Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Titik Terang Akses Layanan Perbankan Wilayah Pelosok Indonesia

by JTO on 26 Mei, 2015

Dipresentasikan di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan para peserta acara “Trade & Investment Forum: East Indonesian Regions“, di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin, Senin (25/5/2015), CekAja.com ciptakan teknologi layanan finansial untuk meningkatkan akses masyarakat Indonesia mendapatkan layanan perbankan dan asuransi.

Nantinya, platform teknologi layanan finansial ini menjadi solusi yang akan membantu tingkatkan akses masyarakat wilayah pelosok Indonesia ke layanan perbankan dan asuransi. Bila telah berjalan, solusi ini akan dapat mengurangi angka penelitian yang mengungkapkan lebih dari setengah penduduk Indonesia masih belum memiliki akses ke jasa perbankan.

“Faktanya, hingga saat ini sekitar 60 persen penduduk Indonesia belum mempunyai akses ke jasa perbankan. Peran teknologi menjadi solusi kunci mengembangkan daerah pelosok. Akhirnya, platform ini akan menjadi solusi atas masalah tersebut. Bila lancar, dalam 1 tahun kedepan progam ini sudah berjalan, dan pada tahun ketiga akses masyarakat ke layanan finansial meningkat 20 persen,” ucap CEO CekAja.com, John Patrick Ellis.

Presiden Jokowi sempat bertanya dalam presentasi tersebut tentang bagaimana usaha mikro bisa menggunakan teknologi ini untuk mendapatkan akses yang lebih baik? Jawabannya, teknologi yang dipakai oleh platform ini diciptakan dengan mengedepankan kemudahan. Bahkan, para penggunanya dapat mengakses layanan platform ini dengan menggunakan perangkat mobile dari wilayah manapun dan menghubungkan mereka ke bank dan penyedia asuransi yang saat ini sudah menerima layanan berbasis teknologi.

Pada dasarnya misi layanan platform ini diciptakan untuk meningkatkan kesadaran finansial masyarakat melalui teknologi digital. Sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan akses finansial para penggunanya, platform ini juga akan membantu percepatan roda ekonomi.

Dalam praktiknya, layanan ini akan bermitra dengan banyak bank dan penerbit asuransi. Dengan pengalaman yang dimiliki CekAja.com sebagai portal perbandingan dan informasi produk finansial nomor 1 di Indonesia, platform ini akan menjembatani konsumen dengan para mitra. Namun yang paling penting adalah, platform ini dapat mengedukasi  masyarakat membuat keputusan finansial yang dilandasi oleh informasi yang akurat. Dalam 6 bulan kedepan, platform ini akan berjalan melalui konsolidasi dengan pihak pemerintah, calon mitra dan agen distribusi.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) terciptanya platform ini dilakukan oleh Sebastian Togelang, Managing Director Mountain Kejora Ventures yang juga Direktur PT Puncak Finansial Utama – perusahaan yang menaungi CekAja.com dan Reza V. Maspaitella, yang juga Ketua Bidang Investasi Pengembangan Usaha Wilayah Timur KADIN. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro.

Sebagai informasi, Trade & Investment Forum : East Indonesian Regions adalah acara yang mempromosikan potensi daerah Wilayah Timur Indonesia dan menggalang kerjasama bisnis dan investasi yang bersifat terbuka bagi para pengusaha swasta nasional dan investor asing, Acara ini diadakan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Koordinator Wilayah Indonesia Timur sebagai bagian agenda Rapat Kerja Nasional.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.