Tips Mudah Download Subtitle Film dan Cara Mendapatkannya Secara Gratis

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Tips mudah download subtitle film akan memudahkanmu dalam menonton film favorit, terutama film asing. Yuk, simak tips ini agar kamu menemukan subtitle yang tepat sesuai film yang ingin ditonton.

Mengenal Subtitle dan Jenisnya

Subtitle adalah teks petunjuk di dalam sebuah video, termasuk film. Subtitle bisa saja menggunakan bahasa asal yang digunakan pemain film saat berdialog, maupun merupakan alih bahasa yang dibuat sesuai dengan kebutuhan penonton.

Sebab, subtitle tidak hanya dibutuhkan oleh penonton yang ingin mengerti jalan cerita dari film berdialog bahasa asing saja. Tetapi juga dibutuhkan bagi penonton tuna rungu.

Pembuatan subtitle biasanya dilakukan oleh seorang ahli bahasa atau pengalih bahasa asing yang biasa disebut dengan translator.

Saat menonton film secara streaming online atau film yang di-download, kamu juga harus mengetahui cara dan tips mudah download subtitle film, serta cara menggunakan subtitle ini.

Jenis subtitle ada tiga macam, yakni hard subtitle (hardsub), subtitle parendred, dan soft subtitle (softsub).

Hardsub adalah teks subtitle yang sudah menyatu dengan file video film, sehingga tak bisa diubah lagi.

Kemudian ada subtitle parendred atau close subtitle yang bisa ditampilkan dan dihilangkan di frame video film.

Subtitle ini biasanya ditemukan di film dalam bentuk DVD, dan tersedia dalam beberapa bahasa sekaligus.

Sedangkan softsub berarti teks subtitle yang berada dalam file terpisah, harus di-download masing-masing. Format file softsub biasanya adalah .srt.

Untuk menggunakan softsub, kamu harus memasukkan filenya secara bersamaan dengan file video film yang akan ditonton ke dalam aplikasi pemutar video yang dipilih.

Untuk men-download softsub, kamu harus mengetahui tips mudah download subtitle film. Karena tidak semua softsub memiliki kualitas hasil alih bahasa yang sesuai dengan arti aslinya.

Ada banyak juga softsub yang kemunculannya tidak sesuai dengan waktu pengucapan dialog oleh pemain saat pemutaran video film.

Sehingga sering ditemukan softsub yang teksnya muncul lebih dulu atau malah terlambat muncul dari waktu yang seharusnya.

(Baca Juga: Daftar Film Thailand Terbaik Sepanjang Masa)

Rekomendasi Situs Download Subtitle Film Gratis

Sebelum mengetahui daftar tips mudah download subtitle film, ada beberapa rekomendasi situs download subtitle gratis. Situs-situs ini cukup populer di kalangan pengincar softsub, karena kualitasnya yang bagus.

Subscene

Subscene adalah situs download subtitle film yang umum digunakan banyak orang. Nama situs ini yakni www.subscene.com, yang memiliki beragam subtitle dari banyak film internasional.

Kamu cukup mengunjungi situs ini, lalu memilih subtitle yang sesuai berdasarkan film yang ingin kamu tonton.

IDFL

Ada juga situs www.idfl.me yang bisa menjadi pilihan saat mencari subtitle. Ini adalah situs khusus alih bahasa asing ke bahasa Indonesia.

Ada bermacam-macam film yang tersedia, mulai dari film Hollywood, film Korea, film Tiongkok, film Bollywood, dan lain-lain.

Subdl

Rekomendasi tempat download subtotle film yang terakhir adalah Subdl, dengan alamat situs www.subdl.com.

Situs ini lebih banyak mengalihkan berbagai film internasional, seperti film Italia, film Korea, film Spanyol, film Bollywood, dan lainnya menjadi berbahasa Inggris. Jadi, lebih banyak pilihan film yang bisa kamu pilih.

Tips Mudah Download Subtitle Film

Berikut ini beberapa tips mudah download subtitle film untuk memudahkanmu memilih softsub yang tepat.

1. Gunakan VPN

Tips mudah download subtitle film yang pertama adalah dengan menggunakan VPN. Sebab, semua situs download subtitle tidak bisa diakses dengan jaringan internet di Indonesia.

Pastikan kamu memiliki aplikasi VPN di laptop atau di smartphone kamu sebelum men-download subtitle film. Unduh terlebih dulu aplikasi VPN, lalu install, dan aktifkan.

Jika VPN sudah terpasang, baru kamu kunjungi situs download subtitle yang dituju.

2. Pilih Situs Download Subtitle Film Populer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu harus memilih situs terbaik yang sudah banyak publik gunakan dalam men-download subtitle. Misalnya, Subdl, IDFL, dan Subscene.

Situs terbaik ini dijamin akan membantumu mendapatkan subtitle secara mudah, dan berkualitas.

Alih bahasa yang digunakan memiliki arti yang sesuai dengan bahasa asal film, dan muncul di detik dan menit yang tepat saat pemain sedang berdialog.

Inilah tips mudah download subtitle film yang harus kamu ingat. Tidak hanya itu, situs-situs ini juga gratis, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan kocek khusus untuk menonton film yang diinginkan.

(Baca Juga: 10 Film Netflix yang Tayang Gratis di YouTube)

3. Pastikan Film dan Bahasa yang Dipilih Sudah Benar

Tips mudah download subtitle film yang selanjutnya adalah memastikan film dan bahasa yang dipilih sudah benar.

Ada banyak film berjudul sama, namun beda alur cerita. Maka dari itu kamu harus cermat saat mengetik judul film di kolom pencarian.

Pastikan pengetikan judul film, tahun rilis, dan jenis alih bahasa di subtitle sudah tepat. Barulah kamu mengklik pilihan ‘download’.

4. Cek Kembali Kualitas Subtitle Film

Setelah berhasil men-download, maka tips mudah download subtitle film yang selanjutnya adalah mengecek kembali kualitasnya. Pastikan file subtitle bisa dibuka berbarengan dengan file video film.

Lalu, pastikan juga bahwa kemunculan subtitle pas, sesuai dengan waktu pemain berdialog dengan arti bahasa yang masih nyambung dan membantumu mengerti jalannya cerita film.

Jika subtitle dirasa kurang oke kualitasnya, maka coba cari subtitle di situs lain, kemudian download ulang.

Lebih Praktis Nonton Streaming dan Bayar Biaya Langganan dengan Kartu Kredit

Film-film yang tidak terlalu populer namun memiliki kualitas yang bagus terkadang menarik minat penonton internasional. Maka dari itu, keberadaan subtitle film dibutuhkan.

Tapi, kini sudah ada banyak situs streaming online yang memiliki koleksi film terlengkap yang bisa menjadi pilihanmu.

Di sini, kamu bisa langsung menonton berbagai film, lengkap dengan subtitle-nya. Sehingga kamu tak perlu lagi repot-repot men-download subtitle secara terpisah.

Biaya langganan situs streaming film ini bisa kamu bayar dengan kartu kredit.

Selain mudah digunakan untuk berbagai kebutuhan, kartu kredit juga memiliki banyak promo di berbagai merchant yang menguntungkan.

Kamu bisa membandingkan dan mengajukan kartu kredit dengan cara yang mudah lewat sistem online yang ada di CekAja.com.

Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Cicilan dijamin ringan, dengan suku bunga yang kompetitif. CekAja.com adalah situs pembanding dan perantara pengajuan berbagai produk finansial terpercaya, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, miliki kartu kredit sekarang juga melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah