Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Keuntungan Membuka Deposito Syariah

  1. #44001
    Ana Herawati
    Ana Herawati Guest
    Reply

    Keuntungan Membuka Deposito Syariah

    Assalamu’alaikum, saya ingin bertanya tentang deposito syariah, karena saya muslim dan ingin mendapat penjelasan apa keuntungan membuka deposito syariah ? dan bagaimana sistim bagi hasilnya ?

    Terimakasih,

  2. #44011

    Reply To: Keuntungan Membuka Deposito Syariah

    Walaikumsallam Wr Wb,
    Dear Ana Herawati, saya coba menjawab. Namun sebelumnya akan saya beri gambaran pengertian deposito.

    Deposito adalah salah satu jenis tabungan atau investasi yang ditawarkan oleh bank kepada masyarakat. Suku bunga yang dimiliki lebih besar dari tabungan biasa. Deposito semakin menarik dengan adanya ketentuan bahwa uang boleh ditarik dalam jangka waktu tertentu. Investasi ini memiliki risiko yang kecil meskipun masih terpengaruh dengan pergerakan suku bunga. Namun anda tidak perlu khawatir karena nilai pokok tidak akan terpengaruh dengan pergerakan bunga tersebut. Karena fluktuasi bunga hanya berpengaruh pada pendapatan bunga yang diterima, bukan pada nilai uang pokok yang telah diinvestasikan.

    Perencanaan keuangan melalui deposito

    Deposito dapat menjadi pilihan berinvestasi jangka pendek maupun jangka panjang. Hanya saja perlu diingat untuk mengambil jangka waktu dari deposito anda. Uang yang telah diinvestasikan dapat diambil setelah jatuh tempo. Meskipun anda tetap bisa mengambilnya jika benar-benar membutuhkan dengan catatan penalty berupa bunga yang tidak dibayarkan sebulan ke depan. Dalam deposito berjangka anda dapat memilih tenggat waktu selama 1, 3, 6, atau 12 bulan tergantung pada kebutuhan anda. Disarankan apabila membuka deposito tanpa tujuan apapun, lebih baik ambil jangka waktu terpendek. Supaya jika sewaktu-waktu anda membutuhkan dana dapat mengambilnya.

    Sistem bagi hasil di bank syariah

    Bank syariah tidak hanya membuka fasilitas tabungan dan pinjaman berprinsip syariah, namun juga untuk deposito. Umumnya masyarakat lebih nyaman membuka deposito di sini karena aman dan tenang dengan adanya prinsip syariah berupa bagi hasil. Terasa sekali prinsip keadilan diberikan karena nasabah akan menerima hasil yang lebih besar daripada bank. Dalam prinsip syariah, nasabah diposisikan sebagai shahibul mal atau pemilik dana dan pihak bank sebagai mudharib atau pengelola dana.

    Apabila anda tertarik untuk membuka deposito syariah, maka anda telah mempunyai pilihan tepat. Nah di bawah ini beberapa keuntungan yang deposito syariah :

    Investasi dilakukan berdasarkan akad serta hukum syariah
    Pada prinsipnya, deposito yang anda miliki sangat dilindungi oleh prinsip syariah, di mana tidak ada riba di dalamnya

    Jangka waktu dapat disesuaikan kebutuhan
    Deposito dapat dijadikan semacam tabungan yang tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Oleh karenanya, deposito juga dapat digunakan sebagai tabungan perencanaan yang mana anda juga mendapatkan keuntungan dari sistem bagi hasil yang ditawarkan oleh pihak bank.

    Presentase nisbah sangat kompetitif
    Setiap bank memiliki presentase nisbah yang berbeda. Akan tetapi pada umumnya, semakin lama anda mengambil jangka waktu, maka presentase untuk nasabah semakin besar. Contohnya:
    • Jangka waktu satu bulan = 49:51
    • Jangka waktu tiga bulan = 51:49
    • Jangka waktu enam bulan = 53:47
    • Jangka waktu satu tahun = 55:45

    Artinya, digit di sebelah kiri menunjukkan peroleh nasabah dan kanan adalah perolehan bank. Misal, anda mengambil jangka waktu 6 bulan, maka anda memperoleh 53% dan bank memperoleh 47%.

    Di saat jatuh tempo, nisbah dapat diterima tunai maupun diinvestasikan kembali
    Ketika deposito anda jatuh tenggat waktunya, anda dapat memilih untuk mengambil dana tersebut atau menginvestasikan kembali. Umumnya, bank syariah memiliki layanan Automatic Roll Over atau perpanjangan langsung jika menginginkannya.

    Pemilihan deposito syariah tampaknya lebih aman dipilih karena prinsip syariah yang dibawanya. Selain itu, anda juga merasa tenang akan uang yang disimpan sangat terjamin oleh bank sebagai pengelola. Meskipun di sini bank berhak melakukan bermacam usaha atau mudharabah dengan pihak lain selama itu tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

    Apapun jenisnya, deposito aman dilakukan karena pemerintah pun menjamin dananya. Apabila sewaktu-waktu bank ditutup ataupun diambil alih, pemerintah bertanggung jawab dan memastikan uang anda dibayarkan sesuai jumlah yang disimpan. Tentunya jika pembukaan deposito telah memenuhi standar persyaratan dari pemerintah.

    perbandingan bank deposito syariah

    Jika anda tertarik untuk membuka deposito syariah, silahkan melakukan perbandingan dengan beberapa bank di Indonesia melalui halaman ini https://www.cekaja.com/deposito-syariah

    Untuk Indonesia lebih baik

Viewing topics 1 - 2 of 2 total

Reply To: Keuntungan Membuka Deposito Syariah

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

26 + = 36