Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Sederhana Mencegah Mabuk Perjalanan

by Surtan Siahaan on 2 Juli, 2016

Mudik adalah momen yang menyenangkan karena kita bisa segera berkumpul bersama keluarga dan berbagi kebahagiaan. Tapi, mudik juga butuh perjuangan terlebih bagi mereka yang mudah mabuk perjalanan. Momen mudik yang seharusnya asyik bisa berubah menjadi mimpi buruk. Pusing, mual sakit kepala hingga keringat dingin merupakan gejala dari mabuk perjalanan.

Nah, buat kamu yang berencana mudik tahun ini, mabuk perjalanan sebenarnya bisa dicegah. Cukup melakukan sejumlah tips berikut ini, perjalanan mudik kamu pasti jadi lebih lancar dan menyenangkan.

Widget TRV Insurance

Minum jahe sebelum pergi

Jahe punya khasiat yang sangat banyak. Mulai dari mencegah masuk angin, memulihkan stamina hingga ampuh mencegah mabuk perjalanan. Saat dihirup, aroma jahe juga terbukti kuat meredakan stres.

Bila kamu tidak terlalu suka dengan rasa jahe, coba buat campuran teh dengan jahe. Tanpa minum obat anti-mabuk, perjalanan mudik kamu dijamin bebas dari mabuk perjalanan yang sungguh menyiksa. (Baca juga: 4 Kisah yang Membuat Kamu Tidak Lagi Meremehkan uang receh)

Sediakan jeruk

Sama seperti rasa mint, rasa asam juga efektif meredakan mual. Nah, ini juga menjadi alternatif lain bila kamu ingin mencegah mabuk perjalanan tanpa mengkonsumsi obat. Kamu bisa gunakan jeruk. Sama seperti jahe, wangi jeruk juga dapat mengurangi rasa pusing saat mabuk perjalanan. Untuk itu, coba sediakan jeruk segar sebelum kamu mudik ke kampung halaman.

Buat diri kamu senyaman mungkin

Buat orang yang sering mengalami mabuk perjalanan, entah itu saat menggunakan kendaraan darat maupun kapal, pasti sering mengalami tegang ketika mau berpergian. Sebaiknya kurang ketegangan karena hal itu justru bisa memicu mabuk.

Caranya, cobalah buat diri kamu nyaman dengan perjalanan. Cari tempat yang paling minim dari goncangan. Bila tempatnya nyaman, kemungkinan besar kamu akan tertidur sehingga perjalanan jauh jadi tidak terasa.

Jangan makan terlalu kenyang

Dalam perjalanan mungkin saja jalan yang kamu lewati tidak mulus. Alhasil akan ada goncangan yang bisa membuat mual dan pusing. Kondisi tersebut bisa semakin parah jika perut kamu terlalu penuh. Usahakan untuk makan secukupnya sebelum perjalanan dan jangan sampai kelewat kenyang. (Baca juga: Empat Risiko yang Sering Terjadi Jika Kamu Melakukan Perjalanan Jauh dengan Kendaraan Pribadi)

Tip akupuntur

Bagi yang sudah terlanjur mabuk perjalanan, kamu bisa menguranginya dengan melakukan sedikit akupuntur. Caranya mudah, cukup tekan area 5 centimeter di atas pergelangan tangan, tepat di bagian lengan dalam. Dengan menekan titik tersebut secara berulang diyakini dapat menghilangkan mual. Lakukan sambil menghirup jahe, jeruk atau aroma terapi lainnya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami