Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Negosiasi Saat Interview Kerja Agar Dapat Gaji Tinggi

by Rafly Aditia on 5 September, 2016

tips interview kerja _ Kartu kredit - CekAja.com

Sebuah situs yang fokus pada riset gaji karyawan pernah meneliti bahwa 75% dari pekerja yang meminta kenaikan gaji berhasil mendapatkannya

Namun, tetap saja persentase kegagalan tetap ada. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan teknik negosiasi gaji. Bagi kamu freshgraduate yang ingin melamar kerja atau pekerja berpengalaman,  penting untuk mengetahui teknik negosiasi gaji yang benar.  Berikut ini 5 tips dan trik nego gaji yang harus kamu ketahui:

Jelaskan alasan pendukung

Ketika kamu minta untuk naik gaji, jelaskan pada atasanmu bahwa hal tersebut sangat beralasan. Misalnya, karena kamu memiliki pekerjaan yang cukup banyak dan dibayar lebih rendah daripada yang seharusnya. Tetapi, hal ini harus didukung dengan beberapa tips selanjutnya. (Baca juga: 5 Hal Tak Terduga yang Bikin Mata Kamu Minus)

Tunjukkan kualitas dan kinerja kamu

Kalau kamu ingin meminta kenaikan gaji atau gaji tinggi saat interview, tunjukkan bahwa kamu memang layak untuk mendapatkannya. Caranya? Simpel banget kok, cukup tunjukkan bagaimana kualitas dan kinerjamu selama ini.

Misalnya jika kamu sedang interview, kamu bisa berikan portofolio dan berbagai strategi ke depan yang sangat menarik untuk dikembangkan perusahaan. Sementara jika kamu adalah pekerja yang berniat meminta kenaikan gaji, tunjukkan apa yang sudah kamu berikan selama ini untuk perusahaan.

Cari solusi yang saling menguntungkan

Kamu dan perusahaan tentu memiliki tujuan dan rencana finansial masing-masing, untuk itu kamu harus mencari solusi terbaik yang saling menguntungkan. Kalau kamu ingin digaji dengan cukup tinggi, maka kamu harus memberikan jaminan mengenai kinerjamu ke depannya. Minta juga tambahan beban tanggung jawab agar perusahaan merasa diuntungkan dengan permintaan kenaikan gaji.

Berikan angka yang tinggi dengan percaya diri

Saat kamu menyebutkan sebuah angka, pastikan kamu melakukannya dengan percaya diri. Jika tujuanmu adalah mendapatkan gaji sebesar Rp 8 juta maka kamu perlu memberikan angka yang lebih tinggi misal sebesar Rp 9 juta pada momen-momen awal negosiasi. (Baca juga: 10 Resort Mewah Termahal di Indonesia)

Pertimbangkan tawar-menawar

Ingat, kamu tidak bisa seenaknya dalam menentukan seberapa besar gajimu. Apabila perusahaan merasa keberatan dan menawar sedikit lebih rendah, maka kamu perlu mempertimbangkan hal tersebut. Lakukan negosiasi secara kondusif dan santai. Dengan komunikasi yang baik antara dirimu dan perusahaan, maka kedua belah pihak bisa mendapatkan yang terbaik.

Mau kartu kredit yang memberikan banyak diskon belanja? Dapatkan pilihan kartu kredit terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami