Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Mudah Booking Hotel dengan Harga Murah Saat Traveling

by Rafly Aditia on 26 Februari, 2016

Alokasi biaya liburan yang cukup besar sering terjadi pada pengeluaran akomodasi. Hotel atau tempat penginapan murah pun menjadi incaran yang banyak dicari ketika ingin lakukan traveling. Bagaimana kamu bisa melakukan booking hotel dengan harga murah tanpa susah payah? Baca saja artikel ini.

Pergi jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri dapat membuat pikiran menjadi lebih segar. Apalagi kalau kamu punya budget yang banyak untuk traveling, pastinya gak usah pusing mikirin masalah uang. Tetapi sayangnya, terkadang budget traveling yang kamu miliki pas-pasan jadi sebisa mungkin harus menekan pengeluaran ketika berwisata nanti. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan hotel yang murah. Mendapatkan hotel yang murah ternyata perlu berbagai cara, berikut 5 tips mudah yang bisa dilakukan:

Pakai program metasearch

Apa yang dimaksud program metasearch untuk hotel? Maksudnya adalah program yang membandingkan harga hotel di sebuah situs web dengan situs web yang lain. Sebenarnya program metasearch ini disediakan di sebuah web yang dapat melakukan pencarian beberapa situs pemesanan hotel sekaligus.

Misalnya, kamu bisa mencari hotel dengan perbandingan harga di booking.com, hotels.com, agoda.com dan sebagainya sekaligus lewat website tripadvisor, atau website trivago yang menggunakan program metasearch hotel.

Widget TRV Insurance

Manfaatkan promo kartu kredit

Di beberapa website dan beberapa hotel tertentu, biasanya ada program kerja sama yang dilakukan dengan beberapa penyedia layanan kartu kredit. Nah, kalau kamu sudah memiliki kartu kredit yang bekerja sama dengan hotel atau website tersebut maka sebaiknya booking menggunakan kartu kredit agar mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya.

(Baca juga: Aplikasi Gratis di Smartphone yang Wajib Dimiliki Traveler Kalau Mau Keliling Dunia)

Gunakan corporate rate

Cara ini bisa dilakukan apabila kamu bekerja sebagai travel admin di kantor. Maksudnya seseorang yang biasa mengurus perjalanan dinas para manajer atau karyawan lapangan lainnya. Bila demikian, tidak ada salahnya kamu pun memanfaatkan fasilitas corporate hotel yang biasanya diberikan kepada perusahaan. Walau begitu, sebaiknya izin dulu kepada atasan agar tidak membuat masalah di kemudian hari nanti.

Booking di menit terakhir

Apabila biasanya saat merencanakan perjalanan atau taveling ke tempat tujuan kamu selalu booking hotel jauh-jauh hari, kali ini lakukanlah hal yang sedikit berbeda. Yaitu melakukan pemesanan hotel pada saat menit-menit terakhir.

Karena ternyata ada beberapa online travel agent yang memiliki perjanjian kerjasama dengan beberapa pihak hotel untuk memberikan “diskon gila” pada saat kamar belum habis terjual. Biasanya penawaran tersebut ditandai dengan berbagai tagline seperti “Tonight’s deal”, “Deals Tonight”, dan sebagainya.

Gunakan fitur free cancelation

Pada saat melakukan pemesanan kamar hotel dengan menggunakan agen travel online, biasanya kamu akan melihat kata-kata free cancelation pada beberapa kamar hotel. Ini artinya ketika kamu membatalkan pemesanan nanti tidak akan dikenakan biaya.

Jadi, apabila mendadak kamu mendapatkan hotel yang lebih murah atau misalnya justru dapat tempat bermalam di tempat teman kamu tidak perlu mengeluarkan biaya pembatalan pemesanan hotel yang telah dilakukan sebelumnya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami