Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Naik Gunung untuk Pemula agar Keselamatan Terjaga

by Vera Khairifah on 26 November, 2019

Beberapa tahun terakhir, tren naik gunung makin tinggi. Banyak pendaki pemula mencoba untuk menaklukan berbagai gunung di Indonesia. Jika kamu adalah salah satunya, ada baiknya kamu menyimak tips naik gunung untuk pemula. Hal ini penting untuk diketahui agar keselamatan terjaga.

Tips Naik Gunung untuk Pemula agar Keselamatan Terjaga

1. Pilih Gunung dengan Medan Ringan

Pilih gunung dengan medan ringan

Tips naik gunung untuk pemula yang pertama adalah memilih gunung dengan medan yang ringan. Sebagai pemula, kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi saat mendaki.

Dengan memilih medan yang ringan, kamu pun akan dimudahkan dalam menikmati pengalaman mendaki yang pertama itu.

2. Pertimbangkan Soal Cuaca

Pertimbangkan Soal Cuaca

Selain medan, perhatikan juga cuaca saat kamu mendaki. Untuk di Indonesia sendiri, lebih baik memilih masa pendakian di bulan Maret sampai Agustus atau saat musim kemarau.

Pertimbangkan pula status gunung tersebut. Jangan sampai kamu pergi mendaki saat gunung dengan berstatus waspada.

3. Persiapkan Kondisi Fisik

Persiapkan Kondisi Fisik

Hal yang perlu dipersiapkan sebagai tips naik gunung untuk pemula adalah soal kondisi fisik.

Sejak beberapa minggu sebelum mendaki, biasakan diri untuk berolahraga rutin. Seperti jogging, angkat beban, latihan bernapas dengan baik, dan lain sebagainya.

4. Tingkatkan Fokus Pikiran

Tingkatkan Fokus Pikiran

Selain fisik, tingkatkan juga fokus pikiranmu. Latih dengan permainan yang mengasah kinerja otak, seperti sudoku, rubik, teka-teki silang dan lainnya.

Kesiapan mental juga sangat perlu dipersiapkan. Pastikan kamu berani menghadapi tantangan yang ada saat naik gunung, meskipun kamu adalah seorang pemula.

(Baca Juga: Pesawat Batik Air Mendarat Darurat Diduga Pilot Sakit Jantung, Begini Gejalanya)
5. Pastikan Tubuh Sehat

Pastikan Tubuh Sehat

Setelah sudah mempersiapkan kondisi tubuh secara fisik dan mental, pastikan kamu hanya pergi naik gunung saat kondisimu benar-benar sehat.

Jika meskipun kamu sudah bersiap diri namun kondisi kesehatan menurun saat mendekati hari mendaki, maka jangan pergi. Kamu tentu enggak mau terjadi hal yang buruk, kan?

6. Bawa Perlengkapan Penting

Bawa Perlengkapan Penting

Ada beberapa perlengkapan penting yang perlu kamu bawa saat mendaki selain baju lengkap dan perlengkapan tidur dan makanan. Dalam tips naik gunung untuk pemula, kamu harus membawa peta/kompas/GPS, P3K, pisau serbaguna, korek api, ponsel atau radio dua arah, senter dan tali.

7. Bawa Makanan Manis

Bawa Makanan Manis

Makanan memang hal penting. Namun, pastikan ada cadangan makanan yang kamu bawa. Pilih makanan yang mengandung kalori yang tinggi tapi ringan dibawa seperti cokelat.

Ya, makanan manis akan cepat diserap tubuh sehingga cocok dimakan saat kamu kelelahan atau bahkan saat hipotermia.

8. Pergi Berkelompok

Pergi Berkelompok

Ada baiknya kamu mengikuti tips naik gunung untuk pemula yang satu ini. Pergi lah bersama teman dan orang terdekat, yang benar-benar kamu kenal dan merasa nyaman pergi bersamanya. Sebab kalian akan saling menjaga satu sama lain saat ada keadaan sulit terjadi.

Pergi berkelompok namun jangan pula dengan jumlah anggota kelompok yang terlalu banyak. Yakni angka idealnya mulai dari empat sampai sepuluh orang.

(Baca Juga: Mengetahui Gejala, Ciri, dan Penyebab Usus Buntu yang Harus Diwaspadai)
9. Jangan Salah Kostum

Jangan Salah Kostum

Suhu pegunungan sudah jelas akan sangat dingin, jangan sampai salah kostum. Pakai pakaian tebal namun ringan seperti baju atau sweater berbahan wol.

Bawa juga jaket tebal dengan lapisan tahan air (waterproof) untuk melindungimu dari hawa hingin dan embun.

10. Pelajari Teknik Keselamatan

Pelajari Teknik Keselamatan

Jangan hanya siap melihat pemandangan indah, tapi antisipasi juga kemungkinan terburuknya sat naik gunung. Tips naik gunung untuk pemula lainnya adalah dengan mempelajari Teknik keselamatan.

Misalnya, cara mengatasi hipotermia, gejala gangguan pernapasan, membersihkan luka luar dan lain sebagainya. Agar kamu bisa mengontrol diri maupun menolong rekan yang mengalami kecelakaan saat mendaki.

11. Jadi Pribadi yang Terbuka

Jadi Pribadi yang Terbuka

Saat naik gunung, kamu juga perlu menerapkan tips naik gunung untuk pemula ini. Jangan malu untuk minta beristirahat saat kamu kelelahan atau bahkan tak sanggup untuk melanjutkan. Kondisi fisik yang dipaksakan malah akan semakin buruk, lho.

12. Utamakan Kebersamaan

Utamakan Kebersamaan

Kamu juga perlu mengutamakan kebersamaan. Solidaritas dalam tim pendaki sangat penting agar semua anggota bisa sampai di puncak dan kembali dengan selamat. Di sini, kamu perlu empati tinggi dan hilangkan jauh-jauh sikap egois. Ini tips naik gunung untuk pemula yang penting.

13. Bersikap Baik dan Jaga Sikap

Bersikap Baik dan Jaga Sikap

Jagalah sopan santun saat naik gunung. Bersikap baik pada sesama pendaki, penduduk lokal, serta yang paling penting adalah menjaga lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan meskipun kamu berada di alam bebas.

14. Berdoa

Berdoa

Tips naik gunung untuk pemula yang terakhir adalah dengan berdoa. Kesehatan spiritual yang baik dengan sang Pencipta juga akan memdorongmu untuk berpikiran positif sepanjang pendakian.

Lindungi kesehatan jiwamu saat naik gunung atau di kondisi apapun dan kapanpun dengan produk asuransi yang bisa kamu pilih di CekAja!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast