Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Info untuk Apply Asuransi Mudik

  1. #72051
    Drs Sutjipto
    Drs Sutjipto Guest
    Reply

    Info untuk Apply Asuransi Mudik

    Selamat pagi,

    Saya ingin bertanya tentang asuransi mudik, perusahaan mana yang menawarkan asuransi seperti ini ? dan bagaimana proses pengajuannya serta apa saja syaratnya ?

    makasih

  2. #74751
    Dedy – CekAja Contributor
    Dedy – CekAja Contributor Guest

    Reply To: Info untuk Apply Asuransi Mudik

    Dear Pak Sutjipto,

    Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan melalui forum CekAja.com :)

    Untuk melindungi diri dari berbagai resiko selama mudik, sebenarnya banyak produk asuransi yang bisa digunakan dan cukup bermanfaat bagi kita, saya akan coba bantu list beberapa resiko yang sekiranya sering kita temukan pada saat mudik.

    1) Resiko terhadap rumah yang ditinggal mudik
    Bapak pasti sering mendengar berita bahwa banyak tangan-tangan tidak bertanggung jawab menyatroni rumah-rumah kosong tak berpenghuni yang ditinggal mudik oleh pemiliknya. Pencuri beraksi dengan memanfaatkan situasi lingkungan yang sepi dan komplek perumahan yang tidak terlalu ketat penjagaannya.

    Resiko ini apabila terjadi pada rumah kita tentunya akan sangat tidak menyenangkan, apabila resiko ini yang hendak bapak hindari, membeli asuransi untuk rumah tinggal bisa menjadi solusi, harap pastikan kepada agen/perantara/perusahaan asuransi bahwa polis yang anda beli menjamin resiko pencurian/pembongkaran.

    2) Resiko terhadap keselamatan diri selama dalam perjalanan
    Dalam setiap periode mudik, banyak informasi yang kita dengar selalu saja ada korban meninggal ataupun cacat tetap dan luka luka yang berjatuhan akibat kecelakaan lalu lintas, banyak faktor yang menimbulkan terjadinya resiko ini, seperti;
    a. Pengemudi tidak berkonsentrasi akibat kelelahan/kurang istirahat
    b. Jarak tempuh yang terlalu panjang sehingga performa kendaraan atau bahkan pengemudi menurun
    c. Kondisi lalu lintas yang padat/ramai
    Untuk kategori resiko tersebut, produk asuransi kecelakaan diri merupakan produk sederhanya yang bisa didapatkan dengan mudah oleh nasabah, saat ini bahkan banyak perusahaan asuransi sudah menjual produk ini dalam bentuk voucher, sehingga nasabah tinggal membeli kartu, gesek kode aktifasi dan sms untuk mengaktifkan perlindungan asuransi kecelakaan diri.

    Benefit yang dijamin? adalah santunan kematian/meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan apabila nasabah mengalami cacat tetap/permanen akibat kecelakaan serta beberapa diantara perusahaan asuransi menjamin pula santunan biaya pengobatan apabila ada tindakan medis yang dilakukan untuk mengobati luka/trauma akibat kecelakaan.

    3) Resiko terhadap kerusakan/pencurian atas kendaraan yang digunakan selama mudik
    Resiko jenis ini menurut hemat saya sudah sangat awam dikenal, dengan volume kendaraan yang tinggi pada saat arus mudik tentunya akan berkorelasi dengan meningkatnya resiko kecelakaan, besar ataupun kecil, pada kendaraan yang kita kemudikan.

    Siapa yang akan suka, sedang terburu-buru waktu, tiba tiba ditengah perjalanan (amit-amit) diserempet oleh kendaraan lain dan mengakibatkan kerusakan pada kendaraan yang “mengganggu” waktu dan kenyamanan mudik kita.

    Untuk jenis resiko ini, pastikan bahwa mudik Bapak, apabila menggunakan kendaraan pribadi dilindungi oleh asuransi kendaraan, apabila Bapak sudah memiliki polis asuransi yang masih aktif, mohon pastikan bahwa jaminan TJH-“Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga” dijamin oleh polis asuransi Bapak, karena jaminan TJH ini amat sangat penting untuk dipastikan tersedia selama perjalanan mudik.

    4) Resiko terhadap gangguan atas kenyamanan perjalanan
    Apabila mudik dilakukan dengan menumpang angkutan umum, baik itu angkutan darat, kereta, laut ataupun udara, ada juga resiko yang cukup menyebalkan yang saya yakin kita semua tidak akan nyaman dengan resiko-resiko yang terjadi selama perjalanan, misalkan; penerbangan tertunda hingga ber-jam jam, pihak pengangkut membatalkan perjalanan secara sepihak, barang bagasi hilang atau rusak selama perjalanan, bahkan hingga (maaf) kecelakaan alat angkut yang mengakibatkan kita sebagai penumpang harus menjalani perawatan di rumah sakit.

    Produk asuransi perjalanan akan sangat cocok sekali apabila resiko tersebut di atas yang menjadi kekhawatiran kita, asuransi perjalanan memiliki jenis jaminan/perlindungan yang boleh saya katakan lengkap dengan premi yang relatif sangat murah, karena durasi polis singkat sesuai periode libur mudik kita.

    =====

    Namun, apapun perlindungannya, be a save traveller tetap lebih penting, upayakan agar pada saat mudik kita lebih mengutamakan menggunakan jasa angkutan umum dibandingkan angkutan pribadi, untuk menghindari resiko resiko yang tidak kita inginkan.

    Apabila pilihan hanya tertuju pada angkutan pribadi, pastikan kondisi kendaraan dan terutama kondisi fisik pengemudi prima, istirahat yang cukup, patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan tidak membawa beban bagasi yang berlebihan.

    Semoga membantu ya Pak,

    Terima kasih,

  3. #79931
    hanna
    Hanna Member

    Reply To: Info untuk Apply Asuransi Mudik

    Dear user CekAja,

    kini perjalanan mudik Anda akan semakin nyaman dan aman karena perlindungan yang tepat dan ‘ramah kantong’. Premi mulai dari Rp 10.000, ajukan segera asuransi mudik di sini >> https://www.cekaja.com/tokio-marine-liburan-aman

    Selamat mudik Lebaran.

  4. #80381
    Pokoyo
    Pokoyo Guest

    Reply To: Info untuk Apply Asuransi Mudik

    Apa aja yang bisa didapat perlindungannya?

Viewing topics 1 - 4 of 4 total

Reply To: Info untuk Apply Asuransi Mudik

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

84 + = 85