Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tips Sehat dari Dokter Spesialis, Agar Kamu Bisa Menjalani Hidup Sehat

by Gesti Weningtyas on 5 April, 2020

Ada pepatah mengatakan bahwa sehat itu mahal. Namun kenyataannya, sakit bisa lebih mahal dan menguras biaya yang lebih banyak. Jadi, dengan adanya wabah dan berbagai penyakit menular atau musibah lainnya yang bisa terjadi, gaya hidup sehat adalah pilihan yang tepat untuk menjaga stamina. Dengan memilih untuk gaya hidup sehat, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit karena daya tahan yang lebih sehat.

Tips Sehat dari Dokter Spesialis, Agar Kamu Bisa Menjalani Hidup Sehat

Kebiasaan hidup sehat akan membangun stamina yang kuat. Untuk itu, kamu harus mulai menerapkan beberapa kebiasaan baik untuk tubuh, bahkan soal makanan. Sebab, pola makan yang sehat adalah awal dari sebuah gaya hidup sehat. Memilih pola makan yang baik juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatanmu.

Agar kamu bisa menjalani gaya hidup sehat, berikut ini beberapa tips dari dokter spesialis yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1. Jaga Pola Makan

Menjaga pola makan adalah hal yang pertama dan bisa kamu lakukan agar bisa tetap sehat. Kamu harus memilih pola makan yang sesuai dengan jenis kelamin dan usiamu. Sebab, setiap orang memiliki pola makan yang berbeda-beda terkait kebutuhan kalori hingga nutrisi lainnya. Begitu pula pada atlet atau orang-orang yang membutuhkan kalori lebih tinggi, tentunya akan berbeda.

Nah, hal pertama dalam pola makan adalah konsumsi makanan yang seimbang dari kandungan karbohidrat, protein maupun lemak. Kebanyakan orang mengkonsumsi makanan manis dan menyebabkan penumpukan lemak, alhasil jika kebiasaan ini tak diubah, seseorang bisa terkena penyakit diabetes. Seperti yang kita ketahui, penyakit diabetes merupakan penyebab kematian ketiga, setelah penyakit jantung.

Akan lebih baik jika kamu menambah asupan protein, ketimbang asupan karbohidrat. Sebab, protein sangat dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Sedangkan sumber makanan  yang mengandung protein adalah nasi, kacang-kacangan, brokoli, telur hingga ikan maupun udang.

Setelah asupan protein terpenuhi, kamu juga disarankan untuk makan lemak sehat, seperti yang terkandung dalam alpukat, selai kacang, kacang-kacangan, ikan salmon, hingga kacang kedelai. Jangan lupa untuk memilih karbohidrat kompleks dalam menu harianmu. Jadi, bukan hanya nasi saja, tapi juga sumber karbohidrat lainnya seperti umbi-umbian.

2. Konsultasi Diet ke Ahli Gizi

Sebaiknya jangan sembarangan dalam menentukan pola dietmu. Konsultasikan kepada ahli gizi untuk mendapatkan pola diet yang sesuai. Sebab, tidak semua orang cocok dengan diet yang saat ini sedang banyak dilakukan oleh para artis Korea hingga artis dalam negeri. Ketahui bahwa setiap tubuh memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Jika kamu memaksakan untuk mengikuti diet yang sedang hits, kamu mungkin akan jadi langsing seketika.

Tapi  belum tentu tubuhmu mendapatkan asupan kalori dan nutrisi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Alhasil bukan langsing saja yang didapatkan, kamu juga bisa saja kekurangan nutrisi. Sehingga, jika kamu ingin melakukan diet, segera konsultasi ke ahli gizi untuk mendapatkan gambaran pola makan apa yang harus kamu jalani segera.

Kunci dari diet sehat adalah mendapatkan tubuh yang sehat. Berat badan yang ideal adalah bonus. Jadi sebaiknya dalam terbalik dalam menentukan tujuan dari diet. Ingat niat awal agar sehat, maka menjadi langsing tentunya akan menyusul saat tubuhmu sudah sehat. Jangan terburu-buru mengkonsumsi obat pelangsing karena belum tentu obat pelangsing itu cocok dengan tubuhmu.

3. Hindari Makanan Cepat Saji

Agar hidupmu sehat dan berkualitas, lebih baik menghindari makanan cepat saji. Sebab, makanan cepat saji ini mengandung banyak pengawet dan tinggi kandungan garamnya. Beberapa makanan cepat saji ini seperti kopi instan, hot dog, mie instan, dan berbagai makanan cepat saji lainnya. Selain kurang baik bagi pencernaan, makanan cepat saji ini juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner, diabetes, dan penyakit kanker. Kamu tentunya tak ingin memiliki penyakit kritis seperti ini di masa tua, bukan?

Daripada makan makanan cepat saji, kamu bisa menggantinya dengan makanan sehat yang kaya akan serat. Sebab, serat sangat baik untuk pencernaan. Makanan yang sehat dan kaya serat ini seperti sayuran hijau, buah buahan, gandum utuh, maupun biji chia. Dengan makan makanan yang sehat, kamu pun bisa terlindungi dari resiko penyakit berat.

4. Berhenti Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang bisa merusak paru-paru. Rata-rata para perokok juga memiliki berbagai keluhan lainnya selain sesak dan batuk. Para perokok juga sangat rentan terkena asam lambung. Penyakit asam lambung ini juga tak boleh disepelekan. Sebab pada kasus yang berat, asam lambung dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, agar hidupmu makin sehat dan berkualitas, maka hindari rokok dan ganti dengan camilan sehat seperti buah dan yoghurt. Buah dan yoghurt akan melancarkan pencernaanmu dan menghindarkanmu dari resiko obesitas. Kelebihan berat badan tidak hanya membuat langkahmu jadi makin terasa berat. Kamu juga bisa terkena resiko penyakit lain karena berat badan yang berlebih.

Untuk itu, kontrol asupan makan dan menjalani gaya hidup sehat adalah solusi yang paling tepat bagi kamu yang ingin hidup sehat. Jangan lupa, selain rokok sebaiknya kamu juga menghindari terlalu banyak minum kopi atau teh. Beberapa artikel rujukan memang menyebut bahwa kopi sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, kondisi ini mungkin sangat berbeda dengan kondisi tubuhmu. Sebab, yang paling mengetahui kesehatan yang diri kita masing-masing. Sehingga, pastikan pilihan yang sudah dilakukan sesuai dengan kebutuhan atau kondisi tubuh.

5. Berbahagia

Sejumlah penelitian mengungkapkan rata-rata penyakit datang karena pikiran stres datang. Saat kecemasan melanda, otak jadi semakin banyak berpikir terus menerus. Kondisi ini menyebabkan metabolisme jadi lebih lambat dan penyerapan nutrisi pun kurang maksimal. Selain itu, stress bisa menyebabkan naiknya asam lambung dan membuat beberapa fungsi organ tubuh jadi terganggu.

Oleh karena itu, menghindari stress dan berbahagia adalah hal yang perlu kamu lakukan jika ingin terhindar dari penyakit kritis. Sebab, adanya stress itu bersumber dari pikiran. Jika kita tidak bisa membagi atau menyaring pikiran kita, maka yang terjadi adalah luapan pikiran yang tak terkontrol dari otak. Hal inilah yang membuat seseorang jadi mudah jatuh sakit karena stress.

(Baca Juga: Wajib! Stok Makanan Bergizi yang Harus Ada Selama Corona)

Jika kamu mengalami tekanan hidup, dan membuat jiwamu jadi terguncang, kamu mungkin bisa mendatangi psikolog maupun psikiater agar mendapatkan pertolongan yang tepat. Karena, ada kalanya penyakit dalam pun berasal dari gangguan mental. Selesaikan dulu penyakit dari gangguan mental dengan pengobatan atau terapi bila diperlukan sambil melakukan pola makan yang sehat.

6. Olahraga Rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin mampu melindungi kita dari resiko penyakit kritis. Olahraga membuat tubuh jadi lebih sehat. Selain itu, manfaat dari olahraga membuang kalori yang tak dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, setelah olahraga biasanya  tubuh juga lebih bugar. Oleh karena itu, kamu juga disarankan untuk olahraga secara rutin setiap harinya.

Jika dalam waktu tertentu kamu tidak bisa ke gym untuk berolahraga, atau sekadar jogging, kamu juga tetap bisa melakukan olahraga di rumah. Beberapa gerakan yoga yang sederhana juga bisa membuatmu untuk tetap bugar. Setelah berolahraga, jangan lupa untuk minum air putih supaya tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik.

Hindari terlalu lama berada di depan gadgetmu. Sebab, seringkali kita jadi tak sadar bermain gadget terlalu lama, hingga waktu berkualitas kita hilang karena sibuk bermedia sosial ria. Agar waktumu bersama gadget lebih bermanfaat, kamu bisa memilih aplikasi untuk berolahraga di rumah. Ada beberapa panduan untuk melakukan beberapa gerakan sederhana. Alhasil, tubuhmu pun jadi lebih fit dan stamina terjaga.

Olahraga tidak hanya membuat tubuhmu jadi makin kuat, namun juga memelihara dan meningkatkan kualitas otak. Dengan tubuh yang sehat, alhasil jiwamu juga lebih sehat. Daya pikir pun jadi meningkat.

7. Batasi Asupan Gula dan Pemanis

Secara tidak sadar, kita sering mengkonsumsi gula dan makanan yang kaya akan pemanis. Sebaiknya hindari pemanis buatan dan konsumsi buah dengan gula dari buah aslinya. Tak perlu terlalu banyak memasukkan gula pasir dalam makanan dan minuman kita. Sebab, tanpa kita sadari gula yang berlebihan akan menumpuk dan menjadi lemak yang berlebih. Jika tidak dibatasi, kebiasaan ini bisa memicu penyakit diabetes dan komplikasi lainnya. Karena kinerja organ dalam menghasilkan insulin terlalu keras.

Selain diabetes, terlalu banyak mengkonsumsi gula akan membuat seseorang bisa terkena penyakit jantung. Risiko kematian akibat penyakit jantung ini juga lebih tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi gula akan membuat hati jadi bekerja lebih keras. Hal ini dikarenakan hati memetabolisme gula dengan mengubah karbohidrat menjadi lemak.

Lama kelamaan, jika kebiasaan mengonsumsi gula berlebih tidak dihentikan, maka lemak kemudian akan menumpuk di hati dalam jumlah besar dan menyebabkan terjadinya perlemakan hati (fatty liver). Perlemakan hati ini akhirnya yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa mengkonsumsi terlalu banyak gula juga akan meningkatkan tekanan darah dan peradangan kronis yang memicu penyakit jantung. Kesimpulannya, batasi penggunaan gula dan pemanis buatan dalam kehidupan sehari-hari jika ingin terhindar dari berbagai penyakit kritis di kemudian hari.

Asuransi Kesehatan Penyakit Kritis

Oleh karena itu mulai jalani gaya hidup sehat dari sekarang agar bisa melindungi dari penyakit kritis di kemudian hari. Sebab, tidak ada yang tahu apa saja penyakit yang bakal kita derita, apalagi tanpa diiringi dengan pola makan yang sehat dan olahraga. Menjalani gaya hidup sehat sejak dini tentunya bisa melindungi kita dari penyakit kritis.

Ingat, ketika kita sakit maka bakal membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Sehingga, berjaga-jaga di awal dan melakukan gaya hidup sehat adalah pilihan yang paling tepat.

Agar perlindungan lebih maksimal dan hidup jadi lebih nyaman, kamu juga bisa memiliki asuransi kesehatan penyakit kritis. Beberapa perusahaan asuransi memiliki fasilitas asuransi tambahan yang menanggung penyakit kritis dan menyediakan manfaat rawat inap maupun manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Dengan demikian, kamu dan keluarga pun jadi lebih terlindungi. Memiliki asuransi kesehatan saat masih sehat akan membuat hidupmu jauh dari cemas. Apalagi sekarang kamu bisa memiliki asuransi kesehatan dengan mudah karena pengajuannya melalui online di Cekaja.com.

Tentang Penulis