Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Menghindari Penipuan WO Abal, Biar Acara Tetap Sakral

by Estrin Vanadianti Lestari on 12 Februari, 2020

Menjadi salah satu momen paling sakral, acara pernikahan juga diharapkan bisa berjalan dengan lancar. Nah, demi kelancaran acara, biasanya pasangan pengantin menggunakan jasa Wedding Organizer (WO), untuk membantu mempersiapkan acara mulai dari dekorasi, catering, perias, dan lain-lain. Namun, agar bisa dapat WO profesional, sebaiknya intip dulu tips menghindari penipuan WO abal-abal berikut ini.

tips menghindari penipuan wo

Keuntungan Pakai Jasa WO

Sebelum itu, mari cari tahu dulu tentang keuntungan menggunakan jasa WO, berikut ini:

  • Persiapan Acara Lebih Matang dan Terstruktur
  • Bisa Mengurangi Beban Pikiran Sang Pengantin dan Keluarga
  • Kamu Bisa Menentukan Perkiraan Biaya yang Akan Dikeluarkan
  • Manajemen Waktu Lebih Tertata
  • Bisa Menghasilan Acara yang Lebih Maksimal
  • Bisa Mendapatkan Vendor-vendor terbaik dan recomended

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati, jika kamu menggunakan jasa WO untuk acara pernikahan mu. Namun, semakin ke sini, jasa WO pun semakin banyak, karena mereka memang sangat dibutuhkan. Tidak hanya itu, mereka pun berlomba-lomba menawarkan jasa terbaik dengan harga yang bersaing.

Banyak Penipu Berkedok WO dan Pasang Harga Murah

Namun, dibalik banyaknya jasa WO yang profesional dan mengedepankan kualitas, ternyata ada pula penipu yang memanfaatkan kesempatan tersebut, dengan mengiming-imingi jasa WO yang murah.

Akan tetapi, untuk masalah penipuan berkedok WO mungkin memang bukan menjadi hal baru. Meski begitu, para penipu juga selalu menemukan banyak cara, untuk menjerat calon pelanggannya.

Cara mereka untuk mengelabui pelanggan pun bermacam-macam, mulai dari memasang harga murah, menggunakan nomor palsu sehingga sulit dihubungi, tidak mencantumkan alamat kantor dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Tips Cari Vendor Catering Pernikahan Budget Minim di Jakarta)
Tips Menghindari Penipuan WO Abal-abal

Nah, agar kamu tidak menjadi korban penipuan WO berikutnya, lebih baik intip tips menghindari penipuan WO abal-abal berikut ini:

1. Mencari tahu profil WO di internet

Tips menghindari penipuan WO abal-abal yang pertama adalah mencari tahu terkait profil hingga kebenaran WO di internet. Kamu bisa mencari terkait website resminya, media sosialnya serta jumlah followers, alamat lengkap, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi.

Jika, informasi yang ada di internet tidak memperlihatkan adanya penipuan, kamu bisa lanjut untuk minta pertemuan secara personal, misalnya di kantor WO tersebut.

Namun, jika data yang ada di internet terlihat mencurigakan, lebih baik berhenti sampai di situ. Pasalnya, saat ini WO sudah pintar dalam mengelabui data di internet.

2. Jangan tergoda tawaran harga yang murah

Tips menghindari penipuan WO abal-abal selanjutnya yang bahkan sudah sering memakan korban adalah mudah tergoda harga murah. Memang tidak ada yang salah, jika kamu dan pasangan mencari jasa dengan harga murah untuk berhemat, namun kamu juga perlu berhati-hati untuk masalah ini.

Bahkan beberapa WO juga memang ada yang menawarkan harga yang benar-benar murah, namun mungkin juga disesuaikan dengan kualitasnya. Di sini kamu diharapkan jangan sampai buta dalam memilih harga yang teramat murah dan tidak masuk akal.

Pasalnya, kamu juga patut untuk merasa curiga, jika mereka memberikan harga yang terlalu murah, dan promo diskon yang sangat berlebihan.

3. Cek testimoni WO

Tips menghindari penipuan WO abal-abal yang bisa membantu kamu terhindar dari kerugian adalah cek testimoni WO. Pasalnya, jika WO tersebut sudah profesional dan berkualitas, pasti sudah memiliki banyak pelanggan.

Jika memang benar WO tersebut memiliki sistem kerja yang baik, maka pelanggan-pelanggan sebelumnya pasti memberikan komentar yang positif, hingga sangat merekomendasikan WO tersebut kepada pelanggan lain.

Kamu bisa cek komentar pelanggan sebelumnya, di media sosial hingga di website. Jangan lupa tanyakan pula hasil kerja atau proyek acara pernikahan yang pernah mereka tangani.

4. Bertanya dengan rekan yang menggunakan WO tersebut

Mungkin tips ini agak mirip dengan tips sebelumnya, namun tips menghindari penipuan WO abal-abal dengan cara bertanya dengan rekan yang menggunakan WO tersebut, mungkin akan lebih baik.

Karena, dengan begitu kamu jadi lebih tahu informasi terkait WO tersebut. Mulai dari hasil, harga, sistem kerja mereka, hingga kualitas pelayanan yang diberikan.

Selain itu, bertanya dengan rekan juga lebih terpercaya. Karena, semakin ke sini banyak penipu juga menggunakan testimoni palsu, agar calon pelanggannya merasa percaya.

5. Mudah jika diajak bertemu secara personal

Banyak para jasa WO abal-abal yang enggan diajak bertemu, untuk membicarakan deskripsi lengkap terkait penggunaan WO. Sehingga, kamu juga harus mencari tahu tips menghindari penipuan WO abal-abal ini, yakni dengan cara ajak mereka bertemu langsung secara personal.

Di sini, kamu dan pasangan juga bisa melihat, seberapa meyakinkan kantor jasa WO ini, beserta karyawan yang dipekerjakannya.

(Baca Juga: Intip Persiapan Menikah Mulai Dari Budget, Konsep, hingga Kendalanya)
6. Baca perjanjian kontrak dengan teliti

Tips menghindari penipuan WO abal-abal yang tak kalah penting adalah membaca seluruh perjanjian kontrak. Tidak hanya membacanya, kamu dan pasangan juga bisa berkonsultasi terkait perjanjian kontrak yang ditawarkan pihak WO.

Hal-hal penting yang ada di dalam kontrak tersebut biasanya seperti pembayaran, biaya katering yang sudah all in atau belum, rundown acara, make up artist, busana pernikahan, busana untuk keluarga dan lain-lain.

Hal tersebut perlu kamu tanyakan dengan detil. Sehingga, acara kamu bisa berjalan dengan lancar, anpa hambatan. Jangan sampai tiba-tiba catering tidak datang, make up artist ternyata hanya untuk pengantin, dan sebagainya.

7. Minta pendapat orang lain

Kamu dan pasangan bisa minta pendapat orang lain seperti orang tua, keluarga, hingga teman dekat, terkait jasa WO yang akan dipilih. Hal tersebut dilakukan agar, mereka juga bisa ikut menilai, jasa WO mana yang sekiranya cocok dengan kamu dan juga keuanganmu.

Rekomendasi Wedding Organizer Terbaik dengan Harga Terjangkau
  • Top Fusion Wedding

Link Instagram: https://www.instagram.com/topfusionwedding/?utm_source=ig_embed

  • Our Wedding Organizer

Link Instagram: https://www.instagram.com/ourwedding_eventorganizer/?utm_source=ig_embed

  • Best Entertainment and Organizer

Link Instagram: https://www.instagram.com/wtheorganizer/?utm_source=ig_embed

  • Sugarbee Wedding Organizer

Link Instagram: https://www.instagram.com/sugarbee_wo/?utm_source=ig_embed

  • Despro Organizer

Link Instagram: https://www.instagram.com/desprorganizer/?utm_source=ig_embed

Yuk persiapkan acara pernikahan mu dengan menabung. Namun, jika belum terkumpul dan masih kurang menutupi, padahal sudah menentukan tanggal, jangan khawatir.

Karena, saat ini sudah ada solusi pinjaman dana, berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk menutupi biaya pernikahanmu.

Yuk, ajukan segera KTA yang tepat untukmu, hanya di situs Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk