Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Kelebihan Asuransi Kesehatan AXA, Cigna, Allianz, BNI Life, Prudential

  1. #46581
    Wulan
    Wulan Guest
    Reply

    Kelebihan Asuransi Kesehatan AXA, Cigna, Allianz, BNI Life, Prudential

    Dear forum cekaja,
    Panggil saja saya Bu Wulan seorang ibu 3 orang anak, seperti yang kita tahu di Indonesia ada banyak sekali nama asuransi kesehatan, pernah saya buat list daftar-daftar nama perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia ternyata sangat banyak memanjang ke bawah, ckkckck, sehingga terkadang saya harus meminta jawaban kesiapa ? karena masing-masing asuransi menawarkan kelebihannya masing-masing, tidak ada satupun yang menjelaskan kepada saya kekurangannya. Nah semoga di forum cekaja ini bisa memberikan penjelasan atau gambaran singkat kelebihan dari beberapa asuransi yang saya sebutkan di atas yaitu :

    1. Asuransi kesehatan AXA
    2. Asuransi kesehatan AIA
    3. Cigna
    4. Allianz
    5. BNI Life
    6. Prudential
    7. Manulife

    Terimakasih,

  2. #46691
    dedy kurniadi
    Dedy kurniadi Guest

    Reply To: Kelebihan Asuransi Kesehatan AXA, Cigna, Allianz, BNI Life, Prudential

    Dear Ibu Wulan,

    Terima kasih atas pertanyaannya yang diajukan melalui forum ini. Memang benar, banyak sekali jumlah perusahaan asuransi yang menawarkan kelebihan produk-produk asuransi mereka. Dari data yang di release Otoritas Jasa Keuangan, per tahun 2013 lalu tercatat ada 50 perusahaan asuransi jiwa di Indonesia, belum lagi ditambah 85 perusahaan asuransi kerugian (umum) yang banyak diantaranya juga menjual produk asuransi kesehatan.

    Sebagai (calon) nasabah asuransi, mendapatkan banyak penawaran dari berbagai perusahaan asuransi melalui beragam channel, katakanlah via agen, tele marketing, sms, email blast, iklan, internet, dll tentunya akan membuat kita cukup bingung pastinya :)

    Beruntungnya, saat ini kita sudah memasuki era keterbukaan informasi, dimana hampir seluruh informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media internet. Mungkin, tidak dalam kapasitas kami menjelaskan kelebihan atau kekurangan dari tiap tiap perusahaan asuransi yang Ibu sebutkan di atas. Ada beberapa tips dari kami yang mungkin bisa membantu Ibu untuk bisa menentukan pilihan kepada produk dan perusahaan asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan:

    1. Pastikan Ibu mengetahui jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan dan memang membutuhkan asuransi dengan jenis tersebut. Ada dua jenis asuransi kesehatan: Cash plan (santunan) dan hospital plan.

    Hospital plan, adalah bentuk produk asuransi kesehatan dalam bentuk plafon/limit tahunan, dan memberikan jaminan biaya Rumah Sakit yang dihitung per tindakan medis yang diambil. Misalkan ada jatah untuk kamar sebesar Rp 750.000 per hari, jatah untuk pembedahan Rp 50.000.000, ICU Rp 2.000.000 per hari, dan sebagainya. Pembayaran klaim hospital plan biasanya menggunakan metode Cashless Swipe & Cashless Show (lihat pointer 3)

    Cash Plan, adalah bentuk produk yang memberikan Anda santunan harian dengan jumlah tetap, tanpa melihat tindakan medis yang diambil. Misalkan dalam polis disebutkan Ibu mendapatkan santunan Rp 1.000.000 perhari, ketika Anda melakukan rawat inap dalam 7 hari, maka santunan maksimal yang akan didapat adalah sebesar Rp. 7.000.000 biasanya menggunakan metode Cashless Swipe, Cashless Show & Reimbursement. Cash plan biasanya dibeli sebagai asuransi kesehatan pelengkap Hospital Plan, karena relatif lebih murah dan secara umum bisa digunakan untuk double cover dengan asuransi utama (bila ada)

    2. Pastikan metode klaim yang digunakan serta tanyakanlah atau minta daftar rumah sakit rekanan asuransi

    Cashless Swipe, Adalah metode yang paling simpel dan user friendly, hal ini karena Ibu cukup menggesek kartu ke mesin EDC yang tersedia dirumah sakit, dan membayar / tidak membayar sama sekali kekurangan dari plafon benefit yang Anda miliki. Fungsinya hampir mirip seperti kartu debit.

    Cashless Show, Adalah metode dimana Ibu harus menunjukkan kartu ke petugas rumah sakit, dan petugas akan menelfon provider kesehatan untuk menanyakan status plafon benefit asuransi kesehatan Ibu. Sedikit proses administratif diperlukan, dan ketika pulang dari rawat inap, petugas Rumah Sakit harus bertukar informasi berapa biaya yang Anda habiskan, dan berapa kekurangannya, sebelum Anda diperbolehkan untuk pulang. BPJS kesehatan merupakan salah satu produk asuransi kesehatan yang menggunakan metode klaim ini.

    Reimbursement, adalah metode dimana Ibu harus membayar dahulu seluruh biaya Rumah Sakit, untuk kemudian kuitansi Rumah Sakit tersebut harus dikirimkan ke perusahaan Asuransi untuk diganti biaya pengobatannya. Proses tersebut memakan waktu kurang lebih 14 hari kerja, dan posisinya akan sulit bila Anda tidak memiliki perencanaan Dana Darurat atau cadangan kartu kredit dengan limit yang mencukupi.

    3. Perhatikan baik-baik kondisi khusus dan pengecualian yang diberlakukan atas polis asuransi kesehatan yang (akan) dibeli, ada 3 hal yang perting diperhatikan dalam hal ini:

    Penyakit khusus, adalah penyakit-penyakit yang biasanya tidak akan dijamin oleh perusahaan asuransi selama kurun waktu tertentu, sebagian besar menetapkan selama 1 tahun, penyakit yang tergolong ke dalam kategori ini antara lain; Batu ginjal, jantung, hematologi, dll. Setelah melewati masa 1 tahun tersebut barulah penyakit2 khusus tersebut dijamin oleh asuransi

    Penyakit yang dikecualikan, adalah penyakit-penyakit yang biasanya tidak akan dijamin selama periode polis, misalnya : HIV/AIDS, penyakit dikarenakan ketergantungan narkoba, dll

    Penyakit yang pernah diderita sebelumnya (pre-existing), biasanya dikecualikan selama periode polis atau dikecualikan selama periode tertentu (ada masa tunggu), biasanya 1 tahun, harap dipastikan kondisi pre-existing ini dalam polis asuransi kesehatan Ibu.

    Semoga membantu ya bu, apabila ada hal khusus yang ingin ditanyakan, bisa diajukan melalui forum ini atau email ke : insurance@cekaja.com

    Atau bisa juga dengan mencoba membandingkan dan memilih produk produk asuransi kesehatan di sini.

  3. #73771
    Budiman
    Budiman Guest

    Reply To: Kelebihan Asuransi Kesehatan AXA, Cigna, Allianz, BNI Life, Prudential

    Terimakasih pak Dedy tips nya sangat bermanfaat bagi saya ..

  4. #81671
    deni setiadi
    Deni setiadi Guest

    Reply To: Kelebihan Asuransi Kesehatan AXA, Cigna, Allianz, BNI Life, Prudential

    min, kok customer cekaja ga ada yg respon sih?

  5. #82391
    Virna
    Virna Guest

    Reply To: Kelebihan Asuransi Kesehatan AXA, Cigna, Allianz, BNI Life, Prudential

    Saya mau jadi agen asuransi kesehatan axa bisa tidak? Syaratnya apa yang harus dipersiapkan. Mohon berikan detail informasinya

Viewing topics 1 - 5 of 5 total

Reply To: Kelebihan Asuransi Kesehatan AXA, Cigna, Allianz, BNI Life, Prudential

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

+ 56 = 59