Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Pinjaman Dana Pendidikan Kuliah S1 S2 S3

  1. #90264
    kontributor
    Kontributor Participant
    Reply

    Pinjaman Dana Pendidikan Kuliah S1 S2 S3

    Ada banyak tujuan dari pengajuan pinjaman di sebuah lembaga keuangan, dan beberapa dengan tujuan pinjaman dana untuk kuliah. Kuliah atau bersekolah (mulai TK, SD, SMP, SMA) sampai di sebuah perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri memang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya pendidikan memang merupakan hal yang sangat penting untuk dipenuhi agar memiliki masa depan yang cerah. Tidak heran jika banyak cara dilakukan untuk bisa menyelesaikan pendidikan di jenjang perguruan tinggi ini mulai jenjang S1, S2, bahkan S3. Salah satunya ialah mencari dana pendidikan dengan memanfaatkan jasa peminjaman uang melalui bank atau lembaga pembiayaan yang sejenis.

    Pentingnya mempertimbangkan sebelum meminjam

    Meskipun menyelesaikan pendidikan sangat penting, dan sumber dananya bisa dari dana pinjaman di sebuah bank. Namun kita perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan meminjam di bank, pertimbangan tersebut antara lain:

    1. Mempertimbangkan besarnya pinjaman
    Sebelum meminjam ada baiknya memperhitungkan besarnya nominal uang yang diperlukan untuk kebutuhan kuliah. Hal ini penting untuk bisa memilih bank mana yang menyediakan besaran plafon yang sesuai nominal pinjaman Anda. Kemudian Anda pun bisa menyiapkan jaminan yang akan digunakan, namun apabila jumlah dananya tidak besar. Maka tidak ada salahnya meminjam dengan tanpa menggunakan agunan, meskipun besar dan ketentuan pinjaman akan sedikit berbeda.

    2. Mengetahui sumber pendapatan untuk pembayaran
    Setiap pinjaman adalah hutang, dan wajib untuk dikembalikan sesuai dengan kesepakatan ketika melakukan pinjaman. Dana yang dipinjam ini selain menentukan akan digunakan untuk apa dan jumlahnya berapa. Anda pun perlu memikirkan bagaimana cara pengembaliannya, yakni mencari sumber pendapatan yang memenuhi besarnya angsuran. Maka ketika mengetahui ketentuan besarnya angsuran per bulan sebaiknya mempertimbangkan besarnya pendapatan yang diterima per bulan. Usahakan tidak besar pasak daripada tiang, atau mencoba mencari sumber dana tambahan agar tidak ada tunggakan angsuran.

    3. Mempertimbangkan besaran bunga hutang
    Ketika mengajukan pinjaman bukan berarti kita menutup mata dari selain hal yang tidak berhubungan dengan dana tunai tersebut. Sebuah bank akan tetap mengambil keuntungan dari setiap peminjam yang mengajukan pinjaman. keuntungan ini biasanya dan akan menggunakan istilah bunga pinjaman. Tiap bank memiliki suku bunga yang besarnya berbeda, dan perlu memilih yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda agar tidak terlalu berat. Bunga yang tinggi secara tidak langsung akan menjadikan keinginan membayar angsuran tepat waktu menjadi terkendala. Sejarah hutang di bank Anda bisa negatif dengan bunga yang jauh dari jangkauan Anda.

    4. Mempertimbangkan segala bentuk resiko
    Setiap keputusan memiliki resikonya masing-masing, demikian halnya dengan pengajuan pinjaman di sebuah sumber dana resmi. Anda akan menemukan resiko yang bisa saja terjadi selama kurun waktu pengembalian pinjaman tersebut. Salah satu resiko yang bisa saja terjadi ialah resiko kematian, sebab usia manusia memang tidak ada yang bisa menebaknya sampai kapan. Hutang bisa berubah menjadi warisan yang akan membebani keturunan kita. Maka pertimbangkan resiko ini dan usahakan mempersiapkan rencana cadangan untuk keluar dari permasalahan ini.

    Banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk bisa menyelesaikan kebutuhan biaya pendidikan dan lain sebagainya. Bank akan memberikan solusi keuangan yang praktis, yakni menyediakan sejumlah uang yang menjawab kebutuhan. Namun layanan satu ini perlu dan wajib dikembalikan lagi sebab dana tersebut sejatinya bukanlah milik kita. Perencanaan yang matang sebelum melakukan pinjaman dana tunai di sebuah bank. Sejatinya akan membantu perencanaan keuangan menjadi lebih baik, dan menjadikan jalan hidup lebih mudah.

    Bagi anda yang ingin mendapatkan pinjaman Dana untuk Kuliah dengan KTA maupun pinjaman dengan jaminan seperti BPKB, silahkan langsung mengisi form pinjaman dana melalui CekAja.com.

    – Ini untuk pinjaman tanpa agunan atau KTA.
    – Ini untuk pinjaman menggunakan jaminan BPKB Mobil atau Motor.

    CekAja Contributor

Viewing topic 1 of 1 total

Reply To: Pinjaman Dana Pendidikan Kuliah S1 S2 S3

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

46 − 39 =