Forums

Forum diskusi finansial dari cekaja.com yang membahas tentang kredit, asuransi, investasi, kartu kredit dan lainnya seputar keuangan.

Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

  1. #46071
    Herman
    Herman Guest
    Reply

    Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Yth, members forum, saya Herman, ada 1 hal yang ingin saya tanyakan yaitu tentang suku bunga kpr bri di tahun 2015 ini, beserta simulasi kpr bri, karena saya hendak mengajukan kpr untuk rumah dan beberapa teman merekomendasikan menggunakan kpr bri, mohon penjelasannya.

    Thanks

  2. #46161

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Halo Pak Herman,

    Saya coba sedikit menjawab pertanyaan anda perihal simulasi kredit KPR BRI serta bunga KPR di tahun 2015 serta beberapa gambaran secara umum tentang KPR, tentunya untuk update paling akhir dari bank selain BRI anda bisa menghubungi CS CekAja melalui Chat Konsultasi Gratis di sudut bawah.

    bunga kpr bri 2015

    Gambaran tentang pengajuan KPR
    Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) seringkali menjadi beban tersendiri bagi nasabah. Menunggu keputusan dari bank atas pengajuan bersamaan dengan ketakutan di saat membayar angsuran menjadi momok setiap orang ketika mengajukan KPR. Jalan ini banyak ditempuh bagi mereka yang ingin memiliki rumah tanpa harus menyiapkan uang ratusan juta rupiah. Melalui KPR, seseorang dapat membeli rumah dengan cara mencicil setiap bulannya dengan jangka waktu tertentu. Lama waktunya bermacam-macam, ada yang memberikan keleluasaan hingga 20 tahun, seperti yang tersedia di KPR BRI. Hanya saja perlu diketahui bahwa semakin lama mengambil tenor, maka semakin besar pula nilai angsuran per bulan.

    Beberapa hal sebelum mengajukan KPR
    Pastinya setiap orang akan tergiur dengan penawaran terbaik dari bank soal produk KPR. Misalnya pada promosi tertentu diberikan suku bunga sebesar 7,5% sampai 9%. Nilai bunga ini cukup kecil jika dibandingkan di hari-hari biasa. Namun besarnya bunga tersebut dapat dipastikan ada syarat dan ketentuan khusus. Sehingga perlu dicermati lebih mendalam informasi yang terkandung di dalamnya. Tak hanya itu, anda juga disarankan untuk mengetahui sistem bunga dalam KPR. Ada metode tetap (flat) dan ada metode efektif. Keduanya memiliki kelebihan serta kelemahan masing-masing. Dengan mempelajari hal-hal seperti itu, anda akan merasa nyaman dalam menjalani pembiayaan KPR.

    Simulasi pembiayaan KPR
    Ada baiknya sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR, anda kunjungi dahulu kalkulator bank secara online untuk memperhitungkan besar biaya cicilan rumah anda nantinya. Untuk produk KPR ini mematok bunga 9% di tahun pertama, 9.5 % di tahun kedua dan 13% sampai 14% untuk tahun ketiga. Sehingga anda bisa bersiap-siap mendapat imbas kenaikan suku bunga pada nilai angsuran anda. Besar kenaikan biaya cicilan bisa mencapai Rp 600.000, cukup tinggi bukan? Selain itu, anda juga bisa memperkirakan tenor yang akan diambil

    Di sini akan diberikan contoh simulasi pembiayaan berdasarkan dua hal, yaitu pendapatan dan harga rumah. Kedua dasar ini akan memberikan nilai yang berbeda terhadap maksimal plafond dan besar angsuran di tiap bulannya.

    Kasus pertama yaitu perhitungan berdasarkan penghasilan. Misalnya anda memiliki gaji bersih setiap bulannya Rp 3.500.000. Anda berniat untuk mengajukan KPR dengan jangka waktu 120 bulan (10 tahun) dengan suku bunga tahunan 10%. Maka yang anda dapatkan adalah:

    • Maksimal besar angsuran Rp 1.050.000
    • Maksimal plafond Rp 79.454.721,54
    • Harga rumah atau apartemen yang bisa anda miliki adalah sebesar Rp 99.318.401,92
    • Kemudian disimpulkan bahwa:

     Besar angsuran per bulan adalah Rp 1.050.000
     Biaya provisi sebesar 1% Rp 794.547,22
     Biaya administrasi sebesar Rp 79.454,72

    Sementara perhitungan berdasarkan harga rumah dapat dicermati dari kasus berikut. Anda ingin membeli rumah seharga Rp 99.318.401,92 (harga rumah dibuat sama dengan simulasi berdasar penghasilan). Suku bunga tahunan sebesar 10% dengan jangka waktu selama 10 tahun (120 bulan), maka yang anda dapatkan adalah:

    • Maksimal plafond sebesar Rp 89.386.561,73
    • Besar angsuran per bulan sebesar Rp 1.181.250
    • Penghasilan bersih per bulan setidaknya Rp 2.953.125
    • Biaya provisi 1% sebesar Rp 893.865,62
    • Biaya administrasi sebesar Rp 89.386,56

    Berdasarkan simulasi Kredit KPR BRI, anda dapat melihat bahwa minimal penghasilan nasabah atau pemohon adalah Rp 3.000.0000 per bulan atau Rp 36.000.000 setiap tahunnya. Berdasarkan simulasi KPR BRI di atas yang sudah disediakan BRI akan memudahkan anda dalam menganalisa pembiayaan KPR. Lebih mudah bagi anda untuk menghitungnya berdasarkan penghasilan supaya anda dapat mengalokasikan biaya angsuran rumah dan biaya kebutuhan hidup.

    Silahkan gunakan kalkulator kpr yang sudah disediakan CekAja.com untuk mempermudah perhitungan anda.

    Untuk Indonesia lebih baik

  3. #60591
    eko wahyu kurniawan
    Eko wahyu kurniawan Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Slmt pagi,
    Sy da informasi tentang rumah dijual di daerah lenteng agung shrga 100jt.
    Sy ingn skli pny rmh sndri, mngkn dgn kpr sy bsa mewujudkan impian saya. Pekerjaan saya saat ini pdgang buku di pasar malam stiap harinya.
    Ada gk ya bank yg menyediakan kpr dgn uang muka rendah atau syukur-syukur Dp 0% ??? Mgkn sy snggup cicilan 10 – 15 thn.
    Mhon jawaban terbaik untuk saya.
    Terima kasih banyak

  4. #71861
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Dear Bpk Kurniawan,

    salut sekali dengan usaha yang sedang bpk jalankan serta keinginan untuk mempunyai rumah sendiri.
    saat ini bank memiliki kebijakan untuk DP rumah sebesar 30% dan ada kemungkinan untuk turun menjadi 20% menunggu peraturan baru yang dikeluarkan OJK.

    Jika ingin mengajukan KPR tidak ada cara selain mengumpulkan DP terlebih dahulu sehingga bank dapat memberikan fasilitas KPR kepada bapak, demikian terimakasih.

  5. #72951
    Rafika
    Rafika Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Mas, mau tanya (sebelumnya saya awam masalah KPR dan hendak mengajukan kredit KPR juga) kebetulan bank yang ditunjuk developernya bukan BRI (sudah saya DP namun , namun bunganya sangat tinggi. Banyak juga yang merekomendasikan ke BRI saja karena lebih ringan. Nah, untuk dana provisi dan adminstrasi itu dibayar dimuka kah?…dan berarti suku bunga disetiap tahunnya berubah, sehingga jumlah angsurannya berubah juga? saya masih awam soalnya

  6. #73321
    heidy
    Heidy Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Dear admin, saya mau tanya untuk saat ini apakah ada bank yang mau memberikan KPR untuk rumah second tetapi di dalam gang yang tidak bisa masuk mobil? Mohon informasinya…terima kasih.

  7. #78231
    yudh
    Yudh Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Saya mau tanya untuk kpr apa bisa untuk pembiayaan renovasi rumah,kalau cicilan tiap bulan 1,5jt dapat brpa kpr nya? Jika kprnya 10 atau 15 tahun
    Terima kasih.

  8. #78431
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Dear Ibu Rafika,

    untuk biaya provisi dan administrasi biasanya dibebankan didepan oleh bank selain dari DP dan asuransi kebakaran,dll.
    Jika suku bunga yang diterapkan floating maka cicilan per bulannya akan berubah mengikuti market yang berlaku saat itu, tidak tentu per tahun, tapi tetap akan ada kenaikan angsuran dibandingkan pada saat ini.

  9. #78441
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Dear Pak Heidy,

    Biasanya bank lebih senang membiayai KPR dengan rumah tinggal yang memiliki akses jalan yang dapat dilewati oleh mobil, dengan adanya akses jalan yang baik, maka property tersebut nilainya juga semakin baik jika dibandingkan dengan property pada gang kecil.

  10. #78451
    Bayu
    Bayu Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Dear Yudh,

    untuk pembiayaan renovasi rumah sangat bisa. untuk cicilan yang berlaku dapat dilihat pada link berikut:

    https://www.cekaja.com/kredit-pemilikan-rumah

    https://www.cekaja.com/kalkulator-kpr

  11. #90412
    yanti
    Yanti Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Yth admin…
    Saya ingin mengajukan kpr krn saya pengen bgt punya rumah..saya mau tanya jika gaji saya +suami 6.000.000/ bln berapakan maximal kredit yg akan d berikan oleh bank dengan tenor pelunasan 180bln…. trimakasih

  12. #90584
    herlina dian pratiwi
    Herlina dian pratiwi Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    saya seorang karyawan swasta bekerja sudah selama 2 tahun dengan penghasilan sebagai karyawan Rp. 4 jt rupiah sebulan kalau saya ingin mengajukan pinjaman dibank bri berapakah limit yang saya dapatkan untuk jangka waktu pembayaran angsuran selam 5 tahn. terima kasih

  13. #91022
    agustini
    Agustini Guest

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Saya mengajukan KPR ke BRI. Disitu saya ditawarkan bunga 10.5% fix selama 5 tahun. Itu khusus utk payroll bukan ya? Soalnya saya payroll di bank lain.. thx mohon infonya…

  14. #91325
    Anonymous
    Anonymous Inactive

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Dear Ibu Yanti, dengan memperhitungkan jumlah penghasilan sebesar Rp 6 Juta rupiah per bulan, DBR sebesar 40% dan bunga berkisar 10% per tahun maka pinjaman yang akan Ibu Yanti dapatkan kurang lebih adalah sebesar Rp 280 juta, dengan cicilan sebesar Rp 2.3 Juta per bulan.

    Perlu dicatat perhitungan ini dapat berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing Bank penyedia pinjaman.
    Untuk pengajuan KPR dapat menghubungi Customer Service kami di 021-30434949 atau klik di tautan berikut Perbandingan KPR

  15. #91327
    Anonymous
    Anonymous Inactive

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Dear Ibu Herlina, dengan memperhitungkan jumlah penghasilan sebesar Rp 4 Juta rupiah per bulan, DBR sebesar 40% dan bunga berkisar 10% per tahun maka pinjaman yang akan Ibu Herlina dapatkan kurang lebih adalah sebesar Rp 200 juta, dengan cicilan sebesar Rp 1.6 Juta per bulan.

    Perlu dicatat perhitungan ini dapat berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing Bank penyedia pinjaman.
    Untuk pengajuan KPR dapat menghubungi Customer Service kami di 021-30434949 atau klik di tautan berikut Perbandingan KPR

  16. #91328
    Anonymous
    Anonymous Inactive

    Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

    Dear Ibu Agustini, kami anjurkan Ibu dapat menanyakan langsung ke pihak Bank BRI untuk informasi lebih jelas mengenai jenis bunga KPR BRI yang sedang Ibu ajukan.

Viewing topics 1 - 16 of 16 total

Reply To: Suku Bunga KPR BRI 2015 dan Simulasinya

You can use BBCodes to format your content.
Your account can't use Advanced BBCodes, they will be stripped before saving.

51 − 41 =