Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Hal yang Dihindari dalam Membayar KTA

  1. #8531
    hanna
    Hanna Member
    Reply

    Hal yang Dihindari dalam Membayar KTA

    Saat akan membayar kredit tanpa agunan, sebaiknya hindari hal-hal berikut:

    a. Ambil Kredit Lain. Sebaiknya Anda tidak mengambil kredit untuk menutupi pinjaman. Hampir semua pinjaman jangka pendek, di antaranya pinjaman pribadi, memiliki perhitungan bunga flat yang jumlah bunga tiap bulannya tetap. Sementara, pinjaman jangka panjang menggunakan sistem bunga efektif, atau artinya jumlah bunga yang dibayarkan semakin lama semakin kecil. Jika Anda mengambil kredit jangka panjang untuk menutup kredit jangka pendek, hal ini sama saja dengan membayar bunga lebih banyak (bunga dari kredit jangka panjang) untuk menutup pinjaman pribadi yang sebenarnya bisa dilunasi kapan saja dan tidak perlu terburu-buru karena besarnya bunga adalah tetap.

    b. Pakai Kartu Kredit. Biasanya perhitungan bunga kartu kredit berdasarkan harian dan bulan. Kalau dana tidak mencukupi untuk membayar tagihan selama 1 bulan, hal ini akan berakibat Anda bisa dikenakan bunga harian dan bulanan pada bulan berikutnya dari sisa tagihan kartu kredit. Hal itu malah akan menambah beban tagihan kartu kredit Anda.

    c. Jual Aset Investasi. Jika memiliki pinjaman pribadi dan investasi dalam waktu bersamaan, maka satu hal yang tidak disarankan adalah Anda berusaha melunasi pinjaman pribadi dengan menjual aset investasi yang Anda miliki. Kenapa? Karena investasi dirancang jangka panjang. Sedangkan pinjaman pribadi bersifat jangka pendek. Sehingga, nilai timbal balik investasi Anda akan lebih kecil dibandingkan dengan bunga dari pinjaman pribadi Anda tersebut.

    d. Sistem Top Up. Misal, Anda mengambil pinjaman kredit setahun lalu dengan bunga 7% flat per tahun. Sedangkan tahun ini, bunga pinjaman sudah turun dan menjadi 6% per tahun. Mungkin, hal ini membuat Anda tergiur untuk memanfaatkan fasilitas top up yang ditawarkan oleh pihak bank pemberi pinjaman. Pengertian top up pinjaman adalah pinjaman baru yang diberikan kepada pemilik pinjaman pribadi yang mempunyai riwayat pembayaran baik, dengan cara menutup pinjaman sebelumnya. Kemudian, sisa dari nominal pinjaman baru akan diberikan kepada peminjam dengan perhitungan bunga dan jangka waktu kredit yang berlaku saat pengajuan pinjaman baru tersebut. Ingat, tujuan Anda adalah adalah melunasi pinjaman dan bukan membuka pinjaman baru.

    e. Lunasi Pinjaman Terlalu Cepat. Karena kredit tanpa agunan biasanya menggunakan sistem bunga flat, jika Anda melunasi pinjaman terlalu cepat (kurang dari sepertiga jangka waktu kredit), ada beberapa kerugian yang harus Anda pertimbangkan, yaitu biaya pinalti dan biaya administrasi.

  2. #17281
    Andika
    Andika Guest

    Reply To: Hal yang Dihindari dalam Membayar KTA

    gimana caranya cari kta dengan bunga terbaik?

  3. #17681
    debby
    Debby Guest

    Reply To: Hal yang Dihindari dalam Membayar KTA

    dibandingin aja mas produk-produk KTA dari bank-bank, nanti dapet tuh bunga terbaik buat KTA. sekarang gampang lho cara bandinginnya. gak perlu capek ke bank lagi, tinggal klik ini: https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan
    masukkin jumlah pinjaman sama jangka waktunya, nanti muncul tuh produk-produk KTA yang pas sama kebutuhan kita.

  4. #25101
    fara
    Fara Guest

    Reply To: Hal yang Dihindari dalam Membayar KTA

    Hi , saya mau renovasi rumah tapi masih berjalan KPR dari Bank CIMB NIAGA. Apakah Bisa saya mengajukan KTA untuk renovasi rumah saya?

Viewing topics 1 - 4 of 4 total

Reply To: Hal yang Dihindari dalam Membayar KTA

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

39 − 30 =