Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Cara Menggunakan Kartu Kredit

  1. #9041
    Reply

    Cara Menggunakan Kartu Kredit

    Agan & aganwati sekalian, ada yang bisa share tips cara menggunakan kartu kredit, ada beberapa hal yang ingin saya ketahui:
    1. Bagaimana konsep bunga dan tagihan di kartu kredit
    2. Ada promo, cicilan 0%, apakah itu beneran tidak akan dikenakan penagihan bunganya?
    3. Jatuh tempo itu maksudnya gimana sih?

    Terima kasih..

    Pakar Asuransi Indonesia

  2. #10441
    Pratama
    Pratama Guest

    Reply To: Cara Menggunakan Kartu Kredit

    1. Bunga pada kartu kredit akan dikenakan jika nasabah tersebut tidak melunasi tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo. bunga pada kartu kredit akan berlaku “bunga ber bunga” jika nasabah tidak segera melunasi tagihan kartu kredit tersebut secepatnya.

    2. untuk setiap promo diskon dan cicilan 0% yang diberikan oleh kartu kredit benar adanya, jika nasabah melunasi tagihan yang muncul sebelum tanggal jatuh tempo, maka tidak ada bunga yang bebankan kepada nasabah.

    3.untuk setiap kartu kredit akan ada 2 tanggal yang wajib kita ketahui: tanggal cetak tagihan, dan tanggal jatuh tempo. untuk tanggal jatuh tempo adalah batas yang diberikan kepada bank kepada nasabah untuk menyelesaikan tagihan kartu kreditnya. jika customer membayar tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo maka bank akan mengenakan bunga pada transaksi nasabah tersebut.

    tolong diingat bahwa kartu kredit bukanlah sebagai alat hutang, tapi sebagai alat ganti pembayaran.
    sehingga kita tidak perlu dipusingkan dengan bunga kartu kredit yang sangat besar.

  3. #10671
    Dedy Kurniadi
    Dedy Kurniadi Guest

    Reply To: Cara Menggunakan Kartu Kredit

    Terima kasih atas penjelasannya, khusus menggarisbawahi mekanisme promo bunga cicilan 0%. Dimengerti penjelasan bahwa tidak ada bunga yang dibebankan apabila pembayaran dilakukan sebelum jatuh tempo dalam promo tersebut.

    Bukankah seluruh tagihan (baik itu promo 0% atau tidak) tidak akan dikenakan bunga apapun apabila pembayarannya dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo yang tertera pada kartu kredit? Lantas apa bedanya, promo bunga cicilan 0% dengan pembayaran kartu kredit normal yang dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo, tetap tanpa bunga kan? duh pusing, coba aku describe dengan sampel aja ya, mohon masukannya:

    1. Kartu kredit digunakan untuk pembayaran tiket online, tagihan dilunasi sebelum tanggal jatuh tempo, bunga 0% dengan catatan dibayar full sebelum tanggal jatuh tempo -> clear
    2. Kartu kredit digunakan untuk membeli Handphone dengan promo cicilan 0% selama 12 bulan.
    – pembayaran cicilan pertama, sebelum jatuh tempo -> bunga 0%
    – pembayaran cicilan dibulan kedua -> masih bunga 0% atau bank menghitung sisa tagihan kita yang masih 11 bulan dan dikenakan bunga reguler kartu kredit?

    Mohon pencerahannya agar tidak salah dalam menggunakan kartu kredit, terima kasih.

  4. #13291
    Andika Bayu Pratama
    Andika Bayu Pratama Guest

    Reply To: Cara Menggunakan Kartu Kredit

    Dear Dedy,

    untuk contoh kasus pembelian handphone dengan cicilan 0 % selama 12 bulan maka cicilan per bulan nya akan tetap, tidak ada tambahan bunga apapun dengan catatan dibayar sebelum tanggal jatuh tempo. jika lewat dari jatuh tempo, baik itu transaksi biasa maupun transaksi cicilan 0 % maka akan dikenakan bunga retail sesuai ketentuan dari bank.

Viewing topics 1 - 4 of 4 total

Reply To: Cara Menggunakan Kartu Kredit

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

64 + = 74