Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Meningkatkan Omzet Bisnis Usai Musim Liburan

by Tisyrin N. T on 9 Januari, 2017

cara menjadi kaya - CekAja.com

Musim liburan kerap mampu mendorong penjualan bisnis skala kecil. Namun, setelah liburan berakhir, penjualan kerap melambat secara signifikan.

Sebagai pengusaha, sebaiknya kamu jangan hanya berdiam diri dan pasrah menerima kemerosotan omzet pasca liburan. Masih ada banyak cara untuk mengambil keuntungan dan meningkatkan penjualan kembali. Berikut ini tips bisnis yang bisa kamu ikuti.

Berikan kupon pasca liburan

Saat libur Natal dan Tahun Baru lalu, bisa jadi kamu kebanjiran pelanggan, misalnya kamu yang berbisnis fashion atau kue kering. Sebaiknya, pada masa musim liburan, bagikan kupon kepada pelanggan yang bisa mereka gunakan setelah musim liburan usai. Ini membuat pelanggan tertarik untuk berbelanja atau menggunakan jasa lagi.

Jika kamu tak sempat melakukannya, kamu masih bisa mengirimi pelangganmu kupon atau kode diskon via email setelah liburan berlalu. Kupon tersebut akan menjadi semacam ‘undangan’ untuk berbelanja kembali kepada para pelanggan. (Baca juga: 4 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas)

Tunjukan apresiasi

Saat kamu sibuk dengan urusan bisnis selama musim liburan, mungkin kamu tidak punya kesempatan untuk berterima kasih kepada pelanggan yang setia maupun klien. Nah, ketika penjualan tengah melambat, saatnya meluangkan waktu untuk hal-hal lain.

Berterima kasihlah kepada pelanggan setiamu dengan cara menawarkan suatu kesepakatan atau promosi eksklusif via email dan melakukan sesuatu yang benar-benar istimewa bagi mereka yang telah membantu bisnismu sepanjang tahun lalu.

Buat kontes menyenangkan

Bisnismu bukan satu-satunya yang lesu pasca liburan. Jangan patah semangat. Buatlah kontes menyenangkan misalnya dengan meminta pelanggan mengirimkan foto liburan. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan  engagement  atau penjualan.

Manfaatkan keuntungan ekstra untuk promosi

Selama liburan, kamu sudah meraup untung banyak. Kamu bisa menyisihkannya untuk melakukan kampanye iklan atau investasi di kegiatan pemasaran lainnya. Tujuannya untuk menjaga angka penjualan sepanjang tahun ini.

Memulai kampanye baru di sosial media

Tahun baru juga merupakan waktu yang tepat bagi kamu untuk mencoba sesuatu yang baru. Cocok sekali jika bisnismu melakukan rebranding atau memperlihatkan suatu gaya baru melalui postingan di sosial media. Kamu juga bisa meluncurkan kampanye baru yang bertujuan meningkatkan engagement dan pengikut sehingga dapat terus mendongkrak penjualan sepanjang tahun.

Luncurkan produk baru atau layanan

Ini juga waktu yang tepat untuk meluncurkan produk atau jasa baru. Hal tersebut akan meningkatkan penjualan. (Baca juga: Daftar Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga)

Ingat tentang resolusi tahun baru

Banyak individu memutuskan mencoba hal-hal baru atau menetapkan tujuan baru. Untuk bisnis tertentu, ada kesempatan memasarkan produk atau jasa yang fokus pada resolusi tahun baru, misalnya menjual aplikasi atau produk yang dapat digunakan untuk melacak aktivitas kebugaran.

Butuh tambahan modal usaha? Dapatkan pinjaman KTA bunga murah di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami