Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Top 10 Pebisnis Muslim Terkaya di Dunia

by Ariesta on 8 Juni, 2016

Bisnis telah menjadi bagian dari sejarah Islam. Bahkan saat ini beberapa muslim pun banyak yang tercatat menjadi miliarder. Dari total 1826 millarder dunia, dikutip dari Forbes, tercatat 112 muslim terkaya di dunia. Berikut daftar pebisnis muslim terkaya di dunia.

1# Prince Al-Waleed Bin Talal Alsaud

Prince-Al-Waleed-Bin-Talal

Kewarganegaraan      : Saudi Arabia

Sumber kekayaan       : Investasi

Total kekayaan            : US$21,8 miliar

Prince Al-Waleed bin Talal adalah pendiri dan CEO dari perusahaan investasi terkenal Kingdom Holding. Perusahaan miliknya berinvestasi di sektor perbankan, hotel, media massa, hiburan, dan teknologi.

Dia juga merupakan pemegang saham individu terbesar di Citi group dan memiliki Four Seasons Hotel George 5 di Paris Prancis. Investasi miliknya yang lain tersebar di Apple Inc, Fox Broadcasting, dan Disney Hotel dan Resort.

2# Aliko Dangote

World Economic Forum on Africa 2011

Kewarganegaraan      : Nigeria

Sumber kekayaan       : Komoditi

Total kekayaan            : US$18,3 miliar

Mendengar nama Nigeria, mungkin yang terlintas di kepala adalah negara miskin di belahan Afrika. Namun negara tersebut ternyata menghasilkan orang pebisnis muslim terkaya di dunia.

Adalah Aliko Dangote, pemilik dari Dangote Group yang bergerak di bidang komoditi. Perusahaan tersebut juga beroperasi di Benin, Kamerun, Ghana, Afrika Selatan, Togo, Tanzania, dan Zambia.

(Baca juga: Rahasia Miliarder Dunia Agar Bisa (Tetap) Kaya di Hari Tua)

3# Azim Premji

Azim-e1443457697113

Kewarganegaraan      : India

Sumber kekayaan       : Software

Total kekayaan            : US$17,5 miliar

Sebagai pemimpinWipro Limited, Premiji berhasil membawa perusahaan memperoleh laba US$ 7 miliar dari yang asalnya hanya US$2 juta. Ini pula yang menjadikannya sangat kaya.

Premiji telah dua kali masuk ke dalam daftar 100 pria paling berpengaruh sepanjang zaman versi majalah TIME dan 20 pria paling berpengaruh di dunia versi Asiaweek. Dia merupakan lulusan dari salah satu universitas terbaik di dunia, Stanford University.

4# Mohammed Al Amoudi

Mohammad-Al-Moudi

Kewarganegaraan      : Saudi Arabia

Sumber kekayaan       : Minyak, investasi

Total kekayaan            : US$13 miliar

Lahir sebagai keturunan Arab dan Ethopia, Al Amoudi memulai kariernya di bidang konstruksi dan real estate. Ia kemudian mengembangkan bisnisnya ke sektor kilang minyak di Swedia dan Maroko.

Ayah delapan anak ini juga berinvestasi di bidang emas, minyak, dan  di Ethopia dan menguasai 63 persen manufaktur di negara tersebut.

5# Iskander Mukhmodov

Iskander1

Kewarganegaraan      : Russia

Sumber kekayaan       : Minyak, investasi

Total kekayaan            : US$8,2 miliar

Pebisnis keturunan Uzbekistan yang lahir dan besar di Russia ini menapaki kariernya di perusahaan Trans-World Group sebagai perusahaan dagang metal terbesar di Russia. Sejak 1991-1996, dia menjabat sebagai direktur marketing dan CEO di JSC Alice serta perusahaan finansial industri Meta Service.

Saat ini Mukhmodov merupakan pemilik UGMK Holding sebagai perusahaan non-metallurgi dan produsen tembaga terbesar di Russia.

6# Mohammad Bi Essa Al Jaber

Mohamed1

Kewarganegaraan      : Saudi Arabia

Sumber kekayaan       : Real estate, hotel

Total kekayaan            : US$7 miliar

Al Jaber merupakan CEO dari MBI International and Partners. Group ini terdiri dari JW Hotels and Resorts, AJWA Group of food industries, dan Jadawel International Continent Oil. Sang miliarder juga terkenal akan kegiatan amalnya melalui MBI Al Jaber Foundation.

7# Sulaiman Kerimov

kerimo

Kewarganegaraan      : Russia

Sumber kekayaan       : investasi

Total kekayaan            : US$6,2 miliar

Peringat pebisnis muslim terkaya selanjutnya ditempati oleh Sulaiman Kerimov yang juga berprofesi sebagai politisi di Russia. Dia memulai kariernya sebagai akuntan di Eltav electrical plant Russia hingga meraih posisi direktur.

Kariernya terus melaju hingga membuatnya ditunjuk sebagai kepala perusahaan perdagangan dan perbankan Soyuz-Finans. Tahn 1997 dia telah memiliki 50 persen saham Vnukovo Airlines sekaligus membeli saham dari partnernya sendiri.

8# Shahid Khan

Shahid-Khan1

Kewarganegaraan      : Amerika

Sumber kekayaan       : manufaktur

Total kekayaan            : US$4,5 miliar

Khan lahir di Pakistan namun pindah ke Amerika pada usia 16 tahun. Dia memulai kariernya di perusahaan manufaktur otomotif Flex-N-Gate sewaktu masih menjadi mahasiswa di University of Illinois. Setelah lulus, dia langsung dipekerjakan sebagai direktur teknisi.

Kini Khan merupakan pemilik Jacksonville Jaguars of the National Football League (NFL), the English Football League Championship team Fulham F.C., dan automobile parts manufacturer Flex-N-Gate di illinois Amerika.

9# Najib Mikati

Najib

Kewarganegaraan      : Lebanon

Sumber kekayaan       : Investasi

Total kekayaan            : US$3,2 miliar

Najib Mikati memperoleh kekayaannya  melalui perusahaan investasi Telecoms yang dia miliki bersama saudaranya, Taha Mikati. Pada 2006, dia menjual perusahaan tersebut pada perusahaan MTN dari Afrika Selatan seharga US$5,5 miliar.

(Baca juga: Nikmati Kekayaannya, Ini yang Dilakukan Miliarder Dunia di Usia Pensiun)

Mikati juga pernah menjabat sebagai perdana menteri Lebanon namun mengundurkan diri setelah tiga tahun masa jabatan karena terjadi ketegangan dengan Suriah.  Dengan kekayaan mencapai US$3,2 miliar, Najib Mikti menempati posisi pria terkaya di Lebanon.

10# Syed Mukhtar al-Bukhari

Syed

Kewarganegaraan      : Malaysia

Sumber kekayaan       : Investasi

Total kekayaan            : US$3,1 miliar

Syed Mukhtar al-Bukhari berinvestasi di banyak bidang termasuk energi, transportasi, logistik, dan properti. Terlahir di keluarga sederhana dan tidak pernah mengenyam pendidikan, dia memulai peruntungan di bidang bisnis saat mengambil alih usaha pengemasan daging milik ayahnya.

Saat itu usahanya ayahnya bangkrut akibat dampak penyakit ternak yang tengah merajalela. Al-Bukhari diangga sebagai orang Malaysia terkaya ke-8 sekaligus pribumi Melayu asli terkaya di Malaysia.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami