Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tips Penting Membeli Tanah Murah Agar tidak Tertipu

by Kyla Damasha on 13 Maret, 2020

Bagi kamu yang saat ini tengah berencana untuk membeli tanah, mengetahui tentang tips penting membeli tanah murah merupakan salah satu hal yang sepertinya perlu untuk dipelajari. Mengapa? Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi, seperti penipuan.

Tanah merupakan salah satu aset investasi yang cukup menguntungkan sekaligus menjanjikan, maka dari itu, tak heran banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang justru memanfaatkan ini untuk dapat meraup keuntungan untuk diri mereka sendiri.

Maka dari itu, jika kamu menemukan tanah dengan harga murah, janganlah langsung tergiur. Pelajari dulu tips penting membeli tanah murah yang perlu untuk diketahui.

Tips Penting Membeli Tanah Murah
1. Survey Tanah

Tips penting membeli tanah murah yang pertama adalah dengan melakukan survey. Jangan langsung tergiur dengan satu tanah murah saja. Ada baiknya jika kamu mencari-cari tanah dan melakukan survey terlebih dahulu tentang tanah manakah yang terbaik.

Carilah tempat yang strategis atau lokasi yang tidak jauh dari pusat keramaian. Selain itu, pertimbangkan pula apakah lokasi tersebut rawan banjir atau tidak. Karena hal tersebut jelas akan mempengaruhi harga tanah untuk kedepannya.

Maka dari itu, perlu diingat bahwa jangan pernah terburu-buru dalam memilih tanah murah terbaik. Jika kamu telah menemukan tanah yang dianggap cocok, maka selanjutnya adalah dengan melakukan perbandingan. Dengan begitu kamu bisa segera memutuskan kira-kira tanah seperti apakah yang paling cocok.

2. Manfaatkan Situs Jual Beli Tanah di Internet

Tips penting membeli tanah murah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan situs jual beli tanah yang tersedia di internet, agar bisa lebih cepat menemukan tanah murah terbaik. Banyak sekali perusahaan atau berupa individu yang memasang iklan tentang jual beli tanah di situs-situs yang terdapat di internet.

Bahkan melalui situs-situs tersebut kamu bisa melihat iklan jual beli tanah yang disertai oleh foto sekaligus informasi tambahan lainnya yang memberikanmu lebih banyak kemudahan, seperti luas tanah, akses jalan, lingkungan, hingga harga.

Walaupun melakukan survey secara langsung masih diperlukan, namun mencari tanah melalui situs akan memberikanmu kemudahan. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk berkeliling dari satu wilayah ke wilayah lainnya hanya untuk menemukan tanah murah terbaik, melainkan hanya perlu membuka situs jual beli tanah.

Dan apabila kamu sudah berhasil menemukan tanah yang dianggap cocok melalui situs tersebut, kamu hanya tinggal perlu membuat janji dengan sang pemilik tanah untuk dapat bertemu langsung di lokasi tanah tersebut.

Jika beruntung, tidak menutup kemungkinan apabila kamu bisa menemukan tanah yang diinginkan melalui situs lho.

3. Melihat Harga Standar NJOP

Sebelum menyebutkan bahwa harga suatu tanah itu murah atau mahal, ada baiknya jika kamu memperhatikan nilai jual objek pajak tanah secara umum. Karena dari sanalah kamu bisa memprediksi harga ideal dari tanah yang ingin kamu beli, yang tentunya juga disesuaikan dengan lokasi, lingkungan, beserta aspek-aspek lainnya.

4. Sesuaikan dengan Budget

Tips penting membeli tanah yang juga sangat perlu untuk kamu pertimbangkan adalah dengan menyesuaikan harga tanah dengan budget yang kamu miliki. Tentu saja walaupun pada nantinya tanah tersebut akan kamu jadikan sebagai aset dan investasi, tetapi tetap saja membeli tanah harus disesuaikan dengan budget.

(Baca Juga: Jangan Kaget, Perubahan Harga NJOP Tanah Memicu PBB Naik)

Jika kamu ingin membeli tanah dengan cara kredit, maka lakukanlah perhitungan mengenai seberapa lama proses kredit itu berjalan. Jangan sampai karena kamu salah perhitungan kredit jadi terhenti di tengah jalan. Tentu saja hal tersebut akan menimbulkan permasalahan finansial untuk kedepannya.

Dalam membeli tanah dengan sistem kredit, maka mungkin kamu akan menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan, seperti:

·         Kelebihan

Jika kamu masih merupakan orang awam yang tidak tahu menahu mengenai pembelian tanah, maka cara kredit sudah dapat dipastikan bahwa tanah tersebut legal. Dalam hal ini kamu bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan.

·         Kekurangan

Hadirnya bunga yang membuat pengeluaran menjadi lebih besar dari seharusnya

5. Pertimbangkan Kondisi Lingkungan

Membeli tanah dengan harga murah bisa menjadi sia-sia apabila tidak didukung dengan kondisi lingkungan yang mumpuni. Maka, jangan langsung tergiur dengan harga tanah yang murah. Kamu juga perlu mempertimbangkan hal-hal lainnya, seperti akses jalan, transportasi umum, risiko banjir, serta perkembangan yang ada.

Sebagai contoh, untuk beberapa tahun kedepan lokasi tanah yang kamu beli akan memiliki akses jalan tol atau dekat dengan stasiun MRT. Walaupun harga murah, janganlah membeli tanah dengan lingkungan yang kurang baik, karena hal tersebut juga akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap harga tanah di masa yang akan datang.

6. Hindari Tanah Kavling

Tips penting membeli tanah murah selanjutnya adalah sebisa mungkin untuk menghindari tanah kavling. Mengapa? Karena biasanya tanah yang sudah berupa kavling memiliki harga yang jauh lebih mahal. Tetapi jika kamu tetap ingin membeli tanah kavling, maka kamu bisa mengajak teman atau kerabat untuk turut membeli secara patungan.

Namun, tentunya dengan kesepakatan bersama mengenai pembagian luas tanah dan lain-lain, guna menghindari konflik untuk kedepannya.

7. Sertifikat

Sertifikat merupakan dokumen yang sangat penting di dalam transaksi jual beli tanah. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli tanah, tanyakan dulu kepada sang penjual mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sertifikat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan aktivitas jual beli tetap aman.

Salah satu jenis sertifikat yang sangat penting untuk kamu tanyakan adalah Sertifikat Hak Milik (SHM) yang telah mendapatkan pengakuan secara legal. Setelah itu, kamu bisa langsung mengecek keabsahan sertifikat tanah tersebut di Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat.

8. Status Sertifikat Hak Milik (SHM)

Nan, ini dia tips penting membeli tanah murah terakhir, yaitu dengan melakukan pengecekan status SHM. Apakah sertifikat tersebut masih dalam bentuk induk atau sudah terpecah. Selain itu, jangan lupa juga untuk meminta kepada pihak penjual atau pengembang untuk menunjukan masing-masing dari fotocopy sertifikat.

Jadi, meskipun kamu sudah menemukan tanah dengan harga yang sesuai, janganlah langsung tergiur. Cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mau beli tanah tetapi belum memiliki dana yang cukup? Ajukan saja di JULO!

Dengan mengajukan pinjaman dana di JULO, kamu akan mendapatkan berbagai macam kemudahan. Seperti, proses cepat 1-2 hari kerja, tidak dikenakan biaya admin, dan tentunya aman karena sudah diawasi oleh OJK. Yuk segera ajukan pinjaman di JULO!

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda