Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Pinjam Uang Cepat dan Aman

by Satrya Agung on 11 April, 2016

atur uang - CekAja.com

Saat membutuhkan pinjaman, hampir semua orang berharap mendapatkan pinjam uang cepat. Padahal cepat saja tidak cukup. Kita juga membutuhkan keamanan.

Karena sebagai debitur atau yang menerima pinjaman, kita juga berhak merasakan aman dan mendapatkan perlakuan hukum yang layak dan seimbang. Karena akan selalu ada oknum yang memanfaatkan kebutuhan pinjaman uang cepat dan akhirnya mendapatkan untung yang besar dengan membebankan bunga yang tinggi.

Untuk itu, dibutuhkan kehati-hatian tinggi saat meminjam uang. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat meminjam uang dengan proses cepat dan juga aman.

Pilih lembaga keuangan yang tepat

Saat ini banyak sekali pihak yang menawarkan peminjaman uang yang tentunya dengan beberapa ketentuan yang harus diikuti. Baik dari lembaga keuangan yang resmi seperti bank maupun perorangan yang mengandalkan kantong sendiri. Jika meminjam uang dari lembaga keuangan tentu dibutuhkan proses yang terkadang cukup memakan waktu walau hal tersebut bisa diminimalisir.

Belum lagi persyaratan yang dicantumkan mesti lengkap sehingga bisa diproses. Tak berhenti di situ, lembaga keuangan akan melakukan validasi dan verifikasi dokumen yang diberikan dan membuktikan apakah calon debitur tersebut berhak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Sedangkan pinjaman dari perorangan tidak membutuhkan persyaratan dan proses yang panjang seperti layaknya lembaga keuangan. Dengan demikian prosesnya akan jauh lebih cepat.

Pastikan syarat dan ketentuan yang diberikan

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan semua persyaratan dan ketentuan yang diberikan oleh peminjam. Syarat dan ketentuan ini ditujukan agar Kreditur atau yang memberi pinjaman merasa aman akan dana yang dipinjamkan bisa dibayarkan kembali oleh debitur.

Meski demikian, kamu sebagai yang berutang juga harus tahu persis persyaratan tersebut dan mampu memenuhinya. Selain itu juga pastikan bahwa persyaratan tersebut tidak merugikan kamu di kemudian hari.

Ajukan pinjaman yang wajar dan sesuai dengan kemampuan

Tips selanjutnya dalam pinjam uang cepat dan aman adalah ketika mengajukan pinjaman pastikan jumlah yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan dan mampu saat jatuh tempo untuk membayar kembali. Sering kali masyarakat kita saat meminjam mengharapkan jumlah yang besar, sedangkan yang dibutuhkan tidak begitu besar.

Dan dampaknya akan kewalahan dalam membayar tagihan tiap bulannya. Sehingga tidak jarang banyak terjadi kredit macet yang akhirnya akan memberi catatan buruk pada riwayat kreditnya atau BI checking di Bank Indonesia. Catatan buruk ini akan mempersulit dirinya di waktu kemudian saat mengajukan pinjaman lagi.

Pilih tempat peminjaman yang memberi bunga kecil

Hitung kembali besar bunga yang dibebankan padamu saat mengajukan pinjaman. Cobalah buat kalkulasi sederhana apakah dengan bunga tersebut kamu masih bisa memiliki setidaknya 2/3 dari penghasilan yang kamu terima. Semakin kecil bunga yang dibebankan maka akan semakin ringan pula bagi peminjam untuk membayar utangnya.

Pilih pinjaman tanpa agunan

Dengan peminjaman tanpa agunan akan memudahkan kamu mendapatkan bantuan dana. Ini akan bermanfaat buat kamu yang tidak mempunyai barang berharga untuk dijadikan jaminan sedangkan kamu membutuhkan pinjaman.

Tapi perlu diingat, besar pinjaman yang bisa diberikan dengan tipe pinjaman yang tanpa agunan ini tidaklah begitu besar karena akan disesuaikan dengan jumlah pendatanmu. Tapi setidaknya bisa membantumu bernapas sedikit lega dalam menghadapi tekanan finansial.

Semoga artikel pinjaman uang cepat dan aman ini bisa bermanfaat. Dan jangan sungkan untuk membagikan artikel ini di media sosial yang kamu punya. Terima kasih.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami