Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Murah dan Praktis Mengobati Flu

by Ariesta on 15 Oktober, 2016

Musim hujan telah tiba. Hujan yang mengguyur dari pagi sampai malam membuatmu rentan sakit. Salah satu penyakit yang sering muncul di musim hujan adalah influenza. Influenza, merupakan penyakit yang menyerang pernapasan karena inveksi virus. Meskipun bukan tergolong penyakit serius, flu cukup menganggu aktivitas.

Karena termasuk penyakit ringan, untuk menyembuhkan flu tidak perlu biaya mahal. Berikut ini tips murah dan praktis untuk mengobati flu.

Uap

Hidung tersumbat merupakan gejala flu. Untuk mengatasinya, cobalah metode menghirup uap panas. Uap panas dapat mengencerkan lendir sementara dan kelembaban yang dihasilkan mengobati saluran hidung yang kering.

Caranya, isi baskom dengan air panas. Teteskan minyak aromaterapi peppermint atau kayu putih, tutup kepala dengan handuk, lalu hirup uapnya. (Baca juga: 20 Makanan yang Membuat Otak Makin Cerdas Berhitung)

Berkumur garam

Tenggorokan yang kering dan gatal sangat menganggu dan membuat proses menelan jadi sulit. Salah satu cara alami dan murah meriah untuk mengobatinya adalah dengan berkumur garam. Air menghidrasi tenggorokan yang kering, sedangkan anti bakteri yang terkandung dalam garam memerangi infeksi.

Caranya, larutkan satu sendek teh garam dalam segelas air hangat. Kalau terasa terlalu asin, tambahkan sejumput baking soda untuk mengurangi asin. Kamu juga bisa mengganti garam dengan cuka apel. Berkumurlah selama dua menit empat kali sehari.

Minum banyak air

Penderita flu harus istirahat total di rumah dan banyak beristirahat. Jika orang sehat butuh tidur delapan jam sehari, saat kamu sakit kamu butuh lebih banyak waktu untuk tidur. Lendir dan keringat saat flu menyebabkan dehidrasi sehingga kamu wajib memperbanyak minum air putih.

Hindair minum minuman bersoda karena bisa membuatmu makin sering buang air. Akibatnya  tubuh malah makin dehidrasi. Untuk mengecek level dehidrasi, kamu cukup melihat warna urin. Semakin pekat warna urin, semakin banyak kamu membutuhkan air.

Menyelimuti tubuh

Saat flu, penting untuk membuat tubuhmu tetap hangat. Jika merasa demam, jangan dulu minum obat penurun panas. Suhu tubuh yang meningkat merupakan mekanisme alami untuk memerangi infeksi. Demam membuat suhu darah lebih panas, sehingga virus tidak mudah bereplikasi.

Tapi jika temperatur tubuh sudah di atas 101°F (38.3°C), kamu harus cepat dibawa ke dokter. Penanganan cepat juga dibutuhkan bagi bayi di bawah usia 12 bulan yang menderita demam.

Makan buah yang mengandung banyak air

Makan makanan bergizi dapat memulihkan kondidi tubuh dengan cepat. Saat flu, konsumsilah buah semangka, tomat, mentimun atau nanas. Kamu yang tidak suka makan buah juga dapat mengolah buah-buahan tersebut menjadi jus. (Baca juga: Ilmu Melipatgandakan Uang yang Digunakan Para Miliarder Dunia)

Minum suplemen vitamin C

Vitamin C berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, anggur, mangga, papaya, semangka dan sayuran berdaun hijau.

Agar sakit tidak jadi beban bagi keuanganmu gunakan asuransi kesehatan terbaik. Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis