Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Cara Ajukan KPM/KKB

  1. #10971
    J.P.
    J.P. Guest
    Reply

    Cara Ajukan KPM/KKB

    Mat siang, saya dan istri baru selasai mengajukan kredit pemilikan mobil (KPM) / kredit kendaraan bermotor (kkb) untuk membeli kendaraan baru. Ada berberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengajukan KPM/KKB, dan menurut kami salah satu adalah provider / penyedia. Ada yang bilang “BCA bagus” tapi perlu keterangan apakah itu BCA KKB atau BCA Finance, karena sebetulnya BCA KKB berbeda dengan BCA Finance, yang juga menyediakan KKB. Dan begitu seterusnya.

    Proses nya biasa nya seperti berikut:

    1- Memilih kendaraan dari diler, misalkan Toyota atau Mitsubishi atau Ford.

    2- Setiap diler beda2, tapi biasa nya mereka ada hubungan sendiri dengan bank, dan pasti nya satu atau dua akan lebih dihargai oleh diler. Anda wajib sendiri untuk menanyakan kepada diler mereka paling senang dengan bank apa, karena belum tentu diler mau terima KPM/KKB dari bank apa saja.

    3- Ini juga ada pengaruh ke diskon2 yang diler bisa mengasih. Jika Anda memilih bank yang dia suka, biasa nya dia bisa mengasih diskon lebih gede atau proses lebih cepat.

    4- Saat Anda melakukan perbandingan diantara KPM/KKB dari berberapa bank, jangan lupa mempertimbangkan juga asuransi nya. Oleh karena Anda mau KPM/KKB, dari diler dan bank Anda wajib berasuransi kendaraan. Setiap bank beda2 loh. Misalkan Panin ada Asuransi MAG. BCA Finance suka gabung dengan Asuransi Pacific Prime. Ada juga Allianz, MNC, AXA, Harta, Raksa, dan banyak lagi. Jika Anda mengambil KPM/KKB selama 2 atau 3 tahun, contoh nya, Anda juga wajib berasuransi 2 atau 3 tahun. Pokok nya selama Anda tetap hutang ke bank untuk kendaraan, Anda wajob punya asuransi.

    5- Rate bunga dari bank juga kadang2 tergantung DP (deposito) yang Anda setoran. Jangan2 menurutku DP nya cuma 20% karena nanti nyicil nya gede. Sebaik nya DP 30 atau 40% untu mengurangi nyicil yang Anda wajib bayar setiap bulan.

    6- Untuk persetujuan bank, biasa nya mereka akan SID Checking – yaitu program Bank Indonesia untuk mengecek apakah Anda “good borrower” atau “bad borrower.” Yang jelas, Anda mau “good borrower” di SID, dan untuk memastikan itu, Anda wajib bayar semua tagihan dari kartu kredit, dari KPR, dan tentu saja dari KPM/KKB setiap bulan. Jangan2 sampai Anda terlat karena pihak bank akan melapor ke BI SID, dan nanti nya banyak sekali bank yang lain akan mengetahui. Bacalah di sini >> http://info.cekaja.com/kredit-ditolak-karena-bi-checking-baca-dulu-ini/

    7 – Jika bank sudah setuju dengan permohonan KPM/KKB Anda, Anda harus bayar DP ke diler dan buka rekening di bank yang aan berikan KPM/KKB. Setalah itu, tinggal berberapa hari lagi untuk administrasi, tanda tangan semua dokumen, dan sudah beres.

    Mudah2an penjelasan yang singkat ini dapat membantu teman2 yang lagi mau mengajukan KPM/KKB tapi bingung nyari informasi dari mana. Terima kasih.

  2. #21671
    Upan
    Upan Guest

    Reply To: Cara Ajukan KPM/KKB

    Bener gan. Nice info nih.
    Tapi harus siapin DP yang gede dulu ya …. :(

  3. #56541
    mobil bekas murah
    Mobil bekas murah Guest

    Reply To: Cara Ajukan KPM/KKB

    Proses nya lebih ketat,di leasing aj lebih mudah..

Viewing topics 1 - 3 of 3 total
You must be logged in to reply to this topic.