Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Punya Rumah di Luar Negeri Seperti Nia Ramadhani

by Sindhi Aderianti on 21 Januari, 2020

Memiliki rumah tentu impian semua orang. Selain untuk ditempati, aset properti tersebut punya nilai investasi yang tinggi. Beruntungnya sederet artis ini berhasil membeli rumah tak hanya di Indonesia, namun juga luar negeri.

Tips Punya Rumah di Luar Negeri Seperti Nia Ramadhani

Ternyata membeli rumah di negara orang tak sesulit yang dibayangkan. Kamu tak perlu mengantongi izin apapun atau jadi warga negara sana, kecuali mengurus ITIN alias Individual Taxpayer Identification Number yang dikeluarkan oleh Dinas Pajak Amerika Serikat (IRS). Intinya selama punya uang dan sanggup bayar pajak ke depannya, sah-sah saja.

Kemudahan inilah yang membuat banyak seleb-seleb Tanah Air berikut memutuskan untuk melebarkan sayap investasi bangunan mereka di negara seperti Perancis, Amerika Serikat, hingga Inggris.

Wanita yang dulu populer lewat film “Virgin” ini memang sudah jarang terlihat di dunia hiburan. Namun belakangan, aksi heroik sang suami yang merupakan aparat kepolisian di Inggris mengingatkan kembali netizen akan namanya.

(Baca juga: Tips Investasi Properti yang Aman dan Menguntungkan bagi Pemula)

Melalui vlog Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Angie yang mereka temui langsung menceritakan bahwa ia saat memang fokus mendampingi Habibi Syaaf sang suami, sembari mengurus anak dan bekerja di law firm ternama sebagai akuntan. Menariknya ia sekeluarga kini telah memiliki rumah di London.

Rumah ibu dua anak ini cukup besar, dengan gaya interior Victorian Contemporer khas perumahan Eropa yang klasik. Terdapat sekitar 3 kamar dan halaman kecil di bagian belakang rumahnya. Angie tak memberi tahu berapa harga hunian yang ia miliki, namun untuk satu unit rumah termurahnya saja dibanderol Rp10 miliar!

  • Maia Estianty, Rumah di Paris, Perancis

Maia Estianty pun memiliki rumah di Paris, Perancis. Hal itu diketahui dari foto yang diupload lewat akun Instagram pribadinya. Rumah tersebut konon didesain oleh Pablo Molyneux, seorang desainer interior kondang asal Negeri Paman Sam. Sebagai negara dengan biaya hidup tinggi, harga rumah per meter perseginya rata-rata mencapai USD12.966 atau Rp172 juta.

Wajar saja jika istri Irwan Mussry ini sanggup membeli rumah di sana, menginat bisnis yang sedang ia geluti sekarang, yakni klinik kecantikan cukup moncer. Begitupun sang suami dengan usaha ritel pemegang merek jam tangan Rolex, Omega, Tag Heuer, Tudor, Audemars Piguet, dan lain-lain.

  • Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie, Rumah di Beverly Hills, AS

Setiap kali berlibur ke Amerika, pasangan tajir melintir Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie tak pernah menginap di hotel. Wajar saja, karena ternyata orang tua mereka yakni Aburizal Bakrie punya rumah di kawasan Beverly Hills.

Mansion tersebut memiliki halaman dan kolam renang yang amat luas, tak kalah dengan rumah mereka di Jakarta. Letaknya tak jauh dari Hollywood, sehingga banyak selebriti papan atas dunia bermukim di sana mulai dari Taylor Swift, Paris Hilton, hingga Beyonce.

(Baca juga: Nia Ramadhani Layak Disebut ‘Cinderella Masa Kini’, Ini 5 Buktinya)

Umumnya dengan harga minimal USD70 ribu atau sekitar Rp980 juta, WNI bisa memiliki rumah di Amerika Serikat. Namun untuk unit seluas milik keluarga Bakrie, tentu harganya bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Tips Punya Rumah di Luar Negeri

Sebelum memutuskan beli rumah di luar negeri, ada lima hal yang mesti dipersiapkan dan dipahami secara matang. Apa sajakah itu?

  1. Lokasi

Lokasi - Tips Punya Rumah di Luar Negeri Seperti Nia Ramadhani

Kalau mau beli rumah di luar negeri, pastikan kamu memilih lokasi yang tepat. Menurut Angie, ada lima kota yang sangat menjanjikan keuntungan investasi properti antara lain New York, London, Paris, Tokyo, dan Hong Kong. Mengapa? Sebab, negara-negara tersebut merupakan pusat monopoli dunia serta banyak dikunjungi dari segi wisata.

  1. Siapkan dananya

Siapkan dananya - Tips Punya Rumah di Luar Negeri Seperti Nia Ramadhani

Dana tentu menjadi hal terpenting untuk disiapkan. Tapi, jangan hanya menghitung harga properti yang diincar, melainkan juga perhitungkan semua biaya, pajak, pembiayaan, dan lain-lain selama rumah tersebut kamu miliki kelak. Cek juga bunga cicilan KPR yang berlaku di negara tersebut.

  1. Riset

Riset - Tips Punya Rumah di Luar Negeri Seperti Nia Ramadhani

Pastikan kamu sudah melihat secara langsung properti yang akan dibeli dan memperhatikan lingkungan sekitar. Jika kelak akan menyewakannya, lakukan pula riset pasar untuk mengetahui pangsa penyewa yang cocok dengan kriteriamu dalam meraup keuntungan.

  1. Cek regulasinya

Cek regulasinya - Tips Punya Rumah di Luar Negeri Seperti Nia Ramadhani

Perhatikan aturan negara yang bersangkutan. Rumah di London biasanya dijual bukan berdasarkan ukuran meter seperti di Indonesia, melainkan berdasar luas bangunan. Di kota tersebut juga, WNI diperbolehkan menyicil rumah dengan terlebih dulu membayar down payment sebesar 25%-30%.

Jadi, sudah siap mem-posting aset baru kamu di luar negeri di Instagram? Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi perjalanan saat menengok rumah kamu di sana ya. Pilih dan dapatkan asuransi perjalanan yang bikin agenda liburan kamu berjalan lancar dan bebas worry lewat CekAja.com! Ajukan sekarang!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.