Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Perawatan Mobil Honda Jazz

by Satrya Agung on 8 April, 2016

bengkel mobil_asuransi mobil - CekAja.com

Jika sering dipakai, semua benda pasti akan mengalami penyusutan nilai. Apalagi benda berupa kendaraan bermotor seperti mobil atau motor.

Terlebih jika digunakan setiap hari, maka penyusutannya pun akan lebih cepat. Penyusutan yang dimaksud bukan berarti besarnya berkurang ya, tapi menyusut nilai dan ketahanan barang tersebut. Untuk itu dibutuhkan perawatan yang maksimal serta teratur agar tetap awet dan enak dikendarai. Dan kali ini kita akan membahas cara merawat mobil baru Honda Jazz.

Jika saat ini kamu memiliki Honda Jazz i-DSI keluaran pertama yang dirilis tahun 2004 maka akan tahu bahwa mobil Jepang ini mempunyai keunggulan di sektor pembakaran bahan bakar yang mana sangat irit BBM. Jadi tak heran kalau selalu diajak jalan-jalan. Dan tanpa disadari ada beberapa hal wajib diperhatikan.

Pertama adalah bagian kaki-kaki yang didesain cukup ringkas dan juga pada bagian dalam seperti kampas rem dan cakramnya. Karena sering diajak berkeliaran maka kita harus waspada pada bagian tersebut. Jangan sampai kampas rem sudah habis tapi kita tidak sadar, alhasil rentan membuat pengereman tidak maksimal. Termasuk juga yang harus diperhatikan bagian-bagian yang terbuat dari karet seperti alternator belt. Periksalah bagin-bagian ini secara berkala sehingga tetap dalam keadaan fit saat digunakan harian.

Kendaraan di atas 5 tahun rawan aus

Untuk kendaraan yang sudah berumur 5 tahun lebih akan banyak komponen yang akan aus akibat terjadinya gesekan. Salah satunya adalah rem. Mulai dari bagian kampas rem, cakram hingga booster akan sangat memungkinkan mengalami penurunan kinerja.

Walau secara kasat mata masih terlihat normal tapi bisa saja bahkan bisa dibilang sangat mungkin pada bagian tersebut telah aus sehingga wajib diganti. Biasakan melakukan pemeriksaan secara rutin untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Bagian lain yang harus diperhatikan dalam perawatan mobil Honda Jazz adalah power steering. Fitur ini sangat diminati karena akan membantu sekali ketika harus parkir di tempat yang sepi. Gak kebayangkan kalau harus parkir di tempat sempit tapi kendali belum power steering? Yang ada peluh akan bercucuran sebesar jagung akibat beratnya memutar setit.

Jangan tunggu sampai ada bunyi yang timbul di area kemudi atau rembes baru akan diganti. Atau kalau kamu lebih suka memilih keruk kantong hingga Rp 9 jutaan ya tidak apa-apa. Atau jika kamu punya asuransi kendaraan, biaya jadi lebih ringan.

Terletak di area mesin yang panas akan menjadikan belt gampang berkurang kegetasannya. Secara bentuk memang sangat biasa, tapi kalau sudah putus maka akan fatap akibatnya.

Karet boot as roda juga kompenen karet yang membutuhkan perhatian khusus karena akan aus mengikuti usia pakainya yang memang sangat terbatas. Karet boot as roda ini berfungsi sebagai penempung gemuk pelumas agar tidak robek.

Bagian yang sering diabaikan

Bagian lainnya yang sering terlupakan adalah joint as roda sehingga sering robek akibat kinerja as roda yang mempunyai beban tinggi. Jika karetnya robek maka gemuk pelumas pun akan berhamburan dan memudahkan air dan kotoran lain masuk dan merusak joint as roda. Kalau joint as roda sudah rusak bersiaplah uang kamu akan terkuras.

Terakhir adalah bagian lengan ayun yang didesain ringkas sehingga menyatu dengan bushing arm dan ball joint. Dan bagian ini juga termasuk kompenen yang selalu terlupakan. Jangan tunggu terdengar suara gluduk-gluduk terlebih dahulu baru diperbaiki. Jika demikian maka sama saja kamu sedang membuat dompet cepat kering.

Dalam merawat mobil Honda Jazz memang membutuhkan ketelitian prima. Dan bukan hanya pada tipe mobil ini saja, tapi semua mobil memang harus dirawat dengan teliti.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami