Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

  1. #8981
    Dedy Kurniadi
    Dedy Kurniadi Guest
    Reply

    OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

    Pada bulan Januari 2014 lalu, perusahaan asuransi kerugian di Indonesia dikejutkan dengan dikeluarkannya peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang pengaturan tariff premi asuransi harta benda dan kendaraan bermotor dalam Surat Edaran OJK nomor :SE-06/D.05/2013 tentang PENETAPAN TARIF PREMI PADA LINI USAHA ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR TAHUN 2014.

    Salah satu point dalam surat edaran tersebut adalah tidak diperbolehkan lagi adanya perang tariff yang tidak sehat antar perusahaan asuransi satu dengan lainnya dalam hal asuransi kendaraan dan harta benda (property). Asuransi diharuskan menjual produk asuransi dengan range (margin) tariff yang telah ditetapkan oleh OJK, tidak boleh menjual premi lebih murah dibandingkan batas bawah dan tidak boleh menjual premi lebih mahal dibandingkan ketentuan tariff batas atas.

    Implikasi dari diberlakukannya hal tersebut adalah adanya keseragaman tariff antar perusahaan asuransi, saat ini perusahaan asuransi terus berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan, fasilitas dan benefit yang mereka berikan kepada nasabah (tertanggung). Seharusnya, nasabah (tertanggung) diuntungkan dengan adanya ketentuan tariff baru dari OJK ini, namun sepertinya kenaikan premi atas penetapan tariff ini cukup tinggi bagi masyarakat, ada banyak resistensi yang muncul pada awal penetapan tariff, baik itu dikalangan nasabah (tertanggung), intermediary (agent, broker, bank/leasing) dan perusahaan asuransi itu sendiri.

    Anyway, let’s face it, we have to deal with it :)

    Dan terakhir, maaf ya nasabah (tertanggung) yang terhormat, kami tidak bisa lagi memberikan diskon dan potongan harga kepada kalian, karena saat ini peraturan OJK sudah melarang pemberian diskon langsung. Diskon hanya bisa diberikan oleh perusahaan asuransi dan hanya dapat diberikan pada tahun kedua polis asuransi dengan catatan tidak ada klaim yang dibukukan nasabah (tertanggung) pada periode sebelumnya.

    Dedy Kurniadi
    Praktisi Asuransi

  2. #10701
    JTO
    JTO Member

    Reply To: OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

    Baca artikelnya nih kalau mau bandingkan dengan peraturan yang lama; baca disini .

    Kalau hitung-hitungan perubahan premi asuransi, nanti dicari dulu :)

  3. #16111
    dee
    Dee Guest

    Reply To: OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

    Pak Dedi yth,

    ,mengenai masalah diskon, bahwa diskon sebesar 5% diberikan pada tahun ke2…Maksudnya tahun kedua itu apakah berlakunya tahun ke2 setelah peraturan baru OJK (2014)? atau Tahun ke2 setelah polis pertama diterbitkan.

    Kebetulan tahun lalu saya mengasuransikan rumah (berarti SEBELUM peraturan OJK) jika saya akan melanjutkan asuransi tsb tahun ini (thn ke2, tanpa klaim), apakah saya berhak mendapat diskon?

    terima kasih atas bantuannya

  4. #16421
    dedy kurniadi
    Dedy kurniadi Guest

    Reply To: OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

    Perihal diskon dalam tarif OJK pada asuransi property (rumah) adalah benar maksimum 5% yang diberikan pada tahhun kedua polis asuransi. Tahun kedua disini dimaksudkan adalah tahun kali kedua setelah diimplementasikannya tariff OJK yang baru atas aset/property/rumah yang diasuransikan.

    Artinya Bapak/Ibu tetap akan dikenakan tariff OJK normal tanpa adanya diskon pada perpanjangan asuransi tahun berikutnya dikarenakan tarif premi saat ini masih menggunakan tariff sebelum OJK atas aset yang bersangkutan, walaupun tidak ada klaim yang diajukan atas polis tersebut ke perusahaan asuransi.

    Khusus untuk asuransi kendaraan bermotor, ketentuan diskon sama dengan asuransi property (rumah) hanya saja, besaran maksimum diskon yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi adalah maksimum 10%.

    Semoga membantu.

  5. #19871
    Tono
    Tono Guest

    Reply To: OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

    Thanks gan infonya

  6. #19951
    Skywalker
    Skywalker Guest

    Reply To: OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

    Ada yang bisa bantu untuk asuransi mobil bekas lebih baik menggunakan All risk atau total loss y? berhubung kebutuhan budget untuk membeli mobil saat ini hanya untuk mobil bekas. terimakasih infonya

  7. #21931
    Said
    Said Guest

    Reply To: OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

    Tergantung kebutuhannya mas,

    kalau sayang ama mobilnya, ga mau lecet2 ya ambil yang all risk

    kalau cuma sayang kalau mobilnya ilang, ga peduli lecet2 (bisa nalangin sendiri) ya ambil yang total loss

  8. #21941
    hanna
    Hanna Guest

    Reply To: OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

    @skywalker: ada nih artikel di cekaja yg kasih info ttg asuransi all risk dan tlo http://info.cekaja.com/asuransi-mobil-all-risk-atau-tlo-mana-yang-lebih-baik/

Viewing topics 1 - 8 of 8 total

Reply To: OJK tariff pada asuransi kendaraan bermotor

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

+ 68 = 70