Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Hal Yang Diperhatikan Sebelum Berinvestasi

  1. #8491
    hanna
    Hanna Member
    Reply

    Hal Yang Diperhatikan Sebelum Berinvestasi

    Berikut hal yang bisa menjadi pertimbangan perihal mengelola keuangan buat investasi.

    • Pengendalian Diri. Kendalikan pengeluaran Anda. Jika sudah memiliki kartu kredit, Anda pun harus bisa mengendalikan transaksi menggunakan kartu kredit. Untuk mengendalikan yang satu itu perlu adanya ekstra kontrol yang kuat. Sebaiknya jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit sehingga pengeluaran bulanan dapat direm dan sebagian pendapatan bisa diinvestasikan.

    • Telusuri Uang Anda. Kelola gaji bulanan Anda dengan baik dan terencana. Buatlah budget setiap gaji yang diterima dan daftar pengeluaran. Jangan lupa menyisihkan sebagian dana Anda untuk diinvestasikan agar pendapatan Anda tersalurkan dengan baik dan terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu. Di sini kedisiplinan dan pengendalian diri Anda dituntut.

    • Jaga Kesehatan. Dengan gaya hidup yang sehat dan teratur, Anda akan bisa meminimalisir biaya berobat. Tapi, bila gaji Anda mengalami peningkatan, Anda boleh menggunakan produk asuransi kesehatan.

    • Jaga Pendapatan. Agar bisa menikmati pendapatan dari hasil jerih payah sendiri, Anda harus menjaganya agar tidak menghilang begitu saja. Langkah yang tepat adalah menyisihkan pendapatan untuk ditabung. Sebelum berinvestasi, sebaiknya Anda mencari tahu karakteristik masing-masing produk investasi. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

    • Evaluasi. Anda perlu melakukan evaluasi agar target yang Anda lakukan bisa tercapai. Misalnya, untuk jenis investasi, awalnya Anda berharap return 30% per tahun, namun ternyata investasi yang Anda lakukan malah rugi. Sehingga Anda bisa berpikir untuk memindah investasi yang sedang Anda lakukan itu. Evaluasi ini tentu tak hanya soal return yang didapat, tapi juga soal kedisiplinan Anda dalam menjalankan investasi. Misalkan, Anda sering tidak investasi sesuai jadwal, berarti itu menjadi catatan tersendiri bagi pengalaman investasi Anda.

Viewing topic 1 of 1 total

Reply To: Hal Yang Diperhatikan Sebelum Berinvestasi

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

55 − 52 =