Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Nyaman Buat Perjalanan Mudik Jarak Jauh Gunakan Mobil Sendiri

by Ariesta on 1 Juli, 2016

mudik aman dan nyaman _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Meski melelahkan, mudik tetap disambut secara antusias setiap menjelang Lebaran. Lebaran memang terasa ada yang kurang jika tidak merayakan sambil berkumpul bersama keluarga. Tak heran jika semua tiket transportasi umum ludes terjual.

Mudik yang nyaman dan menyenangkan dibutuhkan berbagai persiapan. Apalagi jika kamu memilih mudik dengan mobil pribadi. Berikut tips lakukan perjalanan mudik jarak jauh gunakan mobil sendiri.

Buat daftar bawaan seminggu sebelum keberangkatan

Rinci apa saja yang ingin kamu masukan ke dalam koper atau travel bag berikut semua yang harus kamu lakukan sebelum perjalanan. Ini bisa termasuk mengecek mobil ke bengkel atau menyetok persediaan obat-obatan. Ini akan membuatmu tidak terlalu stres menjelang hari keberangkatan karena semuanya sudah tercatat di daftar. Cara ini sangat membantu bagi kamu si pelupa.

Kemasi koper beberapa hari sebelum perjalanan

Dengan cara ini, kamu punya banyak waktu untuk berpikir mana saja yang sebauknya dibawa dan mana yang tidak. Koper juga lebih rapi dan tertata. (Baca juga: Tips Mengepak Ransel untuk Traveling Jangka Panjang)

Kemasi tas jinjing

Bisa termasuk buku, camilan, atau peralatan elektronik. Pastinya kamu tidak mau mati bosan saat di perjalanan kan?

Kemasi keperluan anak

Untuk kamu yang mudik bersama anak, siapkan keperluan anak di tas khusus. Popok, botol susu, dan selimut adalah barang yang tidak boleh ketinggalan. Jangan lupa bawa mainan supaya si kecil tidak rewel selama perjalanan.

Isi penuh baterai gadget

Bahkan meskipun kamu punya charger di mobil, pastikan semua bateri gadget (ponsel, kamera, GPS, mp3 player, laptop) dalam kondisi penuh sebelum berangkat. Tempatkan semua kabel tersebut di tas kecil supaya mudah dicari.

Kenakan pakaian yang nyaman

Karena mudik mengharuskanmu duduk di mobil seharian, pakai pakaian yang longgar sehibggga peredaran darah lancar. Jika harus bermalam di mobil, jangan lupa membawa selimut untuk seluruh anggota keluarga.

Jangan bawa banyak tas kecil

Semakin banyak bawaan kecil, semakin kamu mudah lupa membawanya. Lebih baik satukan bawaan ke dalam satu tas besar.

Pilih posisi duduk yang nyaman

Kalau kamu mudah mual, pilih posisi duduk di pinggir jendela. Jangan membaca atau main smartphone dalam waktu yang lama karena bisa membuat pusing. Saat pusing malanda, fokuskan mata untuk melihat lurus atau pejamkan mata. (Baca juga: Mau Beli Kendaraan untuk Mudik, Pilih Mobil Murah atau Mobil Bekas?)

Cek segala persiapan sekali lagi

Pastikan seluruh anggota keluarga telah ke toilet sebelum berangkat. Jika terjebak macet, sulit untuk mencari toilet. Terakhir, periksa lagi daftar yang telah kamu buat supaya tidak ada yang ketinggalan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami