7 Tokoh Ibu Inspiratif dari Film Indonesia

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Di momen Hari Ibu ini, kamu bisa memaknai jasa dan perjuangan sosok ibu lebih dalam lewat tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia. Berikut ini sederet tokoh dengan cerita yang mengandung pesan moral yang menyentuh.

Cara Asyik Rayakan Hari Ibu

Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember menjadi momen spesial untuk mengingat jasa para ibu se-Indonesia, serta mengucapkan rasa terimakasih yang mendalam.

Ini waktu yang tepat bagi siapa saja, khususnya para anak, untuk menunjukkan rasa cinta pada ibunda tersayang.

Nah, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan bersama ibu untuk merayakan Hari Ibu kali ini. Berikut beberapa kegiatan yang direkomendasikan:

Buatkan masakan spesial

Kamu bisa mengatur makan bareng keluarga dengan menu masakan spesial yang kamu buat sendiri. Cari resepnya lewat internet, atau minta bantuan rekan terdekat untuk membuat masakan tersebut.

Usaha kamu untuk menyajikan masakan (apalagi jika itu masakan favorit ibu) pasti bikin ibumu senang.

Kasih voucher bersihin rumah

Terkadang, kita tidak menyadari bahwa mengerjakan pekerjaan rumah adalah hal yang sulit dan melelahkan.

Coba deh, berikan ibumu waktu untuk beristirahat seharian. Gantikan pengerjaan pekerjaan rumah, mulai dari menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci baju, atau menyetrika.

Berikan kado DIY

Enggak perlu biaya banyak untuk membuat kado Hari Ibu yang berkesan. Kamu bisa membuat kado DIY alias kado yang dibuat sendiri.

Misalnya seperti scrapbook, bingkai kolase foto, kartu ucapan spesial, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk ide DIY, kamu bisa mencari di internet, atau media sosial seperti Pinterest.

Nonton film bareng

Mengajak ibu nonton film bareng di momen spesial pasti enggak akan ditolak. Kamu bisa memilih film keluarga, atau film komedi.

Setiap film pasti mengandung pesan moral, salah satunya lewat tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia.

(Baca Juga: 10 Film Terbaik Tentang Hari Ibu yang Wajib Ditonton Bareng Keluarga)

Tokoh Ibu Inspiratif dari Film Indonesia

Dengan menonton film, kamu bisa memetik berbagai pelajaran berharga dari rangkaian ceritanya, serta tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia.

Berikut ini daftar tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia yang dinilai memiliki karakter kuat dan kisah yang menarik.

1. Athirah Kalla (Athirah, 2016)

Tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia yang pertama yakni Athirah yang tidak lain adalah ibu kandung dari mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla.

Kisah nyata Athirah (diperankan oleh Cut Mini) diangkat menjadi film karya Sutradara Riri Riza, dan berhasil menyabet gelar juara di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2016.

Film mengisahkan perjuangan sosok ibu yang tegar menghadapi segala permasalahan keluarga, bahkan saat menerima kenyataan bahwa sang suami kembali menikah dengan wanita lain.

Di sisi lain, Athirah harus tetap menjadi ibu yang supportive dalam mendukung cita-cita anak-anaknya, dan mampu menghantarkan mereka pada kesuksesan masing-masing.

2. Ellen (Susah Sinyal, 2017)

Kedua, ada karakter Ellen dalam film besutan Sutradara Ernest Prakasa yang menjadi tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia berjudul Susah Sinyal.

Ellen yang diperankan oleh aktris Adinia Wirasti adalah seorang single parent, yang harus menjaga keseimbangan antara karir dan hubungannya dengan sang anak perempuan yang tidak terlalu akrab.

Pada suatu kesempatan, Ellen sengaja mengajak sang anak pergi berlibur ke Sumba untuk mendekatkan kembali hubungan keduanya.

Sesi quality time keduanya kemudian terganggu oleh tempat tanpa sinyal handphone. Namun, di sini lah Ellen membuktikan usaha dan kasih sayang ibu yang sesungguhnya.

Hal yang bisa kita pelajari dari sosok Ellen adalah semangat kerja keras sebagai single parent, usaha maksimal untuk selalu memberikan yang terbaik untuk anak, serta kedisiplinan ibu dalam mendidik anak.

3. Umi Muthmainah (Perempuan Berkalung Sorban, 2009)

Karakter Umi sebenarnya bukanlah tokoh utama dalam film karya Hanung Bramantyo ini. Namun, sebagai sosok ibu, Umi layak masuk ke deretan tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia.

Tokoh ini diperankan oleh aktris senior Widyawati dengan karakter ibu tahun 80-an yang tegar, tegas, hormat pada suami, tetapi juga memiliki prinsip yang kuat.

Dalam film Perempuan Berkalung Sorban, Umi mengajarkan segala ajaran baik (dari sisi agama dan ilmu pendidikan) pada anak-anaknya, berusaha memberikan yang terbaik untuk anak, serta mendukung cita-cita anak.

Sisi lain Umi terangkat di tengah film, dimana saat sang suami meninggal, dirinya memberi izin pada anak perempuannya untuk melanjutkan pendidikan dan menikah dengan lelaki pilihan anaknya sendiri.

Dua hal yang sangat ditentang oleh suaminya.

Dalam diam, Umi menunjukkan ketegarannya menghadapi problema keluarga dan berjuang menjunjung hak perempuan di era yang terbilang masih ‘serba kolot’.

4. Amelia (Wonderful Life, 2016)

Tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia selanjutnya adalah Amelia dalam film Wonderful Life yang merupakan sosok ibu dari anak penderita disleksia.

Kisah film ini diangkat dari kisah nyata seorang ibu yang berjuang membesarkan anak dengan gangguan belajar, serta berusaha mengembangkan bakat terpendam sang anak.

Melalui pejuangan panjang hingga sang anak berusia 8 tahun, Amelia merawat anaknya yang bernama Aqil hingga menemukan bakat menggambar yang luar biasa.

Itulah mengapa Amelia yakin betul bahwa setiap anak terlahir ‘sempurna’ dengan potensinya, sekalipun memiliki keterbatasan tertentu.

5. Itje (Sabtu Bersama Bapak, 2016)

Ketegaran seorang ibu single parent kembali tersaji dalam film karya Monty Tiwa ini. Itje (diperankan oleh Ira Wibowo) mengasuh dua putranya sendirian pasca suami meninggal.

Itje melakoni usaha warung makan hingga mengantarkan anaknya pada jenjang pendidikan yang tinggi.

Terpisah dari sang anak yang tinggal di tanah perantauan, membuat Itje berhati-hati dalam menjaga hati anaknya, bahkan saat dirinya jatuh sakit.

Lewat karakter ini, kita makin menyadari bahwa sifat dasar seoang ibu adalah selalu ingin memberi dan seolah tidak ingin merepotkan anak-anaknya, sekalipun sudah dalam usia yang tua.

(Baca Juga: 9 Ide Hadiah Terbaik untuk Hari Ibu yang Sederhana Namun Berkesan)

6. Mami Maudy (Me vs Mami, 2016)

Mau nonton tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia dengan genre komedi? Film Me vs Mami pasti cocok masuk ke watchlist-mu.

Dalam film ini, karakter Mami Maudy yang diperankan Cut Mini adalah ibu-ibu protektif, terkesan galak, dan banyak aturan.

Saat harus menjenguk sang ibu yang sakit di Padang, Mami Maudy mengajak putrinya bernama Mira. Dalam perjalanan, Mami dan Mira terlibat petualangan seru yang menguji chemistry keduanya.

Walaupun sering berdebat dengan sang anak, tapi Mami juga membuktikan rasa sayang dengan caranya sendiri meskipun terkadang terlihat menyebalkan di mata Mira.

7. Bunda (Rectoverso – Malaikat Juga Tahu, 2013)

Tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia yang terakhir adalah Bunda dalam film Rectoverso – Malaikat Juga Tahu, yang diperankan oleh aktris senior Dewi Irawan.

Diceritakan seorang ibu dengan anak sulung pengidap autis harus kuat membesarkan anaknya hingga dewasa.

Siapa sangka, sang anak (diperankan oleh Lukman Sardi) jatuh hati dengan seorang perempuan penyewa kamar kost di rumah Bunda.

Dengan segala cara, Bunda berusaha mencegah perasaan anaknya. Sebab Bunda tahu bahwa hubungan yang diharapkan anaknya tidak akan pernah terjadi. Cintanya hanya bertepuk sebelah tangan.

Lewat cerita dan tokoh ini, penonton pasti bisa merasakan kasih sayang seorang ibu pada anak dengan kondisi dan situasi apapun.

Dengan cara yang lembut, Bunda setia menyayangi anaknya serta tak ingin hati sang anak terluka.

Itulah beberapa tokoh ibu inspiratif dari film Indonesia. Nonton berbagai film terbaik kini makin mudah lewat aplikasi layanan streaming online berbayar.

Untuk berlangganan, kamu bisa membayar dengan kartu kredit cicilan ringan yang ada di CekAja.com.

Kami akan membantumu memilih kartu kredit terbaik sesuai kebutuhan, dari bank-bank terpercaya. Suku bunga yang terjangkau enggak akan bikin kantongmu boncos.

Proses pengajuan kartu kredit juga dilakukan dengan cepat dan mudah, karena melibatkan sistem online canggih. Jadi, kamu tak perlu repot-repot mendatangi kantor cabang bank penyedia kartu kredit.

Ayo, segera cek rekomendasi kartu kredit untukmu dan ajukan lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah