Tips Raih Cuan dari Bisnis Sablon yang Perlu diketahui

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ingin membangun bisnis tetapi masih bingung untuk memilih peluang? Maka tips raih cuan dari bisnis sablon sepertinya perlu untuk kamu ketahui. Saat ini, bisnis sablon itu sendiri terkadang masih seringkali dianggap remeh oleh kebanyakan orang, apalagi jika dibandingkan dengan bisnis makanan yang dianggap jauh lebih menguntungkan.

Tips raih cuan dari bisnis sablon

Namun kenyataannya, bisnis sablon itu sendiri juga banyak dicari lho. Karena, selain bisnis ini minim akan risiko dan tidak terpengaruh oleh musim, bisnis sablon juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan pastinya seluruh dibutuhkan oleh masyarakat.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips raih cuan dari bisnis sablon. Yuk disimak!

Jenis-jenis Sablon

Sebelum mengetahui tentang tips raih cuan dari bisnis sablon, alangkah baiknya jika kamu mengetahui tentang jenis-jenis dari sablon itu sendiri. Dilansir dari situs tshirtbar.id, terdapat 7 jenis sablon yang dianggap paling baik dan laku dipasaran, yaitu:

  • Sablon Rubber

sablon rubber

Sablon rubber atau yang dikenal sebagai sablon karet merupakan salah satu jenis sablon yang memiliki sifat alami dalam menutupi serat kain yang timbul dengan hasil yang elastis layaknya seperti karet. Kepekatan tinta sablon yang dimiliki juga diklaim paling cocok untuk penyablonan yang dilakukan pada kain berwarna gelap.

Biasanya, sablon rubber ini seringkali digunakan sebagai kegiatan sablon utama sekaligus menjadi teknik dasar di dalam kegiatan penyablonan sebelum kamu menggunakan sablon jenis lainnya. Selain itu, salah satu keunggulan dari sablon rubber ini adalah tinta yang cenderung awet dan tidak rusak ketika disetrika.

  • Sablon Pigmen

sablon pigmen

Jenis sablon selanjutnya adalah sablon pigmen yang merupakan salah satu jenis sablon terbaik yang pernah digunakan untuk saat ini. Sablon jenis ini sangat cocok digunakan untuk teknik penyablonan dengan kain berwarna terang karena mudah menyerap ke dalam serat kain.

(Baca Juga: Ide Bisnis Saat Pandemi 2020) 

Hanya saja, jangan pernah menggunakan sablon pigmen untuk kain berwarna gelap karena warna tinta sablon pigmen akan kalah dengan warna gelap dari kainnya itu sendiri. Oleh karena itu, untuk penyablonan kain berwarna gelap sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis sablon rubber.

  • Sablon Super White

Sablon Super White

Untuk saat ini, sablon super white merupakan salah satu jenis sablon terbaik yang seringkali dijadikan sebagai pilihan utama untuk para pelaku usaha industri konveksi. Sifatnya hampir serupa dengan sablon rubber, yaitu dapat menembus serta kain, hanya saja sablon super white ini jauh lebih transparan dan memiliki dua pilihan warna, yaitu white dan colour.

  • Sablon Plastisol

Sablon Plastisol

Sablon plastisol merupakan jenis sablon yang terbuat dari minyak atau PVC sehingga memiliki daya rekat yang paling kuat dibandingkan jenis tinta sablon lainnya. Hal inilah yang membuat sablon plastisol sangat cocok untuk digunakan dalam mencetak dot maupun raster yang kecil.

Karena itu, sablon plastisol juga sering kali ditawar dengan harga yang lumayan mahal, namun secara bersamaan juga sebanding dengan kualitas hasil penyablonan pada akhirnya.

  • Sablon Polyflex

Sablon Polyflex

Sablon Polyflex sangat unggul dalam menciptakan warna-warna pada yang dibutuhkan ketajaman warna yang tinggi. Jenis sablon satu ini juga tergolong sebagai sablon digital yang seringkali digunakan untuk membuat nomor pada jersey sepak bola, namun sangat cocok pula untuk berbagai jenis bahan, mulai dari katun hingga polyester.

  • Sablon DTG

sablon dtg

Salah satu jenis sablon yang paling hits untuk saat ini. Tahapan penyablonan dilakukan dengan menggunakan mesin digital untuk menciptakan hasil yang jelas dan detail. Sablon ini sering digunakan untuk produksi dalam jumlah banyak, seperti kaos partai, kaos komunitas, kaos karyawan, dan masih banyak lagi.

  • Sablon Glow in the Dark

Sablon Glow in the Dark

Terakhir ada sablon glow in the dark yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Sablon ini merupakan gabungan dari jenis sablon lainnya, seperti plastisol, rubber, serta penambahan dari bahan fosfor untuk memberikan tampilan menyala ketika berada di ruangan gelap. Pada nantinya, sablon glow in the dark akan memberikan efek yang sangat bagus dan lebih tahan lama karena merupakan campuran dari berbagai jenis sablon terbaik.

Tips Raih Cuan dari Bisnis Sablon

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui di dalam tips raih cuan dari bisnis sablon adalah, pelajari terlebih dahulu langkah-langkah dalam mebangun bisnis sablon itu sendiri. Sama seperti membangun bisnis pada umumnya, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu adalah:

1. Konsep dan Ide

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa sablon memiliki berbagai jenis. Nah, agar bisnis yang kamu jalani lebih terfokus, maka alangkah baiknya jika kamu membuat konsep dan ide sejak awal, mulai dari jenis sablon hingga bahan kaos yang digunakan. Setelah itu, agar seluruh konsep dan ide lebih terorganisir dengan baik, kamu bisa mencatatnya di selembar kertas atau buku.

2. Pangsa Pasar

Setelah kamu menentukan konsep dan ide yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan pangsa pasar dari bisnis sablon yang kamu jalani, seperti jenis kelamin, usia, hingga domisili. Siapa pangsa pasar yang kamu tuju? Perempuan atau laki-laki kah? Lalu, bagaimana dengan usianya? Remaja, anak-anak, usia 20 – 30 tahunan, atau justru orang tua? 

Selain itu, bagaimana dengan domisili? Apakah kamu menerima pemesanan dari seluruh Indonesia atau hanya di satu daerah tertentu saja? Dan yang terakhir, apakah target pasar kamu lebih ke komunitas, perusahaan, keluarga, atau bagaimana?

Coba pikirkanlah sepenuhnya, agar kedepannya kamu tidak akan bingung. Perlu diingat bahwa target pasar yang tidak menentu justru bisa membuatmu tidak fokus pula dalam menjalani bisnis. Oleh karena itu, pikirkanlah dengan matang siapa pangsa pasar yang kamu inginkan.

3. Lokasi Produksi

Sebenarnya, dalam menjalani bisnis sablon kamu hanya membutuhkan ruang yang cukup untuk meletakan mesin jahit dan berbagai peralatan yang tidak terlalu banyak lainnya. Oleh karena itu, lokasi produksi pada dasarnya dapat dilakukan dimanapun, baik itu di rumah maupun di ruko.

Tetapi jika kamu masih tergolong pemula dengan konsumen yang belum terlalu banyak, maka disarankan untuk melakukan bisnis di rumah saja, guna meminimalisir penggunaan budget. Baru nanti ketika bisnis sablon kamu telah perkembang menjadi besar dan telah memiliki pelanggan tetap, kamu bisa mulai merekrut karyawan untuk membantu serta menyewa ruko untuk melakukan produksi.

4. Tentukan Harga

Nah, tips raih cuan dari bisnis sablon selanjutnya adalah dengan menentukan harga terbaik. Pastikan bahwa harga yang kamu berikan dapat menutup pengeluaran modal dan mendapatkan keuntungan. Pertama, kamu bisa mulai menghitung biaya produksi, seperti membeli bahan dan lain-lain. Apabila kamu belum memiliki karyawan maupun pengeluaran untuk membayar sewa ruko, maka kamu bisa mengesampingkan itu dulu. 

Tetapi, ingatlah untuk memberikan harga yang jangan terlalu mahal dan setidaknya dapat dijangkau oleh berbagai lapisan. Karena pada umumnya, pelanggan akan melakukan perbandingan terlebih dahulu mengenai harga dari masing-masing bisnis sablon yang ada, dan tentunya pilihan terakhir akan jatuh pada bisnis sablon dengan harga paling terjangkau.

Oleh karena itu, sebagai pemula janganlah memasang tarif yang terlalu mahal namun tetap menghasilkan kualitas premium, agar pelanggan menjadi puas dan akan melakukan melakukan pemesanan kembali.

5. Promosi

Tips raih cuan dari bisnis sablon yang mungkin paling penting diantaranya adalah promosi. Karena, dari promosi lah kamu bisa mendapatkan pelanggan. Kamu bisa melakukan promosi secara offline maupun online. Tetapi, lebih disarankan untuk menggunakan cara online karena selain tidak membutuhkan biaya yang mahal, kamu juga bisa menjangkau pelanggan dengan lebih luas lagi, bahkan sampai ke seluruh Indonesia.

(Baca Juga: Syarat dan Manfaat Pinjaman untuk Bisnis)

Saat ini, dapat dikatakan bahwa hampir semua orang memiliki media sosial, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Nah, cara inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk mengumpulkan pelanggan.

Kamu bisa mulai membuat akun media sosial seperti facebook dan Instagram dan manfaatkanlah untuk berpromosi. Bahkan dengan menggunakan media sosial, dapat dipastikan kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk berpromosi lho. Tidak hanya itu, promosi melalui media sosial juga dianggap paling efektif dan efisien serta membuat bisnis kamu berkembang lebih cepat.

6. Membuka Layanan Pemesanan Online

Tips raih cuan dari bisnis sablon yang terakhir adalah dengan turut melayani pemesanan secara online, baik itu melalui Instagram, facebook, blog, ataupun bergabung ke sebuah e-commerce dengan menyertakan contoh-contoh hasil sablon yang telah dibuat.

Khususnya ketika kita masih dihimbau untuk mengurangi keluar rumah karena pandemi yang masih terjadi hingga saat ini, belanja online menjadi salah satu aktivitas favorite yang dilakukan oleh banyak orang.

Dan dikarenakan hal itulah, dapat dipastikan bahwa bisnis online berkembang jauh lebih cepat dibandingkan bisnis yang hanya dilakukan secara offline. Meski begitu, bukan berarti bisnis offline tidak penting lho. Kamu tetap bisa melayani pemesanan secara offline untuk orang-orang terdekat tetapi secara bersamaan juga melakukan bisnis online untuk dapat menjangkau pelanggan dengan lebih luas lagi.

Jadi, ternyata menjalani bisnis tidak hanya sebatas berjualan makanan saja, bukan? Tips raih cuan dari bisnis sablon ini pun juga bisa turut dicoba. Tetapi, yang namanya bisnis sekecil apapun memang dibutuhkan modal untuk memulainya.

Nah, apabila saat ini kamu belum memiliki modal yang cukup untuk membuka bisnis, janganlah khawatir. Karena kamu bisa mengajukan pinjaman di CekAja.com. Dengan suku bunga yang bersaing, kamu bahkan bisa mengajukan pinjaman dimanapun dan kapanpun hanya dengan menggunakan laptop dan akses internet saja lho.

Setelah dana pinjaman cair ke rekening, maka kamu bisa segera menggunakannya untuk membuat contoh-contoh hasil sablon dan menawarkannya ke orang-orang terdekat maupun ke akun media sosial yang telah dibuat.

Dengan tenor yang dapat dipilih sesuai kemampuan, jelas kamu menjadi memiliki waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan keuntungan yang mana sebagian dari hasil penjualan tersebut bisa kamu gunakan untuk membayar cicilan.

Selain mengajukan pinjaman, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan mengenai jenis pinjaman apakah yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Sangat menarik kan! Oleh karena itu, janganlah ragu untuk segera ajukan pinjaman hanya di CekAja.com. 

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha