Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Pilih Investasi yang Tepat

  1. #8571
    hanna
    Hanna Member
    Reply

    Pilih Investasi yang Tepat

    Sebelum berinvestasi, sebaiknya cari tahu apa yang dibutuhkan. Apakah Anda butuh investasi jangka pendek atau jangka panjang. Kemudian, cari tahu apakah Anda butuh investasi likuid atau non-likuid, contoh properti. Lihat pula ekspektasi return. Semakin tinggi ekspektasi return, semakin tinggi risikonya. Kenali juga diri Anda, apakah berani mengambil risiko? Jika takut berisiko, sebaiknya jangan berinvestasi di saham yang naik turun drastis. Perhatikan pula cash flow, apa Anda perlu passive income tiap bulan atau tiap tahun. Kalau membutuhkan passive income tiap bulan, Anda bisa berinvestasi dalam penyewaan apartemen.

  2. #8901
    Anton
    Anton Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    Hmm.. menarik tentang investasi.. saya butuh saran nih, pengen invest tapi bener2 buta. Saya baru nikah dan punya anak tapi belum punya deposito, asuransi pendidikan, reksadana, atau apapun, cuma nabung2 aja di rekening biasa. Nah, bagusnya saya invest dalam bentuk apa yah? dan jumlah persentase berapa dari gaji yang saya invest? Mohon bantuan dari pakar2 investasi disini yah :))

    Thanks!!

  3. #10521
    debby
    Debby Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    tolong kasih contoh dong kalau saya mau investasi di bidang properti. caranya gimana? butuh modal berapaan ya? keuntungannya lama diperoleh kah? Terima kasih.

  4. #10661
    Andika Bayu Pratama
    Andika Bayu Pratama Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    @Anton

    sebelum memulai investasi maka ada baiknya menyiapkan dana darurat yang available setiap saat,
    sehingga jika sudah memulai investasi maka tidak akan mengganggu dana yang sudah dialokasikan untuk investasi.

    investasi apa yang sesuai untuk kita disesuaikan dengan profil risiko yang sanggup kita terima.
    untuk investasi jangka pendek maka bisa investasi dalam bentuk Deposito atau Reksadana Pasar Uang.
    untuk investasi jangka menengah bisa investasi dalam bentuk Obligasi, Reksadana pendapatan tetap atau Emas.
    Untuk investasi jangka panjang bisa investasi dalam bentuk Reksadana Saham.

    Berapa porsi untuk investasi tergantung dari kemampuan masing – masing,
    untuk idealnya adalah sekitar 20% s/d 30% dari total income.

  5. #19931
    Ceps
    Ceps Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    Ada banyak pilihan lho untuk investasi, tapi bener yang dibilang Hanna, bahwa perlu ditentukan dulu mau investasi jangka pendek atau jangka panjang.

    Untuk jangka pendek, ada pilihan investasi seperti transaksi forex, trading saham, atau lainnya yang margin-nya diperoleh saat harga asset tersebut naik atau turun saat kita jual.

    Sedangkan apabila Anda ingin jangka panjang, investasi ke produk properti atau tanah merupakan investasi yang baik, apalagi jika assetnya ada dikawasan yang strategis dan di kota besar.

    Atau jika ingin yang mudah dan tidak memerlukan banyak modal, investasi berupa logam mulia juga bagus lho. Dan jika pintar mengelolanya, return investasi dari logam mulia seperti emas juga tidak kalah dari return investasi di asset lain :)

  6. #20161
    mita
    Mita Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    cara invest emas gimana? beli di toko emas gitu? hehehe

  7. #20581
    skywalker
    Skywalker Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    Untuk Investasi emas dapat memantau langsung pergerakan harga emas/logammulia dari Antam, atau bisa membeli langsung di kantor penjualan Antam. hehehe.. saya tidak terlalu percaya dengan investasi emas yang menghasilkan keuntungan yang tidak masuk akal. lebih baik beli langsung secara fisik dan terjamin asli emas 24 karat dengan sertifikat. just info kalau yang minat berdasarkan pengalaman pribadi

  8. #20691
    Ceps
    Ceps Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    Nah betul tuh kata Abang Skywalker, kalau mau serius investasi emas lebih baik membeli dari perusahaan atau lembaga yang jelas dan terdaftar, Antam contoh yang baik tuh.

  9. #20711
    Winda
    Winda Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    Salam kenal,

    Mau tanya2 nih, kalau kita investasi apakah nilai uang yang kita investasikan akan berkurang?
    Karena saya punya tetangga yang investasi sampe ratusan juta tp uangnya bukan nambah malah jadi 0.
    Tolong informasinya, karena saya mau mulai berinvestasi supaya uang tidak habis melulu.

    :D

  10. #21181
    mita
    Mita Guest

    Reply To: Pilih Investasi yang Tepat

    trims skywalker infonya

Viewing topics 1 - 10 of 10 total
You must be logged in to reply to this topic.