Top 10 Pendapatan Youtuber Indonesia Terbanyak

7 min. membaca Oleh CekAja on

Profesi content creator kini sedang naik daun. Tiap orang berlomba-lomba membuat konten video dan foto untuk mereka post di platform sosial media seperti instagram dan youtube.

Top 10 Pendapatan Youtuber Indonesia Terbanyak

Ajang penghargaan bagi para konten kreator juga marak digelar, bukti bahwa profesi ini menjanjikan pendapatan dan kesempatan besar.

Nama-nama seperti Atta Halilintar, Ria Ricis dan Raditya Dika adalah satu dari sekian banyak content creator yang sukses meraup pendapatan tinggi dari konten media sosial khususnya youtube yang tidak sekedar menghibur namun juga mendidik. Pendapatan youtuber Indonesia juga tidak bisa dibilang sedikit, angkanya terbilang fantastis yakni mencapai miliaran rupiah per-bulan.

Tidak heran banyak artis ibu kota justru hijrah menjadi content creator. Berbekal pengalaman menjadi aktris dan aktor selama bertahun-tahun mereka sukses memeriahkan segmen hiburan youtube di Indonesia. Ada Baim Paula yang sudah berhasil mengumpulkan 9 juta lebih subscriber, ada juga Atta Halilintar yang berhasil bertengger di puncak teratas youtuber dengan jumlah subscriber terbanyak di Indonesia yakni mencapai 20,7 juta subscriber.

Banyaknya subscriber atau pengikut ini ternyata berdampak pada pendapatan youtuber Indonesia. Lantas bagaimana cara hitung-hitungnya?

Cara Menghitung Pendapatan Akun Youtube

Sebenarnya pendapatan youtube ini ada banyak, mulai dari youtube ads, affiliate marketing,jual produk hingga endorsement. Namun yang paling menarik perhatian adalah penghasilan dari youtube ads yang diakui sangat besar dibanding dari pemasukan lain. Untuk mengetahui jumlah pendapatan youtuber dari Youtube ads ada 2 indikator yang bisa digunakan yakni CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click).

CPM sendiri adalah uang yang akan didapat setiap 1000 penayangan iklan di seluruh video. Biasanya Rp 7.000 per seribu tayangan iklan. Sementara itu, CPC adalah nominal yang didapat dari setiap 1 orang yang mengklik iklan yang tayang di video, perkliknya biasanya berkisar antara Rp 5.000 -Rp 12.000.

Namun terlebih dulu sebuah akun harus memenuhi syarat minimal 1000 subscriber dalam 1 tahun terakhir, dengan jumlah video yang ditonton selama 4000 jam oleh semua viewers dalam satu tahun. ementara metode affiliate marketing, ini cara hitungnya adalah dengan pembagian persentase hasil penjualan, misalnya 0,1 atau 10 persen dari harga produk yang berhasil terjual. Sementara pendapatan dari jual produk ini artinya semakin banyak produk terjual semakin banyak keuntungan yang didapat akun youtube.

Sedangkan endorsement, biasanya besaran pendapatannya sudah disepakati oleh kedua belah pihak, yakni akun youtube yang mengiklankan dan pemilik produk. Besar tidaknya fee untuk endorsement bergantung pada jumlah subscriber, semakin banyak pengikut maka fee semakin tinggi.

Penasaran siapa saja yang berada dalam daftar 10 teratas youtuber dengan pendapatan tertinggi?

Top 10 Pendapatan Youtuber Indonesia

1. Atta Halilintar – Rp 2.36M perbulan

Atta masuk dalam daftar teratas youtuber dengan pendapatan tinggi. Tiap bulannya ia bisa mengantongi hingga Rp 2,3 miliar. Akun youtube-nya berisi tentang aktivitas Atta sehari-hari dan sesekali mengundang bintang tamu kenamaan. Namun kontennya yang paling fenomenal adalah grebek rumah para artis. Yakni aksi kunjungan Atta ke beberapa rumah artis. Menurut situs nox influencer per-video yang diunggah Atta bisa menghasilkan 1,2 Juta penonton yang menghasilkan pendapatan sekitar Rp 150 Juta per-video. Atas hasil ini juga Atta juga berhasil masuk dalam deretan 10 youtuber terkaya di Dunia.

2. Ria Ricis – Rp 6.05M perbulan

Sempat mendapat cibiran karena beberapa kontennya yang dianggap tidak mendidik, Ricis akhirnya dapat bertahan dalam industri content creator dengan terus memproduksi konten sehat dan menghibur yang menempatkannya di peringkat kedua dalam daftar teratas youtuber dengan pendapatan tertinggi. Toal hingga saat ini ia sudah memiliki lebih dari 18  juta subscriber. Perempuan berhijab ini adalah idola para remaja masa kini.

Akun youtubenya lebih banyak berisi konten-konten menghibur dan lucu. Mengandalkan tema konten hal-hal berbau viral, Ricis berhasil mendulang penonton mencapai 1.74 juta per-video dengan perkiraan penghasilan Rp 177.18 juta per-video. Selain membuat konten tentang aktivitasnya sehari-hari Ricis juga kerap tandem dengan youtuber lain dengan melakukan berbagai tantangan.

3. Gen Halilintar -  Rp 2.85M perbulan

Jika Atta Halilintar menempati posisi pertama, ada anggota keluarganya yakni Gen Halilintar yang berada di posisi ketiga dalam daftar Top 10 Pendapatan Youtuber Indonesia dengan total 13.3 juta subscriber. Tiap video yang diunggah keluarga Halilintar berpotensi menghasilkan pendapatan mencapai Rp 161.68 juta. Setiap bulannya keluarga yang terdiri dari 13 anggota tersebut dapat mengantongi hingga Rp 2,8 Miliar.

(Baca Juga: Ini Dia 5 Youtuber Paling Inspiratif!)

Konten youtube keluarga Halilintar lebih banyak menceritakan soal keseharian mereka, kekompakan keluarga besar dan usaha mereka untuk tetap eksis. Gen Halilintar ini seperti memiliki aura bintang karena apa yang mereka lakukan sering berakhir jadi sebuah tren. Salah satu lagu ciptaan mereka Zigi Zaga juga populer selama pertengahan 2019.

4. Rans Entertainment – Rp 3.63M perbulan

Akun youtube milik pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini terhitung bayu. Sebab keduanya baru terjun ke dunia youtube pada 2018, meski akun Rans Entertainment sebenarnya sudah ada sejak 2015 silam. Konten unggulan keluarga Rans ini adalah keseharian buah hari mereka yakni Rafathar. Jumlah total penonton per-video keluarga Rans ini berada di kisaran 1 juta yang setara dengan Rp 133 juta. Kini konten unggulan The Rans family adalah kegiatan jalan-jalan keliling dunia.

5. Baim Paula Rp 3.4M perbulan

Baru bergabung dengan Youtube pertengahan tahun 2016, namun akun Baim Paula sudah menyedot perhatian khalayak dengan kini jumlah subscribernya mencapai 9,29 juta. Konten-konten popular Baim Paula adalah social experiment, dimana keduanya sering berpura-pura menjadi gelandangan atau orang gila untuk mengetahui siapa saja yang masih peduli pada mereka. Beberapa kali Baim juga menampilkan konten keseharian Paula semenjak menjadi seorang istri. Tiap video yang diunggah Baim Paula ada sekitar 26,1 juta orang yang menontonnya, angka ini setara dengan Rp 261 juta per-video.

6. Raditya Dika – Rp 1.27M perbulan

Raditya Dika adalah orang lama di industri digital, berangkat sebagai blogger yang kemudian menjadi komika yang menerbitkan karyanya di youtube, Radit konsisten menjaga konten youtubenya. Meski jarang menduduki tiga posisi teratas namun ia adalah satu-satunya blogger yang mampu bertahan selama bertahun-tahun di industri ini.

Kontennya kebanyakan hiburan, yang paling populer adalah perbincangannya yang mendalam bersama beberapa bintang tamu kontroversial. Sementara mayoritas penonton adalah kaum millenials. Sejak bergabung dengan youtube 2007 silam, Radit sudah di subscribe oleh lebih dari 8 juta Akun. Setiap video yang diunggah setidaknya mampu mengundang 1,2 Juta penonton yang senilai dengan Rp 107 Juta.

Jika dulu isi kontennya lebih banyak menyoroti gaya hidup anak muda. Kini setelah berkeluarga Radit lebih sering menampilkan aktivitas kesehariannya bersama anak dan istrinya yang juga seorang youtuber.

7. Arif Muhammad – Rp 3 M perbulan

Arif dulunya lebih aktif di twitter dan merupakan seorang content creator yang sangat disegani. Saat masih aktif di twitter ia lebih dikenal dengan akun pocong, dan berhasil membuat heboh jagat twitter mengenai siapa sosok di belakang akun pocong tersebut, lantaran statusnya yang selalu menarik untuk disimak. Ia baru membuat akun youtubenya pada 2017 silam, namun hanya dalam waktu 2 tahun sudah mampu mengumpulkan 8 juta lebih subscriber yang memberinya pendapatan 3 miliar lebih dalam satu bulan.

Konten yang disajikan beragam mulai dari daily activity, traveling, sampai ngobrol bareng orang-orang ternama di Indonesia. Namun konten yang paling menyedot perhatian adalah saat ia melamar kekasihnya di sebuah pulau. Videonya langsung menjadi trending topic yang mengantarnya masuk dalam top 10 pendapatan youtuber Indonesia terbanyak. Rata-rata jumlah penonton per-videonya mencapai 4,3 juta views yang menghasilkan rupiah senilai Rp 569.87 juta.

8. Jess No Limit – Rp 2,8 M perbulan

Gamers yang satu ini juga merupakan atlet e-sport yang sudah malang melintang di berbagai kompetisi games. Akun youtube yang ia buat sejak 2017 berisi tentang tips-tips bermain game, strategi bahkan beberapa konten cringe. Subscriber yang rata-rata mengikuti akunnya adalah gamers juga, total sudah 7,7 Juta akun menjadi pengikut Jess No Limit.

Jess yang bernama asli Justin ini akan lebih serius menggodok chanel youtubenya, setelah akhir tahun lalu mengumumkan tak lagi bergabung dengan tim e-sportnya. Sebagai gantinya, ia ingin membuat konten-konten youtube yang lebih bermanfaat untuk para gamers. Setidaknya ada sekitar 1,6 Juta viewers untuk setiap videonya yang setara dengan Rp 165 dan membawanya memiliki kekayaan mencapai Rp 2,8 M perbulan.

9. Deddy Corbuzier – 2.07 M perbulan

Selanjutnya dalam daftar pendapatan Youtuber Indonesia tertinggi ada nama Deddy Corbuzier yang sudah bergabung dengan youtube sejak 2009 silam. Konten dalam channel sebagian besar adalah interview beberapa sosok terkemuka di Indonesia, mulai dari artis hingga warga biasa. Sering pula kontennya menjadi trending topic youtube karena menghadirkan bintang tamu fenomenal. Meski terkesan ikut-ikutan lantaran kerap mendatangkan artis penuh sensasi, Deddy sering membalut kontennya dengan lebih menarik dan mendidik.

Kini akunnya sudah diikuti oleh 7,16 juta subscriber yang memberinya pundi-pundi mencapai Rp 2.07 M perbulan. Tiap konten yang ia post dalam akun channelnya setidaknya ditonton oleh lebih dari 1,9 juta akun yang memberinya pendapatan Rp 203 Juta untuk setiap video.

10. Tanboy Kun – Rp 1.78M perbulan

Segmen yang dibidik oleh tanboy kun adalah wisata kuliner. Ia seketika menjadi trending topic karena video mukbang (makan besar sendirian) yang dianggap unik. Sering juga Tanboy membuat video bersama youtuber kuliner lain Magdalena dan Nex Carlos. Pria berdarah Padang ini konsisten membuat akun “makan-makan” sejak 2016 dan kini sudah diikuti oleh lebih dari 6 juta subscriber di seluruh Indonesia. 

Setiap video yang diunggah setidaknya ditonton oleh lebih dari 3 juta viewers yang menghasilkan Rp 344 Juta per-video. Tanboy kun menerima pemasukan tambahan dari iklan produk (rata-rata makanan), yang sering ia review di channel youtubenya. Meski banyak akun yang hadir dengan tema serupa, namun Tanboy Kun mampu mempertahankan ciri khasnya sebagai youtuber mukbang, tidak sekalipun ia pernah membuat konten di luar makanan. Inilah yang membuat penontonnya begitu loyal. Kendati di awal-awal video penayangannya kualitas videonya bisa dibilang kurang baik.

Tentang kami

CekAja

CekAja