Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tips Sukses Membangun Kembali Bisnis yang Bangkrut

by Rafly Aditia on 8 April, 2017

membangun bisnis yang bangkrut _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Bangkrut merupakan salah satu kata yang paling menyeramkan bagi semua orang. Terutama bagi pebisnis, kebangkrutan adalah hal yang sangat dihindari.

Tetapi apabila kebangkrutan sudah di ambang mata, maka masalah tersebut harus dihadapi. Agar usahamu bisa berjalan kembali setelah mengalami kebangkrutan, lakukanlah beberapa tips berikut. Salah satu poinnya tentang modal usaha.

Sadari kesalahanmu

Seperti yang dikatakan oleh konsultan bisnis, Michael Hobbs dalam media ternama dunia, Forbes, terkadang kamu perlu menyadari bahwa mungkin saja kebangkrutan merupakan hal yang baik untukmu. Yup, dengan kebangkrutan kamu seharusnya bisa menyadari kesalahan-kesalahanmu dalam berbisnis.

Dengan itu, kamu bisa kembali menyusun rencana untuk move on dan tidak terjebak di lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Cek sistem keuangan bisnismu

Setelah menyadari kesalahan yang kamu lakukan, segera cek bagaimana sistem keuangan bisnismu . Mungkin saja selama ini ada kesalahan. Biasanya bisnis yang bangkrut memiliki sistem keuangan yang kurang baik, bukan tidak mungkin bahwa selama ini karyawan dalam bisnismu salah dalam mengatur keuangan bisnis yang dijalani sehingga menyebabkan kebangkrutan.

Atau bahkan, bisa saja kesalahan tersebut ada padamu dalam mengelola keuangan dalam berbisnis.

Lakukan konsolidasi utang

Salah satu penyebab bisnis bangkrut adalah utang. Nah, jika bisnismu hancur karena terlilit utang yang besar, mungkin kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan konsolidasi utang ke bank.

Apa itu konsolidasi? Simpelnya, konsolidasi merupakan proses negosiasi untuk membayar utang dengan jumlah uang yang kamu miliki. Misalnya, kamu memiliki utang sebesar Rp 200 juta, tetapi kamu hanya punya uang sebesar Rp 150 juta. Maka dengan konsolidasi utang, kamu bisa melunasi utang tersebut dengan jumlah hanya sebesar Rp 150 juta saja.

Cari tambahan modal

Apabila bisnismu bangkrut dan membuatmu harus mencari modal tambahan, mungkin saja pinjaman tanpa agunan atau yang biasa dikenal dengan KTA bisa jadi solusi yang tepat.

Yup, lewat perencanaan keuangan dan penelitian pasar yang lebih baik lagi kamu bisa saja membangun kembali bisnis lewat modal yang didapatkan dari pinjaman KTA. Untuk mengajukan pinjaman KTA, kamu bisa melakukannya secara online di CekAja.com.

Jangan anggap remeh asuransi!

Bisa saja salah satu hal yang membuat bisnis bangkrut karena kamu gak punya asuransi. Misalnya, bisnismu mendadak bangkrut karena tempat usaha terkena musibah seperti kebakaran, banjir dan sebagainya hingga kamu menderita kerugian materil cukup besar.

Padahal, dengan asuransi properti, misalnya, hal tersebut dapat ditanggulangi dan bisa mencegahmu mengalami kerugian finansial yang masif.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami