Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Sukses Berbisnis dari HIPMI UI untuk Kamu yang Masih Kuliah

by Tisyrin N. T on 27 Oktober, 2016

Tak sedikit mahasiswa yang mencoba mengawali karier sebagai pengusaha di tengah kesibukannya menimba ilmu dan berhasil. Mark Zuckerberg, Bill Gates hingga pengusaha keripik Maicih, Reza Nurhilman adalah contoh nyata.

Berbisnis sejak mahasiswa memang sulit. Namun, bukan berarti mustahil untuk memperoleh kesuksesan. Nah, untuk kalian mahasiswa yang ingin memulai bisnis, CekAja.com, khusus menyempatkan waktu untuk mewawancarai sejumlah pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Universitas Indonesia (HIPMI UI). Dalam kesempatan bincang-bincang dengan CekAja.com, pengurus HIPMI UI berbagi tips bisnis yang bisa kalian terapkan. Berikut ini intisarinya.

Jangan moody

Kamu harus menyiapkan mentalmu sebagai pengusaha. Jika kamu sudah membangun sebuah bisnis, hilangkan kebiasaan moody. Kamu harus lebih serius dalam bergerak agar mendapatkan hasil yang maksimal. Mereka yang setengah-setengah dalam berbisnis tidak akan pernah sukses. (Baca juga: Tips Diet Rendah Gula yang Bikin Langsing Dalam 3 Pekan)

Cobalah untuk lebih risk taker, tetapi tetap berhati-hati

Setiap usaha pasti ada risikonya. Kamu harus memahami betul akan hal ini. Jadilah sosok yang lebih risk taker agar ruang gerakmu tidak terbatas. Meski begitu, kamu tetap harus berhati-hati ya untuk tidak bertindak secara sembarangan. Contohnya seperti berinvestasi pada sebuah bisnis yang tidak betul-betul kamu pahami seluk beluknya.

Sudah ketemu bidang bisnis yang ingin kamu geluti? Pelajari!

Jika kamu sudah menemukan ide bisnis yang ingin kamu geluti, jangan malas untuk menambah pengetahuan. Caranya bisa dengan membaca buku tentang bidang tersebut, berdiskusi dengan para pelakunya atau mengikuti seminar bsinis. Kamu akan punya bayangan lebih jelas tentang bidang tersebut sehingga dapat mengatur strategi yang tepat saat terjun kelak.

Perluas network

Network sangat penting bagi seorang pengusaha. Oleh karena itu, kamu tak boleh sungkan untuk memperluas jaringan, ini demi kemajuan usahamu. Jadilah sosok yang percaya diri sehingga membuatmu tidak canggung saat bertemu orang-orang baru. Salah satu cara untuk memperluas jaringan adalah mengikuti komunitas atau grup bisnis yang ada di sekitarmu. Bila kamu masih mahasiswa, cari tau apakah di kampus ada kelompok atau komunitas yang punya minat sama dengan dirimu.

Gabung dengan komunitas agar jaringanmu lebih luas

Bergabung dengan komunitas seperti HIPMI UI akan membuatumu mendapatkan berbagai keuntungan. Ya, jaringanmu akan semakin luas, dan kamu juga akan lebih mudah untuk berjumpa dengan para pengusaha yang lebih berpengalaman.

Belajar dari para expert

Jika sudah bergabung dengan komunitas, selain berjumpa dengan para expert, kamu juga belajar dengan mereka. Jangan malu untuk bertanya kepada mereka dan jangan takut mendapatkan kritik. Mereka sudah punya pengalaman lebih banyak dan kamu bisa belajar dari pengalaman mereka. (Baca juga: Yuk, Kenali Gaya Hidup Minimalis Ala Orang Jepang yang Bikin Gaji Awet)

Peduli lingkungan

Tak sedikit UMKM ataupun usaha besar yang kurang peduli terhadap lingkungan di sekitarnya. Jika kamu sudah mulai membangun usaha, coba cermati betul apakah usahamu punya dampak negatif terhadap lingkungan? Adakah cara untuk menghilangkan atau menguranginya? Jangan sampai usahamu itu merusak lingkungan ya.

Ingin berbisnis namun terkendala modal usaha? Ajukan saja Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk menambah modal usahamu. Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.