Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Kurban pake utang, boleh gak?

  1. #90943
    Badrun
    Badrun Guest
    Reply

    Kurban pake utang, boleh gak?

    Kalo mau kurban tapi ngutang boleh gak sih?

  2. #91011
    Yudi
    Yudi Guest

    Reply To: Kurban pake utang, boleh gak?

    Gak tau juga ya, bukan ahli fiqih soalnya. BTW selamat hari raya Idul Adha yaa

  3. #91142
    SokToy
    SokToy Guest

    Reply To: Kurban pake utang, boleh gak?

    Nih gan, ogut coba jawab aja iseng-iseng bikin rangkuman bergaya artikel (ciyehhh…).
    Ogut bukan ahli agama, karena itu cuma bisa merangkum aja. JAwaban bener mah coba tanya Pak Ustadz atau Pak Kyai.

    Berkurban Tapi Pakai Utang, Boleh Gak Sih?

    Pertanyaan itu mungkin dimiliki setiap orang yang ingin membeli hewan kurban, tapi ternyata uang yang dimilikinya tidak cukup. Jadi, apakah membeli hewan kurban dengan berutang itu dilarang? Atau malah sebaliknya?
    Demi menjawab pertanyaan itu, saya mencoba mencari-cari sumber yang mungkin saja bisa dikutip atau dipakai jawabannya. Memakai mesin pencari di internet dengan memakai kata kunci “berqurban dengan berutang”, berbagai links yang mengarahkan jawaban ke berbagai situs yang menjawab pertanyaan ini muncul.

    Jawaban pertama yang muncul berasal dari situs zakat.or.id;
    Dalam satu pembahasan dalam situs ini, berjudul
    Hukum Berkurban dengan Berhutang, ditulis bahwa para ulama berpendapat tentang boleh saja berkurban dengan berutang. Pasalnya, dijelaskan bahwa tidak ada teks eksplisit yang melarang seseorang berkurban dengan cara berhutang. Sebab, yang terpenting dalam berkurban adalah binatang ternak terbebas dari cacat yang jelas serta waktu penyembelihan nantinya dilakukan setelah salat Idul Adha hingga hari tasriq.

    Jawaban kedua berasal dari situs voa-islam.com
    Dalam satu artikel yang termuat pada situs tersebut berjudul Bolehkah Berkurban dari Uang Pinjaman Hutang?, diterangkan bahwa meminjam uang (berutang) untuk membeli hewan kurban pada dasarnya tidak dianjurkan. Sebab, kegiatan (berutang) itu tidak termasuk yang memiliki kelapangan dan kedudukan utang yang jauh lebih penting.
    Menariknya, dalam artikel tersebut juga dijelaskan bahwa bagi orang yang memiliki jaminan untuk membayarnya seperti gaji tetap atau semisalnya, maka dibolehkan berkurban dan berkurban. Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki jaminan untuk membayarnya, maka tidak diperbolehkan berutang agar tidak membebankan dirinya dengan sesuatu yang tidak diwajibkan seperti kondisinya saat ini.

    Jawab ketiga berasal dari situs dakwatuna.com
    Dijelaskan dalam artikelnya berjudul “Mau Berqurban Tapi Pakai Utang, Bolehkah?”, sangat menarik ketika dibahas bila tidak ada larangan berkurban dari utang. Ditulis bahwa tidak ada larangan dalam nash, tentang melakukan amal shalih yang sifatnya maaliyah (harta) misalnya seperti berkurban, aqiqah, dan haji.

    Namun, dalam artikel di situs itu pun ditulis bahwa ada catatan tentnag ban utang piutang yang memang dibolehkan oleh syariat. Pertama, ketika berutang kita mesti dalam keadaan yakin mampu membayarnya. Kedua, utang tersebut tidak menambah beban utang lama yang masih banyak dan belum lunas. Karena ibadah kurban memang dianjurkan bagi mereka yang memiliki keadaan lapang rezeki dan mampu. Sebab, kebolehan berutang untuk berkurban di sini bukan berarti lebih utama. Sebab, yang utama adalah justru membayar utang dahulu, bukan menambah utang baru. Sebab, bayar utang hukumnya wajib.

    Nah, itulah rangkuman jawabannya. Walau kelewat, daging sapi dan daging kambingnya udah pada masuk ke WC, tapi mudah-mudahan bisa jadi ilmu untuk menjawabnya.

  4. #91167
    Pak Haji Pake Peci
    Pak Haji Pake Peci Guest

    Reply To: Kurban pake utang, boleh gak?

    Assalam Mualaikum Wr.Wb.

    Lengkap sekali jawaban mang SokToy ini.
    Mudah2an barokah.

    Amin.

  5. #91318
    Preman Kampung Sebelah
    Preman Kampung Sebelah Guest

    Reply To: Kurban pake utang, boleh gak?

    Biar preman, ane juga berkurban.
    Biar punya kendaraan di akhirat nanti.

Viewing topics 1 - 5 of 5 total

Reply To: Kurban pake utang, boleh gak?

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

+ 57 = 67