Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tips Menjajal Karier Baru di Luar Keahlian dan Pengalaman

by Rafly Aditia on 28 September, 2016

mencoba karier baru - CekAja.com

Menggeluti pekerjaan baru yang jauh berbeda dari pengalaman kita memang sangat menantang. Tetapi, karier baru juga memiliki berbagai risikonya sendiri.

Agar kamu kerasan dan berkembang, lakukan 6 tips yang harus kamu lakukan kalau ingin kerja di bidang baru berikut ini:

cekaja-daftar-kartu-kredit

Berani terima gaji kecil

Ketika kamu beralih ke suatu bidang pekerjaan baru dan tanpa pengalaman, perusahaan tidak berani memberi penawaran gaji yang tinggi. Jadi, kamu harus siap menerima gaji lebih kecil dibanding yang kamu peroleh sebelumnya. Namun, kalau kamu cepat belajar dan menguasai bidang tersebut, bisa-bisa gaji yang kamu akan jauh lebih besar.

(Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Pelajari keahlian baru

Sebelum datang ke sebuah bidang baru, kamu harus mempersiapkan diri. Pelajari segala skill dan kemampuan yang dibutuhkan pada pekerjaan baru tersebut. Kamu bisa mempelajarinya dari buku, diskusi dengan rekan kerja hingga video tutorial.

Semangat bangun network baru

Beda bidang maka beda pula jaringan kerja dan bisnisnya. Oleh karena itu kamu harus semangat untuk membangun jaringan kerja baru. Usahakan kenal dengan banyak orang di bidang ini, jalinlah pertemanan dan kerja sama profesional yang saling menguntungkan.

Belajar dari senior

Jangan sekali-kali kamu meremehkan orang yang sudah lebih dahulu menggeluti bidang baru tersebut. Agar kamu cepat menguasai pekerjaan ini, belajarlah dari para senior yang ada di tempatmu bekerja.

Terima kenyataan kalau pekerjaan baru tidak sempurna

Jangan pernah berpikir pekerjaan baru yang bakal kamu geluti ini sempurna. Harapan seperti itu tidak akan pernah terwujud dan malah bisa bikin kamu sakit hati nantinya. Ingat, setiap pekerjaan memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

(Baca juga: 5 Orang Kaya Asli Indonesia yang Punya Pulau Pribadi)

Berhenti kerja sementara waktu

Demi mempersiapkan itu semua, tidak ada salahnya untuk berhenti kerja sementara waktu sebelum terjun ke pekerjaan baru. Misalnya kamu bisa  mengundurkan diri dari pekerjaan sekarang satu bulan sebelum aktif bekerja untuk menguatkan mental.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja dan reward berupa tiket pesawat dan voucher hotel gratis? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami