Toyota Ungkap Alasan Tahan Produksi City Car Listrik di Eropa

1 min. membaca Oleh CekAja on

Toyota sepertinya tidak ingin terburu-buru membanjiri pasar Eropa dengan teknologi mobil listrik, khususnya di segmen City Car.

Executive Vice President for Sales Toyota Motor Europe, Matt Harrison mengatakan pihaknya masih perlu waktu untuk memasuki pasar mobil listrik khusus segmen mobil kecil, sambil melihat pergeseran tren. Ia mengatakan permintaan akan kendaraan listrik (EV) masih jauh dari mencukupi.

“Kami perlu mengambil waktu yang lebih banyak untuk menunggu kematangan teknologi dan melihat di mana permintaan konsumen bergeser,” ujar Matt Harrison dilansir Autocar.

(Baca juga: Tiga Pabrikan Otomotif AS Masih Meraba Tren Mobil Listrik)

Toyota sedang mengembangkan Aygo generasi berikutnya sehingga dapat menggunakan tenaga listrik jika nantinya terjadi pergeseran pasar yang lebih nyata. Namun Aygo terbaru yang belum pasti kapan akan diluncurkan, kemungkinan masih meluncur dengan mesin konvensional terlebih dahulu.

Harrison juga mengisyaratkan bahwa akan mengubah sedikit body Aygo guna mengikuti tren model yang diinginkan konsumen. Ia menyebut kemungkinan Aygo akan dikembangkan dengan gaya crossover, di mana ground clearance mobil tersebut menjadi lebih tinggi dan menaikkan posisi duduk sehingga semakin diminati di kota-kota besar dan kecil. Akan tetapi jangan berharap melihat apapun hingga tahun 2021 atau 2022 mengingat umur panjang Aygo generasi terakhir.

Target Mobil Listrik Toyota

Paparan Harrison di atas mengindikasikan bahwa meskipun Toyota berencana menjual 1 juta mobil listrik secara global pada tahun 2025, namun kemungkinan besar bukanlah pada segmen city car.

“Segmen mobil kecil adalah soal keterjangkauan. Kami tidak melihat itu sebagai langkah optimal untuk kendaraan listrik jika melihat harga Peugeot 208 EV jauh di luar segmen B dan itu tidak sesuai dengan persyaratan keterjangkauan pelanggan kami,” ujarnya.

Meski demikian, Harrison mengkonfirmasi bahwa akan ada tiga Toyota Listrik yang dijual di Eropa pada 2021 dan lebih dari tiga produk pada tahun 2025.

(Baca juga: Penyelundupan, Bilangnya Impor Batu Bata, Ternyata Isinya Mobil Mewah!)

Sudah siap menyambut tren mobil listrik di Indonesia? Apapun kendaraan yang kamu miliki di rumah, jangan lupa bersyukur ya. Tidak kalah penting juga, untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.

Lindungi diri dan keluarga dengan asuransi kecelakaan yang bisa kamu pilih dan ajukan sesuai kebutuhan hanya lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja