Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Tips Menikmati Long Weekend Seru Bersama Anak

by Gentur Putro Jati on 19 April, 2019

Di kota besar, seringkali para orang tua tenggelam dalam kesibukan mencari nafkah sampai mengabaikan kebutuhan anak-anak untuk berinteraksi bersama keduanya. Nah mumpung pekan ini ada momentum libur panjang, mengapa tidak memanjakan anak-anak dengan menghabiskan waktu bersama mereka?

Kamu tentu tidak mau kan, kalau sang buah hati lebih memilih menghabiskan waktu bermain game di gadget miliknya ketimbang bersama kamu? Nah, untuk memastikan quality time orang tua – anak tercipta, perhatikan tips liburan long weekend bersama anak berikut ini.

1. Penuhi keinginan anak

Anak-anak tentu memiliki preferensi liburan yang berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak yang sudah besar kemungkinan lebih suka berlibur ke tempat-tempat dengan pemandangan alam yang bagus dengan sedikit aroma petualangan. Sedangkan anak-anak yang lebih muda mungkin ingin liburan ke taman hiburan.

(Baca juga: 7 Tempat Wisata Edukasi untuk Liburan dengan Anak)

Sesuaikan tujuan liburan dengan minat anak. Sehingga mereka bisa benar-benar menikmati momentum bersama kedua orang tuanya.

2. Tawarkan beberapa alternatif

Setelah mengetahui tempat liburan yang diinginkan anak, cari alternatif tempat tersebut untuk mereka pilih. Misal, jika kamu tinggal di daerah Jabodetabek dan anak-anak memilih untuk liburan ke pantai, maka beberapa alternatif pantai terdekat yang bisa sodorkan ke mereka antara lain Ancol, Anyer, Carita, Kepulauan Seribu, atau bahkan sampai menyeberang ke Provinsi Lampung.

3. Bekal makanan kesukaan anak

Agar anak-anak tidak bosan sepanjang perjalanan, tidak ada salahnya berbelanja dua kantong plastik penuh makanan dan minuman kesukaan mereka. Lebih seru lagi kalau ada makanan kesukaan favorit seluruh keluarga. Perjalanan menuju tempat liburan tidak akan terasa kalau ada yang bisa dinikmati bersama.

4. Jangan terlalu lelah

Jangan memaksakan untuk berkunjung ke banyak tempat wisata dalam satu hari bersama anak-anak. Lebih baik habiskan waktu seharian dengan berenang, bermain di tepi pantai, atau kemping di pegunungan seharian. Karena dengan berpindah-pindah tempat wisata, anak akan merasa lebih cepat lelah. Jika mereka lelah, maka mood mereka terganggu untuk menikmati liburan.

5. Jangan lupa bawa obat

Sakit adalah kondisi yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kamu tentu tidak mau kesempatan berlibur bersama anak terganggu karena ada yang sakit di perjalanan. Karena itu, bawalah selalu obat-obatan di saat pergi liburan.

(Baca juga: Liburan Kilat dengan Staycation di Hotel)

Itu tadi lima tips untuk menikmati liburan panjang bersama anak-anak. Untuk melindungi diri dan sang buah hati selama dalam perjalanan, pilih asuransi perjalanan terbaik yang bisa kamu pilih lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum