pajangan flower crown. Sedangkan bagian lantai bisa dipasang vinyl bermotif kayu.

  • Shabby Chic

Kesan feminin, simple dan cozy menjadi ciri khas gaya menghias kamar kos yang satu ini. Sebenarnya, gaya shabby chic mirip seperti interior barat zaman dulu yang tren pada akhir abad ke-17. Jadi, unsur vintage memang sangat kental.

Pilih sprei kasur dengan model ruffle skirt. Sedangkan untuk perabotan lainnya seperti kursi dan laci, pilih yang berbahan kayu atau yang bergaya klasik. Jangan lupa hias dengan pajangan foto, lukisan, atau tanaman hias mini.

Tips Menghias Kamar Kos

Jika sudah memilih gaya interior yang diinginkan, maka kamu bisa mulai menghias kamar kos. Pertama, kamu harus menyortir barang-barang yang sebelumnya sudah kamu miliki.

Pisahkan barang yang terpakai dan barang yang ingin diganti, dengan barang yang tetap kamu simpan. Kemudian, buat daftar barang yang ingin kamu beli.

Sudah siap eksplor barang pilihan? Simak dulu tips menghias kamar kos berikut ini.

1. Gunakan Properti DIY

Gunakan Properti DIY - Tips Menghias Kamar Kos Bergaya Estetik Biaya Irit

Saat berkeinginan untuk menghias kamar kos, kamu tak harus membeli semua barang maupun furniture baru kok. Untuk pajangan, bingkai foto, rak, dan kap lampu, kamu bisa membuat sendiri dengan metode Do It Yourself (DIY). Inspirasinya bisa kamu dapatkan lewat internet atau media sosial seperti Pinterest.

2. Pilih Warna Inti yang Tepat

Pilih Warna Inti yang Tepat - Tips Menghias Kamar Kos Bergaya Estetik Biaya Irit

Setiap kamar kos pasti memiliki luas, tata letak, dan bentuk yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu harus tepat dalam menentukan warna inti dan isian kamar.

Misalnya untuk kamar kos yang sempit atau posisinya kurang terkena sinar matahari, cat dinding yang disarankan adalah warna putih. Sebab warna putih membantu ruangan terkesan lebih luas, dan mudah dibersihkan karena kotoran lebih terlihat.

3. Beli Perabotan di Toko Online

Beli Perabotan di Toko Online - Tips Menghias Kamar Kos Bergaya Estetik Biaya Irit

Harga perabotan kamar di toko offline biasanya lebih mahal. Daripada harus mengeluarkan kocek lebih dan kamu harus ke luar rumah di masa pandemi begini, lebih baik belanja online saja.

Misalnya untuk harga rak yang biasanya dijual harga ratusan ribu Rupiah, di toko online bisa kamu dapatkan mulai harga Rp90.000-an. Kemudian karpet bulu murah seharga Rp70.000-an, kap lampu gantung estetik Rp60.000, dan masih banyak lagi.

Jika kamu pandai memilih barang, menghias kamar kos dijamin enggak bikin dompet boncos.

(Baca Juga: 15 Tanaman Gantung yang Bikin Rumah jadi Cantik)
4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Manfaatkan Diskon dan Promo - Tips Menghias Kamar Kos Bergaya Estetik Biaya Irit

Beberapa barang incaranmu mungkin hanya tersedia di toko furniture mahal. Untuk mengakalinya, hapalkan waktu diskon dan promo yang biasa digelar setiap momen-momen tertentu.

Misalnya saat akhir tahun, awal tahun, pertengahan tahun, hari besar nasional, hari raya umat beragama, dan momen tahun ajaran baru. Agar lebih update, coba selalu rutin kepoin akun media sosial toko furniture tersebut, ya.

5. Tambahkan Tanaman Indoor

Tambahkan Tanaman Indoor - Tips Menghias Kamar Kos Bergaya Estetik Biaya Irit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beberapa gaya interior menghias kamar kos menggunakan tanaman indoor sebagai hiasan pelengkap. Tanaman asli ini kini makin mudah ditemukan di pasar online maupun toko tanaman offline.

Harganya juga murah sudah termasuk potnya, yakni mulai dari Rp20.000-an. Pengemasan tanaman hias yang dipesan secara online juga aman kok karena menggunakan packaging kayu.

Jenis tanaman hias indoor yang bisa dipilih adalah sukulen echeveria, money plant, sansevieria, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah beberapa tips menghias kamar kos. Pembayaran belanja kebutuhan perabotan kamar bakal makin mudah dengan kartu kredit. Sebab, kamu bisa memilih produk yang disukai dari dalam maupun luar negeri.

Kartu kredit juga memiliki banyak promo berupa voucher produk gratis maupun diskon harga di merchant yang bekerjasama. Cicilannya pun ringan, dengan besaran bunga yang masih terjangkau.

Yuk, coba cek kartu kredit apa sih yang cocok untuk kebutuhanmu lewat CekAja.com. Jika kamu menemukan yang pas, langsung saja ajukan ke CekAja.com secara mudah dengan pengisian formulir online.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast