Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Menyiapkan Anggaran Usaha dengan Modal 5 Juta

by lhmdi on 5 Maret, 2016

bisnis rumahan - CekAja.com

Menyiapkan sebuah usaha dengan modal 5 juta saat ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Jika kamu tertarik untuk memulainya dan ingin mendapatkan modal usaha, maka terdapat banyak pilihan yang bisa dilakukan.

Mulai dari mengajukan kredit tanpa agunan, kredit dengan agunan, hingga pinjaman uang secara online melalui layanan yang sudah terverifikasi lewat lembaga jasa keuangan Indonesia atau yang dikenal juga dengan Otoritas Jasa Keuangan.

Melalui layanan pinjaman uang seperti yang disebutkan tadi kamu sudah bisa memulai bisnis modal Rp 5.000.000 dengan untung besar! Apalagi jika bisnis tersebut dikelola dari tempat tinggal sendiri atau di rumah, dan memasarkannya secara online, artinya “ongkos” produksi pun bisa ditekan, tanpa harus menyewa kios atau ruko khusus.

Namun, tentunya sebelum memulai peluang usaha dengan modal yang sedikit ini kamu harus menyiapkan anggarannya terlebih dahulu. Tertarik mencobanya? Berikut beberapa bisnis dengan modal yang sedikit serta tips menyiapkan anggarannya.

  1. Bisnis katering

Meskipun sudah banyak yang menjalani bisnis ini dan terkesan hanya untuk acara besar, sehingga modal yang dibutuhkan pun besar. Namun, jangan salah, bisnis katering pun dilakukan meskipun hanya bermodalkan lima juta rupiah saja.

Kamu tidak perlu terburu-buru menyiapkan spesial katering untuk acara pernikahan, ulang tahun atau acara-acara besar lainnya. Namun, menyiapkan katering untuk rumah kos atau acara-acara RT/RW di tempat tinggal sekitar kamu tidak membutuhkan modal yang besar.

Untuk menyiapkan anggarannya kamu perlu memperhitungkan beberapa hal sederhana berikut ini. Kamu bisa menyiapkan harga santapan katering kamu per porsinya senilai Rp 20.000. Ditambah dengan camilan yang terdiri dari kue-kue kering dengan harga per tampahnya di angka Rp 200.000.

Kemudian, perkirakan tamu undangan untuk rapat RT/RW atau penghuni kos adalah sekitar 50 orang. Maka perhitungannya adalah 50 tamu atau penghuni kos dikalikan dengan Rp. 20.000 dan hasilnya adalah Rp 1.000.000, ditambah dengan dengan kue kering yang nilainya 2 dikalikan Rp 200.000, sehingga nilainya adalah Rp 600.000. Total pengeluaran yang disiapkan adalah Rp 1.600.000.

Bahkan persiapan usaha yang kamu siapkan pun masih tersisa kan?

  1. Bisnis menjahit atau reparasi

Siapa pun masyarakat saat ini pastinya akan membutuhkan jasa yang satu ini. Mulai dari pakaian, tas, sepatu dan berbagai macam perlengkapan rumah tangga lainnya dipastikan akan mencari jasa ini.

Nah! ini adalah usaha dengan modal 5 juta yang bisa kamu coba untuk lakukan. Perkiraan anggarannya adalah, menyiapkan mesin jahit senilai Rp 3.000.000. Benang dan jarum dengan harga Rp 200.000. Perlengkapan lain seperti kancing atau resleting yang berkisar di angka Rp 200.000.

Lalu, buat perhitungan, ongkos yang akan dikeluarkan untuk setiap jahitan adalah Rp 200.000, dan perhitungkan bahwa kamu dapat menyelesaikan 10 jahitan dalam seminggu. Maka perhitungan keuntungannya dalam seminggu adalah Rp 200.000 x 10 = Rp 2 juta

Jika dilakukan secara konsisten dan mampu memuaskan konsumen maka dalam sebulan kamu sudah mengantongi angka Rp 6.000.000 karena dikalikan empat minggu. Apalagi jika bisnis ini dilakukan di rumah, maka kamu sudah mendapatkan keuntungan bersih Rp 1.000.000 setiap bulannya.

Untuk memasarkannya pun sebenarnya mudah. Kamu tidak perlu membuat poster, pamflet atau leaflet untuk memberikan informasi bahwa kamu sedang menawarkan bisnis ini. Agar usaha dengan modal 5 juta yang kamu lakukan lebih efektif dan tidak perlu membuang uang yang begitu besar, promosikan usaha kamu melalui beberapa aplikasi seperti WhatsApp di dalam satu grup.

Selain itu menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram juga akan efektif dan modalnya tidak terlalu besar. Hal penting yang kamu butuhkan pun hanya koneksi jaringan nirkabel atau internet yang harganya pun tidak terlalu mahal. Setelah mengetahui bisnis modal 5 juta untung besar, ada juga peluang usaha modal 1 juta dan usaha dengan modal 2 juta. Meksi modalnya beda denga usaha dengan modal 5 juta, omzetnya tidak kalah dengan usaha dengan modal 5 juta sampai 10 juta.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami