Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Supaya Apartemen Milikmu Bernuansa Hijau Alami

by Ariesta on 8 November, 2016

tips properti_KPR - CekAja.com

Apartemen identik dengan hunian yang memiliki lahan terbatas. Meskipun saat ini sudah banyak apartemen modern yang luas, namun tetap memiliki kekurangan karena tidak memiliki kebun sendiri. Tentunya akan kurang nyaman bagi kamu yang senang dengan suasana hijau tumbuh-tumbuhan.

Keberadaan tanaman membuat udara di rumah menjadi lebih bersih serta menghilangkan kesan sumpek. Menanam tanaman hidroponik bisa mengobati hobi berkebun para penghuni apartemen, karena media tanam tidak terbatas pada tanah. Tapi bagaimana jika apartemen benar-benar tidak menyediakan space atau tanpa balkon untuk berkebun?

Kamu tetap bisa memberikan sentuhan hijau di hunian apartemen dengan tips berikut.

 

Memelihara kaktus

foto: 6sqft
foto: 6sqft

Memelihara tanaman membutuhkan perhatian khusus, minimal kamu harus rutin menyiram. Kalau kamu orang yang berangkat ke kantor sebelum matahari terbit dan pulang saat larut malam, tanaman jadi cepat mati karena tidak terawat.

Namun kalau tetap ingin memeliharan tanaman hias, pilihlah kaktus. Untuk memelihara kaktus. penyiraman cukup dilakukan sesekali saja ketika media tanam hampir benar-benar kering. Prosedur penyiramannya adalah menyemprotkan air menggunakan botol spray secukupnya ke batang kaktus dan media tanam di sekitarnya.

Kaktus sudah dibekali kemampuan untuk menyimpan cadangan air di tubuhnya. Penyiraman yang terlalu sering justru akan mengakibatkan tanaman membusuk dan akhirnya mati. Letakkan kaktus di pinggir jendela atau tempat yang mendapat sinar matahari.

Hidroponik dalam ruangan

dragon-tree
Dragon Tree foto: Nyoozee

Kalau kamu tetap bersikeras memelihara tanaman berdaun, sebaiknya kamu melirik jenis hidroponik yang bisa dipelihara di dalam ruangan. Di antaranya snake plant atau lidah mertua, aglonema atau sri rejeki, sirih gading, lidah buaya, dan palem-paleman.

Snake plant atau lidah mertua punya manfaat menyerap racun di udara, aglonema atau sri rejeki tahan di ruanga ber-AC, sedangkan palem-paleman dan dragon tree memberikan efek rimbun pada apartemen yang sumpek. (Baca juga: Rumah Masuk Gang Sempit tapi Berencana Beli Mobil? Pertimbangkan Hal Ini)

Memasang rumput sintetis

rumput-sistetis
foto: Ofdesign

Kalau apartemenmu punya balkon, kamu bisa memasang rumput sintetis sehingga seakan puny ataman mini. Tapi apartemen tipe studio tanpa balkon pun tetap bisa bernuansa hijau dengan mengalihfungsikan rumput sintetis sebagai karpet.

 

Cat salah satu sisi dinding dengan warna hijau

desain-warna-cat-kamar-tidur-hijau-dan-putih-minimalis-gambar-rumah-in-desain-warna-cat-kamar-tidur-minimalis-modern-desain-warna-cat-kamar-tidur-minimalis-modern

Hijau sebagai warna alam memberikan efek menenangkan dan menyeimbangkan emosi. Kalau kamu bukan penggemar warna ini, cukup cat salah satu sisi dinding. Kamu juga bisa menambahkan ornamen hijau pada gorden atau sarung bantal.

Pasang wallpaper tumbuhan

big-lover-tree-wall-sticker-words-font-b-quotes-b-font-font-b-design-b-font

Kamu juga bisa memasang wallpaper tumbuhan di dinding apartemen. Selain murah, kamu tidak perlu repot-repot mengurus. Ruangan apartemen akan terlihat berbeda secara instan.

Pasang aromaterapi

aromatherapy

Setelah mempraktikan cara-cara di atas, nuansa hijau di apartemen akan semakin lengkap jika memasang aromaterapi. Sudah bukan rahasia lagi jika aromaterapi sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun pikiran.

Aromaterapi adalah cara pengobatan alternatif menggunakan uap dari minyak esensial dari berbagai macam tanaman yang bisa dihirup. Pada umumnya aroma terapi dilakukan untuk tujuan meningkatkan mood dan juga dapat digunakan sebagai  pengobatan. (Baca juga: Cara Menyiasati Rumah Tipe 24 dan 36 Agar Tampak Luas)

Kamu yang memiliki masalah insomnia bisa menghirup aroma lavender, chamomile, melati, benzoin, neroli, mawar, cendana, dan minyak esensial ylang ylang. Oregano, kemenyan, lemon, peppermint, kayu manis, dan minyak esensial eucalyptus bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Sedangkan lavender, chamomile, clary sage, juniper, kayu putih, rosemary, dan minyak peppermint dipercaya dapat meredakan nyeri.

Lindungi propertimu dari berbagai risiko. Gunakan asuransi properti yang menangggulangi biaya perbaikan properti akibat bencana. Daftar sekarang di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami