Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Hutang Kartu Kredit

  1. #23581
    Mimi Hitam
    Mimi Hitam Guest
    Reply

    Hutang Kartu Kredit

    Maaf saya ripos dari thread sebelumnya.

    Bisakah bertanya tentang kartu kredit disini?

    Saya punya 4 kartu kredit dengan limit total 40 juta.
    Saat ini penggunaan semuanya mencapai limit dan saya cuma bisa bayar minimum payment.

    Apakah ada solusi untuk ini?
    Bisa gak saya ke bank lalu minta fix-rate atau saya harus ambil kredit lain untuk bantu menutup semua kartu tsb?

    Mohon pencerahannya

  2. #24451
    Hulahop123
    Hulahop123 Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Bisa aja dong tanya di sini.

    Aduh kasian banget sist udah sampe limit semua. Solusinya sih yang mudah dibayar aja, jangan sampe ada yang mogok bayar tagihan kartunya nanti takut masuk daftar blacklist BI. Kalo minta kartu kredit bank lain, kemungkinan bisa ditolak tuh kalo udah kebanyakan kartu dan incomenya kira-kira udah ga sanggup lagi kalo nambah limit atau kartu baru. Untuk nutupin hutangnya mungkin bisa ngutang ke tetangga dulu kalo ada yang baik, ahaha.

  3. #24471
    zulkarnaen harahap
    Zulkarnaen harahap Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Untuk masalah hutang kartu kredit, sebenarnya apakah bank dan debt collector mempunyai kuasa untuk menagih selain yang terhutang kartu kredit contohnya keluarga atau istri?
    dan jika yang terhutang meninggal apakah wajib melunasi jika tagihannya masih ada?

  4. #25021
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Dear Mimi Hitam,

    Untuk hal tersebut, baiknya anda langsung konsultasi ke bank tempat kartu kredit anda diterbitkan,
    kemungkinan untuk mengubah total tagihan menjadi cicilan tetap bisa saja memungkinkan.
    tetapi jika anda mengajukan pinjaman baru untuk menutupi hutang kartu kredit, kemungkinannya sangat kecil untuk disetujui, mengingat histori anda saat ini.

    Dear Pak Zulkarnaen Harahap,
    Jika pemegang kartu kredit masih hidup maka tidak dibenarkan Bank atau Debt Collector menagih selain dari yang bersangkutan.

    Jika ybs meninggal dunia maka menurut hukum hutang tersebut harus dibayarkan oleh ahli waris, sebagaimana halnya ahli waris mendapatkan harta warisan, maka kewajiban membayar hutang tetap melekat.

    tapi jangan khawatir untuk tagihan kartu kredit saat ini sudah dilengkapi oleh credit shield yang sangat murah preminya, dengan credit shield ini pemegang kartu akan dilindungi jika mengalami musibah meninggal dunia.
    jangan lupa untuk ikut dalam program ini ya.
    disesuaikan dengan total tagihan yang muncul.

  5. #25111
    fara
    Fara Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Halo

    Saya mau tutup kartu kredit saya tapi kok dipersulit oleh Bank nya ya, gimana cara untuk bisa tutup kartu kredit? karena saya gak sanggup untuk membayar bunganya.

  6. #25301
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Halo Mbak Fara,

    Sebelum menutup kartu kredit, mbak Fara harus menyelesaikan kewajiban (hutang-red) jika terdapat pemakaian pada kartu kredit, jika masih terdapat kewajiban maka mbak Fara tidak dapat menutup kartu kredit.

    Untuk penutupan kartu kredit sendiri tidak terlalu sulit,
    jika tidak mememiliki waktu untuk pergi ke kantor cabang, penutupan kartu dapat dilakukan via Call Centre,
    setelah dilakukan penutupan maka pihak Bank akan mengirimkan surat tertulis yang menyatakan bahwa kartu telah ditutup.

    Berikut informasi yang sangat membantu perihal credit card debt atau hutang kartu kredit

  7. #39461
    Effendy
    Effendy Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Saya memiliki beberapa kartu kredit, dimana salah satunya tanggal cetaknya adalah tgl. 5 tiap bulannya. Seringkali saya lupa nominal maupun tempat dimana saya bertransaksi. Permasalahannya salah satu kartu kredit saya yg tgl cetak 5 Nopember kemarin tertagih 10 juta dgn tgl jatuh tempo 20 Nopember telah saya bayar lunas, lalu pada tgl cetak 5 Desember ada tagihan sebesar 3 juta yg mana pemakaian tsb ada di tgl. 10 OKTOBER, lalu saya telpon ke call centre dan menanyakan kenapa pemakaian 3 juta tsb baru tertagih sekarang? Kan seharusnya 14 hari kerja dari tgl pemakaian kan harusnya sudah tertagih? Artinya kan harus masuk ditagihan bulan kemarin dgn tgl cetak 5 Nopember? Alasan petugas call centre bahwa merchant baru memasukkan tagihan pada tgl 9 Nopember (artinya 1 bulan setelah pemakaian). Apakah bisa dan dibenarkan kejadian seperti itu? Mohon tanggapannya dan petunjuknya…terimakasih

  8. #43171
    fahmi
    Fahmi Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Saya memiliki permasalahan dengan CC Bank Mega saya ingin menyelesaikan seluruh tagihan saya dengan cara dicicil apakah ini akan mempengaruhi kredibilitas saya di BI karena kredit saya di berbagai bank lancar hanya karena penghasilan berkurang maka tagihan CC yang di Bank Mega tidak terbayar bagaimana solusinya pak? atas perhatian nya saya ucapkan terima kasih

  9. #43372
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Dear Bapak Effendy,

    Dikartu kredit harus diingat ada 2 tanggal penting pada billing tagihan.
    1. Tanggal cetak tagihan.
    2. Tanggal jatuh tempo pembayaran.

    Untuk kasusnya bpk, jika disebutkan tanggal cetak setiap tanggal 5, maka seluruh transaksi yang terjadi dari tanggal 6 bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 5 bulan ini harus dibayar sebelum tanggal jatuh tempo bulan ini yakni setiap tanggal 20.

    Untuk transaksi yang terjadi tanggal 6 bulan ini sampai tanggal 5 bulan berikutnya akan ditagihkan tanggal 20 bulan berikutnya. kurang lebih seperti itu mekanismenya dari tagihan kartu kredit.

    Jika terjadi kesalahan mungkin harus ditanyakan pada bank ybs. seharusnya tidak terjadi hal seperti ini.

  10. #43381
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Dear Bpk Fahmi,

    untuk pembayaran tagihan kartu kredit dicicil dengan cara pembayaran minimum memang diperbolehkan,
    tetapi sangat tidak disarankan. karena beban bunga yang ditagihkan dengan minimum pembayarannya tidak akan nutup.
    jika ada uang lebih maka bayarlah tagihan kartu kredit dengan nominal yang lebih banyak.

    Untuk histori kredit di BI sendiri tidak akan jelek.
    selama Bpk Fahmi melakukan pembayaran walaupun pembayaran dengan jumlah minimum,
    maka status kolektibilitas Bpk Fahmi di BI akan tetap 1 (status lancar).

    saran saya, kurangi penggunaan kartu kredit lain, dan mulai lakukan pembayaran kartu kredit Mega nya dengan nominal yang lebih besar agar cepat selesai.

  11. #44181
    wawan
    Wawan Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    selamat siang…
    disini ada 1 hal yg ingin sya tnyakan mslah krtu kredit dg pembaran minimum.
    tagihan di cc saya saat ini 10jt dan pmyran minimum nya 1jt… dan itu sudah brjlan 4bln sya lakukan pembyarn minimum. dn yg ada di tagihan yg datang selisih potongan yg saya byarkan tidak sesuai dg sisa tagihan, dan sisnya tagihnny masih 9,5jt. smntara saya sudah membyar 4kali 1jt.

    mohon penjelasannya mengenai bunga yg dilakukan pembayaran minium di krtu kredit..

    trimakasih

  12. #44341
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Dear Bpk Wawan,

    Rumus perhitungan bunga = (selisih hari x suku bunga (%) x nominal transaksi x 12) / 365

    sedangkan selisih hari = (tanggal cetak tagihan – tanggal transaksi) + 1 hari.

    Untuk pembayaran minimum untuk kartu kredit sendiri tidak disarankan karena beban bunga yang dikenakan kepada nasabah tidak akan nutup oleh pembayaran minimum tersebut. segera lunasi kartu kredit anda agar anda tidak terbebani dengan bunga yang tinggi.

  13. #82541
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Dear Ononiha,

    1. seharusnya secara sistem ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit melebihi daripada limit yang dimiliki maka akan di declined. overlimit terjadi jika ternyata terdapat sisa transaksi sebelumnya yang berbunga sehingga menyebabkan overlimit.

    2. jika ternyata setelah transaksi tersebut langsung dilunasi maka seharusnya tidak ada masalah lagi. data histori kredit anda pasti akan dilaporkan ke BI karena itu merupakan kewajiban yang harus dijalani oleh setiap bank penerbit kartu kredit.

    3. setiap bank wajib melaporkan histori pinjaman seluruh nasabah yang memiliki fasilitas pinjaman seperti kta, kk, kpr, dan kkb atau multiguna ke Bank Indonesia. selama kolektabilitas kita lancar seharusnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

    demikian semoga membantu

  14. #82621
    aimee
    Aimee Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    Halo~

    Kalo misalnya mau buat cicilan kartu kredit jadi cicilan tetap setiap bulan tapi masih ada cicilan lain apakah bisa? Terima kasih

  15. #82671
    ononiha
    Ononiha Guest

    Reply To: Hutang Kartu Kredit

    terima kasih atas sarannya gan,,tapi saya melakukan transaksi di bulan maret 2015 segala bentuk
    tagihan saya dah bayar smua,,toh klw emang kolektabilitas saya Lancar,,Knapa tiba2
    waktu bulan Juni 2015 ,saya mengajukan aplly kartu kredit dari bank cimb niaga,aplikasinya ditolak karena
    Alasan Bi cheking over limit,ampiuuuuunnnn dech….

Viewing topics 1 - 15 of 15 total

Reply To: Hutang Kartu Kredit

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

71 + = 81