Tips Olahraga saat Puasa yang Ringan Namun Tetap Bugar

Meski sedang berpuasa, bukan berarti tubuh kita dipaksa untuk bermalas-malasan, dan cuma rebahan doang. Selain itu, lemas juga jangan dijadikan alasan untuk tidak produktif, karena kamu juga tetap bisa berolahraga, dengan tetap mengikuti tips olahraga saat puasa berikut ini.

Terlebih tidak semua jenis olahraga bisa kamu lakukan saat berpuasa, contohnya seperti berenang, atau olahraga berat seperti angkat beban.

Selain memilih jenis olahraga yang cocok, kamu juga perlu untuk memperhatikan beberapa tips olahraga saat puasa berikut ini, agar olahraga kamu bisa menjadi hal positif untuk jiwa dan raga.

Jadi, bukan berarti di bulan ramadhan ini, kamu jadi berhenti olahraga, dengan alasan capek, lemas, dan lainnya. Buat jiwa-jiwa yang ingin sehat, di saat puasa pun, kamu bisa melakukan olahraga.

Yuk, intip tips olahraga saat puasa, yang ringan namun tetap bisa bikin tubuh bugar! Perlu diingat juga, dalam melakukan olahraga saat puasa, pastikan kamu mengetahui kemampuan tubuhmu, jadi kembali lagi ke kemampuan tubuh masing-masing, dan jangan dipaksakan, jika memang tidak merasa kuat.

Tips Olahraga saat Puasa

1. Perhatikan Waktu Olahraga

Tips olahraga saat puasa yang pertama adalah perhatikan waktu olahraga. Meski memang akan lebih baik olahraga dilakukan di pagi hari, ditambah dengan sinar matahari baik, namun ketika ramadhan, kamu tidak disarankan untuk melakukan olahraga di saat waktu puasa.

Jadi kapan waktu yang tepat untuk olahraga saat ramadhan? Dilansir dari thenational dan islamicity, olahraga saat ramadhan sebaiknya tidak dilakukan saat waktu berpuasa, di mana disaat berpuasa perut dalam keadaan kosong.

(Baca Juga: Tips Belanja Kebutuhan Puasa dengan Kartu Kredit BNI Lotte Mart Gold)

Jadi, waktu yang tepat untuk berolahraga saat ramadhan adalah pada saat setelah berbuka. Mengapa? Karena di pada saat itu, tubuh akan mendapatkan energinya kembali, yang didapat dari makanan dan minuman.

Selain setelah berbuka, namun, ada juga yang beranggapan bahwa waktu terbaik berolahraga adalah saat menjelang berbuka puasa.

Dilansir dari Kompas.com, dr. Saptawati Bardosono menyebutkan bahwa kegiatan olahraga memang sebaiknya dilakukan 30-60 menit, menjelang berbuka. Hal tersebut dikarenakan, waktu tersebut sudah mendekati waktu makan.

Namun, semuanya kembali pada kemampuan dan kebugaran setiap individu. Karena, ada orang yang mampu melakukan olahraga saat berpuasa dan ada juga yang tidak.

Bahkan, semuanya juga bisa tergantung dari kebiasaan orang tersebut, ketika melakukan olahraga. Meski fisiknya kuat, mungkin saja seseorang memiliki riwayat penyakit lain, yang membuatnya tidak kuat berolahraga saat berpuasa.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui kemampuan tubuh masing-masing, agar kamu tidak merasa lemas, pusing, bahkan hingga pingsan.

2. Perhatikan Asupan Makanan Selama Puasa

Tips olahraga saat puasa yang selanjutnya adalah memperhatikan asupan makanan selama puasa. Karena, selama puasa tubuh hanya diberi waktu dua kali untuk makan, yakni pada saat sahur dan berbuka puasa (waktu maghrib).

Sehingga, waktu makan di bulan-bulan biasa dan di bulan ramadhan memang agak berubah dan berbeda. Tidak hanya waktu, porsi makannya mungkin juga dapat berubah.

Meski berbeda, kamu tetap harus mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang lengkap, dengan jumlah yang tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan.

Kamu bisa masukkan makanan yang mengandung zat gizi tinggi, seperti karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, untuk penuhi segala kebutuhan gizi, yang diperlukan tubuh selama seharian berpuasa.

Di sini, karbohidrat menjadi bahan makanan yang berperan penting, karena bisa menghasilkan energi utama bagi tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi nasi, singkong, jagung, ubi, dan lainya.

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat (yang memiliki indeks glikemik rendah), sangat diperlukan tubuh, terlebih saat puasa karena membantu melepaskan energi secara perlahan. Sehingga, cadangan energi dalam tubuh tidak cepat habis, dan tubuh akan bugar lebih lama.

Nah, disarankan kamu untuk mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat saat berbuka, dan konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, di saat sahur. Hal tersebut dilakukan agar memperlambat pencernaan, sehingga perut tidak cepat kosong.

Bahkan, cara Ini menjadi strategi yang banyak digunakan orang berpuasa, untuk mengurangi perasaan cepat lapar, serta untuk mempertahankan energi, bahkan jika kamu ingin melakukan olahraga saat menjelang berbuka.

Selain karbohidrat dan lemak, protein juga penting, karena protein dibutuhkan tubuh sebagai zat pembangun. Protein juga dapat membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot, yang rusak ketika kamu berolahraga saat berpuasa.

3. Perhatikan Durasi Tidur

Selanjutnya, durasi tidur saat ramadhan juga menjadi berubah, sehingga akan berpengaruh ketika kamu ingin melakukan olahraga. Tidur yang cukup, juga menjadi salah satu tips olahraga saat puasa.

Tidak hanya dari makan, energi juga bisa terkumpul, dari tidur dan pastikan waktu tidur kamu selama puasa harus cukup.

Waktu tidur yang baik bagi orang dewasa sendiri, memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Pasalnya, waktu tidur yang kurang, bisa mempengaruhi kinerja tubuh, terlebih tengah malam kamu harus bangun untuk sahur.

Sehingga, saat puasa tidur siang mungkin kadang diperlukan, agar bisa mempertahankan kondisi tubuh, tetap sehat.

4. Ketahui Jenis Olahraga yang Cocok saat Puasa

Tidak kalah penting, tips olahraga saat puasa ini, juga perlu diketahui! Yakni, ketahui jenis olahraga yang cocok saat puasa. Selama bulan ramadhan, mungkin kamu tidak bisa melakukan semua jenis olahraga yang biasa kamu lakukan.

Karena, saat puasa kamu tidak memiliki banyak energi seperti saat tidak berpuasa. Sehingga, sebaiknya kamu lakukan jenis olahraga yang memiliki intensitas ringan sampai sedang.

Contohnya, seperti berjalan santai, jogging, bersepeda di sore hari, naik turun tangga, pemanasan dan lainnya. Kamu juga tidak disarankan untuk nekat mencoba olahraga dengan intensitas lebih tinggi, dari olahraga yang biasa kamu lakukan.

Karena, akan ditakutkan tubuh kamu tidak mampu melakukannya, dan bisa menyebabkan kelelahan, hingga pingsan. Nah, daripada salah langkah dan salah pilih jenis olahraga, mari simak contoh jenis olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa.

Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Puasa

  • Jogging/Treadmill Ringan

Jenis olahraga yang cocok dilakukan saat puasa yang pertama adalah jogging, dengan intensitas ringan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kamu bisa melakukan jogging beberapa jam, setelah melakukan sahur di pagi hari (setelah solat subuh)dan/atau di sore hari menjelang berbuka puasa.

Karena sedang berpuasa, kamu bisa lakukan jogging ringan, selama 20-30 menit, dengan tujuan untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Tidak disarankan untuk melakukannya hingga di atas durasi tersebut, dan jangan sampai jogging yang terlalu berat, sampai berlari kencang.

  • Bersepeda

Jenis olahraga yang cocok dilakukan saat puasa yang berikutnya adalah bersepeda. Selain tidak terlalu bikin capek, kamu juga bisa bersepeda sambil menunggu waktu berbuka puasa, atau sambil “ngabuburit”.

Bersepeda juga merupakan jenis olahraga yang cukup ringan, tidak hanya bisa dilakukan menjelang berbuka, bersepeda juga bisa dilakukan pada pagi hari atau setelah sholat subuh.

Untuk durasi bersepeda saat puasa, cukup lakukan sekitar 45 menit saja, untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan durasi tersebut, setidaknya kamu bisa membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

  • Bowling

Mau olahraga saat puasa tapi mengasyikkan? Bowling bisa menjadi salah satu jenis olahraga, yang cocok dilakukan saat puasa. Meski mengasyikkan, kamu tetap menjalankan tips olahraga saat puasa, seperti tidak terlalu lelah dan memperhatikan waktu istirahat atau waktu tidur.

Olahraga yang condong seperti ke permainan ini, bisa membantu kita menjadi lebih rileks, bahkan tetap berstamina. Selain itu, bowling juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan, yang bisa kamu lakukan selama menunggu waktu berbuka puasa.

  • Jalan Santai hingga Cepat

Jika jogging adalah lari santai, kalau ini adalah jalan santai, atau jalan cepat. Jenis olahraga ini, juga cocok untuk kamu lakukan selama puasa ramadhan.

Kamu bisa melakukan olahraga jalan santai atau jalan cepat, bersama rekan di rumah atau di tempat kerja, di sore hari.

Untuk durasi jalan cepat yang bisa dilakukan adalah kurang lebih selama 30 menit. Dengan durasi tersebut, kamu tetap bisa keseimbangan tubuh saat berpuasa.

  • Yoga

Untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa yang satu ini, juga sekaligus bisa menjaga kesehatan mental loh, yakni yoga. Karena dengan yoga, kamu bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan, yang bisa dilakukan saat puasa yakni pagi hari dan sore hari menjelang berbuka puasa. Selain itu, yoga juga dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh.

Bukan mencari keringat, yoga lebih berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, serta membantu proses penyuplaian oksigen, ke dalam otak. Sehingga, tubuh dan pikiran akan lebih jernih, tenang, damai, dan juga nyaman selama berpuasa.

  • Naik Turun Tangga

Tidak ada alasan rumah kamu tidak memiliki tangga, karena kamu bisa mencari tangga di taman atau di supermarket, untuk dijadikan sebagai salah satu jenis olahraga, yang baik ketika sedang berpuasa.

Memang terdengar agak sepele, namun aktivitas naik turun tangga ini, terbukti mampu membuat tubuh lebih bugar, saat berpuasa.

(Baca Juga: 7 Kartu Kredit Terbaik untuk Belanja Keperluan Ramadhan)

Selain itu, naik turun tangga juga tidak membuat dehidrasi jika, kamu melakukannya dengan prosedur yang baik. Kamu bisa lakukan kegiatan ini, dengan durasi 10 menit, dan bisa membantu menurunkan kalori di dalam tubuh, sebesar 178 kalori.

Nah, itu dia informasi terkait tips olahraga saat puasa dan jenis olahraga yang cocok dilakukan saat puasa. Bagaimana? Sudahkah buat jadwal olahraga baru, selama ramadhan kali ini?

Namun, olahraga saja tidak cukup untuk menjaga kebugaran tubuh selama ramadhan, karena kamu perlu asupan makanan yang cukup, sesuai yang dibutuhkan tubuh.

Yuk, siapkan semua kebutuhan menjelang puasa, dengan kartu kredit khusus belanja. Dengan kartu kredit terbaik untuk belanja, kamu bisa berkesempatan mendapatkan berbagai promo, seperti diskon, cashback, hingga rewards.

Yuk, ajukan kartu kredit terbaik untuk belanja, hanya di CekAja.com, karena CekAja.com menyediakan banyak produk kartu kredit terbaik, dari berbagai bank penerbit ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik, hanya di CekAja.com, dan beli sekarang juga semua kebutuhan puasa hingga lebaran!