5 Toko Ramah Lingkungan di Jakarta dengan Konsep Zero Waste

6 min membaca Oleh Vera Khairifah on

Toko ramah lingkungan di Jakarta kini jumlahnya mulai bertambah. Konsumen bisa dengan mudah membeli berbagai produk sehat dan organik dalam bentuk curah, serta menerapkan gaya hidup zero waste.

Akhir-akhir ini, kampanye tentang pentingnya menjaga lingkungan semakin gencar disuarakan banyak pihak. Mulai dari lembaga sosial, pecinta alam, artis, hingga selebgram.

Salah satu hal termudah yang bisa dilakukan manusia untuk menjaga lingkungan adalah dengan mengurangi sampah plastik.

Saat ini, penggunaan produk berbahan plastik (terutama kantong plastik atau kresek) semakin tidak terkendali.

Setiap belanja kebutuhan apapun dan dimana pun, penjual pasti langsung memasukkan barang belanjaan ke dalam kantong plastik.

Di rumah, sampah plastik akhirnya memenuhi tempat sampah. Belum lagi dengan sampah plastik dari bungkus makanan atau aneka benda yang kita beli lainnya.

Sebagai benda yang sulit terurai, sampah plastik akan berakhir mencemari tanah dan membahayakan satwa yang dikhawatirkan mengonsumsi sampah tersebut.

Dengan pengelolaan sampah yang masih belum baik, serta penggunaan kantong plastik yang berlebihan, ada baiknya memperbaiki kondisi dengan belanja di Toko ramah lingkungan di Jakarta.

Mengenal Arti Toko Ramah Lingkungan dan Ciri Khasnya

Sebelum masuk ke dalam daftar toko ramah lingkungan di Jakarta, ada baiknya jika kamu memahami dulu maksud dari jenis toko yang satu ini.

Toko ramah lingkungan adalah sebuah toko yang menjual aneka kebutuhan makanan secara curah, dan konsep pengemasan produk yang zero waste.

Dimana toko tersebut tidak akan menyediakan packaging atau bungkus belanjaan yang dirasa tidak perlu, dan pada akhirnya akan menjadi sampah yang merusak lingkungan.

Toko ramah lingkungan di Jakarta mengajak publik untuk membeli kebutuhannya secara curah, dengan membawa wadah sendiri yang bisa dipakai ulang.

Sehingga keterbukaan pikiran dan kesadaran publik tentang pentingnya mengurangi sampah semakin tinggi.

(Baca Juga: 8 Kemasan Ramah Lingkungan Kekinian yang Bikin Produk jadi Estetik)

Berikut ini ciri khas toko ramah lingkungan yang kini sudah semakin banyak di temui di Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia lainnya:

Menjual produk secara grosir atau curah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, toko ramah lingkungan umumnya menjual aneka produk bahan makanan maupun kebutuhan rumah tangga secara grosir (jumlah besar) atau curah.

Setiap produk ditimbang dan dilabeli harga dalam satuan per gram. Konsumen bisa mengambil sesuai kebutuhan.

Misalnya beras, biji-biji-an, minyak goreng, detergen, dan lain-lain.

Menyediakan pilihan produk organik

Untuk mendukung konsep gaya hidup sehat, produk yang dijual juga biasanya merupakan produk organik yang juga ramah lingkungan.

Misalnya saja beras analog yang terbuat dari singkong, kopi organik, sikat gigi kayu, sedotan bambu, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak menyediakan kantong plastik

Kantong plastik tidak disediakan di toko ramah lingkungan. Makanya konsumen harus membawa tas belanja atau wadah toples kaca sendiri untuk memasukkan belanjaannya.

Kalaupun ada kantong plastik, biasanya pihak penjual menyediakan kantong plastik yang terbuat dari singkong yang ramah lingkungan

Untuk mendapatkan kantong ini, konsumen juga harus membelinya lho, ya.

Menerapkan sistem self service

Sebagian besar toko ramah lingkungan di Jakarta dan kota lainnya juga menerapkan sistem self service, alias pelayanan mandiri.

Jadi, pengunjung bisa mengambil produk yang ingin dibeli sendiri, kemudian menimbangnya, dan memasukkan ke wadah yang sudah dibawa.

Nantinya, kasir akan mengecek kembali kesesuaian berat produk yang dibeli dengan harganya.

Daftar Toko Ramah Lingkungan di Jakarta

Buat kamu yang tinggal di Ibu Kota atau kota-kota di sekitarnya, wajib banget belanja di toko ramah lingkungan di Jakarta.

Selain mendukung gaya hidup sehat dan penerapan konsep hidup zero waste, kamu juga bisa mengenal dan mencoba aneka produk organik yang mungkin saja belum kamu ketahui sebelumnya.

Sebagian besar toko ramah lingkungan di Jakarta di bawah ini baru saja buka beberapa tahun lalu.

Ini dia daftar toko ramah lingkungan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi:

1. The Store

IG: @thestore_idn

Toko ramah lingkungan di Jakarta yang satu ini baru saja buka pada Agustus 2020 lalu.

The Store sebenarnya merupakan toko bahan makanan mini yang terletak di dalam restoran Dough Darlings di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ada banyak bahan makanan yang dijual, mulai dari biji-bijian, kopi, rempah-rempah, aneka tepung, minyak bawang, dan masih banyak lagi.

Semuanya dipajang di dalam wadah kaca, dan konsumen bisa membelinya dengan membawa wadah sendiri atau membeli produk yang dikemas dalam wadah kaca kecil.

Jam operasional The Store adalah pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB, buka setiap hari. Buat kamu yang ingin datang langsung, alamatnya ada di Jalan Ciniru 1 no. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Saruga Package – Free Shopping Store

IG: @sarugapackfreestore

Kedua, ada Saruga Package – Free Shopping Store yang diklaim sebagai pioneer toko ramah lingkungan di Jakarta. Letaknya ada di Jalan Taman Bintaro 1, Sektor 1, Jakarta Selatan.

Toko Saruga menjual berbagai bahan makanan dan minuman. Ada juga kantong plastik ramah lingkungan yang terbuat dari kulit singkong yang bisa kamu beli.

Enggak usah bingung berbelanja di Saruga, sebab ada petugas yang siap membantumu.

Di masa pandemi ini, Saruga memberlakukan penerapan protokol kesehatan bagi petugas dan pengunjung.

Kamu juga bisa membawa sampah plastik dari rumah untuk diserahkan ke kotak sampah yang ada di Saruga, untuk didaur ulang.

Toko ramah lingkungan ini buka setiap hari, mulai dari jam 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

(Baca Juga: 9 Ide Hadiah Ramah Lingkungan yang Bisa Mengurangi Sampah Plastik di Bumi)

3. Naked Inc

IG: @nakedincjkt

Toko ramah lingkungan di Jakarta lainnya adalah Naked Inc yang buka sejak April 2019. Lokasi Naked Inc berada di Como Park, Jalan Kemang Timur no.998, Jakarta Selatan.

Pilihan produk terbilang lengkap, lho di Naked Inc ini. Mulai dari beras, aneka biji-bijian dan kacang-kacangan, saus, rempah-rempah, sereal, hingga shampoo, dan alat mandi ramah lingkungan.

Pengunjung bisa mengambil produk yang ingin dibeli sendiri dengan sistem self service, ya. Pastikan kamu membawa kantong belanjaan sendiri, karena Naked Inc tidak menyediakan kantong plastik.

Naked Inc buka setiap hari mulai dari jam 08.00 WIB sampai 20.00 WIB.

4. Toko Curah Selama

IG: @selama.ada.di.bumi

Toko Curah Selama adalah salah satu toko ramah lingkungan di Jakarta yang baru buka setahun lalu, sejak September 2019.

Ini merupakan cabang toko utama yang buka di Kota Bogor, Jawa Barat. Di Jakarta, Toko Curah Selama berlokasi di Jalan Tebet Utara IV A no.2, Jakarta Selatan.

Dengan konsep zero waste, semua produk dipajang dalam toples kaca besar, dan dijual dengan harga per gram.

Aneka produk bahan makanan organik dan kebutuhan rumah tangga ramah lingkungan bisa kamu beli di sini.

Misalnya beras organik, aneka tepung, bumbu dapur, kain lap organik, hingga sabun dan shampoo organik.

Toko ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai dari jam 10.00 WIB sampai 18.00 WIb.

5. BulkSource by The Bulkstore & Co

IG: @bulksource

Terakhir, ada BulkSource by The Bulkstore & Co yang sudah mempunyai dua cabang toko. Yakni di Menteng, Lippo Mall Kemang, bahkan satu cabang lagi di Bintaro akan dibuka sebentar lagi.

Kelengkapan produk yang dijual juga tak kalah dengan toko ramah lingkungan di Jakarta lainnya.

BulkSource by The Bulkstore & Co menjual biji-bijian, rempah-rempah, bubuk protein vegan, sayur organik, keripik vegan, sabun, tas mini, dan alat makan ramah lingkungan.

Sayangnya, di masa pandemi ini, hanya gerai Menteng yang beroperasi mulai dari jam 11.00 WIB sampai 20.00 WIB. Lokasinya ada di Jalan Wahid Hasyim no.47, Menteng, Jakarta Pusat.

Itulah beberapa toko ramah lingkungan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Sebagian di antaranya juga menjual produk secara online dan menyediakan layanan delivery.

Untu informasi lebih lanjut, kepoin akun media sosial Instagram-nya, ya.

Nikmati keuntungan berbelanja dengan berbagai promo dari kartu kredit. Kamu bisa membandingkan berbagai produk kartu kredit dan mengajukannya dengan mudah lewat CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding berbagai produk finansial sesuai kebutuhanmu, yang juga mempermudahmu dalam proses pengajuannya.

Untuk pengajuan kartu kredit, kamu hanya perlu mengisi formulir pengajuan secara online dengan mudah dan cepat. Enggak pake ribet, apalagi harus bolak balik ke kantor penyedia kartu kredit.

Yuk, cek kartu kredit yang sesuai untukmu sekarang juga dan ajukan hanya lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah