Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Traveling Saat Ramadan? Mengapa Tidak!

by Tisyrin N. T on 9 Mei, 2018

Kurang dari sepekan lagi Ramadan akan tiba, umat Muslim menyambut bulan yang istimewa tersebut dengan gembira. Nah, apakah ibadah puasa menghalangi Anda untuk traveling?

Jawabannya adalah, sebaiknya puasa tidak menghalangi Anda untuk traveling.  Puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Anda bisa mengisinya dengan berbagai kegiatan produktif mulai dari bekerja, beribadah, belajar agama, hingga traveling.

Anda merasa aneh mendengar kata traveling saat puasa? Wajar saja, karena traveling identik dengan aktivitas yang menguras tenaga dan juga uang. Traveling tergolong menguras tenaga karena harus berkeliling di destinasi wisata. Dan, menguras biaya karena harus membeli tiket transportasi dan membayar hotel serta keperluan lainnya.

Anda cenderung akan merasa tidak rela jika mengeluarkan uang untuk jalan-jalan di bulan puasa, bulan di mana kebutuhan biasanya meningkat untuk persiapan lebaran. Bukan begitu?

Padahal, Ramadan tetap bisa jadi pilihan waktu yang tepat untuk traveling karena justru lebih hemat biayanya. Yang terpenting, perhatikan pula kiat-kiatnya agar kegiatan jalan-jalan lancar. Yuk simak pemaparan lebih jelasnya!

Mengapa Traveling Saat Ramadan?

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa harus memilih Ramadan sebagai waktu untuk traveling? Sebenarnya, ada berbagai alasan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih bepergian saat bulan puasa, seperti di bawah ini.

Menikmati suasana Ramadan di negara lain

Pernahkah Anda menyimpan rasa penasaran akan suasana Ramadan di negara lain? Nah, tuntaskan rasa penasaran Anda dengan mengunjungi negara lain secara langsung saat bulan suci tiba.

Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk  akan mengenal lebih jauh kehidupan kaum Muslim di negara tersebut. Hal semacam itu tentu akan jadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi Anda.

Sesekali, rasakanlah nikmatnya berpuasa di negeri orang. Jadi, kenapa harus ragu untuk melancong saat Ramadan? (Baca juga: Ini Aturan Baru untuk Uang Elektronik)

Lokasi wisata tidak begitu ramai

Apakah Anda selama ini sering merasa kecewa ketika mendatangi suatu objek wisata, ternyata penuh sesak? Mengingat jarangnya orang yang merencanakan liburan saat bulan puasa, tempat wisata yang Anda datangi pun tidak begitu ramai.

Jadi, Anda akan lebih leluasa menikmati liburan karena tidak berdesak-desakan di lokasi wisata. Anda bisa lebih mudah ketika mengambil sudut pengambilan gambar terbaik saat memotret. Anda juga tidak akan terganggu untuk bersantai di lokasi pilihan Anda ketika ingin menikmati suasana.

Tarif hotel murah

Ramadan merupakan low session bagi industri perhotelan. Otomatis, tarif hotel juga akan jauh lebih murah dari pada hari-hari lainnya. Ini kesempatan  bagi Anda untuk mencicipi kamar hotel dengan harga miring.

Apalagi, jika selama ini Anda penasaran dengan hotel tertentu tetapi tarifnya mahal. Manfaatkanlah kesempatan low session untuk berpergian lebih irit dengan mendapatkan tarif hotel yang murah.

Pesawat lebih murah

Seperti halnya hotel, saat low session, maka harga tiket pesawat saat puasa pun terbilang jauh lebih murah. Namun, lain ceritanya jika membeli tiket untuk penerbangan di minggu terakhir puasa karena sudah tergolong high session, bertepatan dengan musim mudik.

Jadi, tunggu apa lagi? Hilangkan keraguan Anda dan segeralah berburu tiket pesawat. Selain dari tarif hotel, Anda juga bisa memangkas biaya traveling dari biaya tiket pesawat. (Baca juga: Cek Yuk! Inspirasi Usaha Unik Saat Bulan Puasa!)

Momen pas untuk wisata religi

Sejauh pengalaman Anda traveling, sudah pernahkah Anda secara khusus mendedikasikan waktu untuk wisata religi? Nah, Ramadan adalah waktu yang tepat untuk berwisata religi.

Apalagi, Indonesia menyimpan banyak sekali lokasi wisata religi. Kota-kota seperti Cirebon, Mataram, atau Aceh misalnya, sangat menarik untuk Anda jelajahi. Kota-kota tersebut menyimpan sejarah penyebaran agama Islam.

Selain menyegarkan pikiran melalui aktivitas traveling, Anda juga bisa menambah pengetahuan. Ya, karena traveling bisa menjadi cara belajar yang menyenangkan.

Tip Traveling Selama Ramadan

tips mudik _ kartu kredit - CekAja.com

Agar rencana pelesir Anda di bulan puasa tetap lancar, perhatikan beberapa hal penting yang akan mendukung aktivitas Anda. Simak beberapa tip penting yang bisa Anda terapkan ketika jalan-jalan ketika Ramadan.

Pilih destinasi yang ramah Muslim

Anda bisa memilih destinasi yang ramah Muslim. Tujuannya, agar lebih mudah mencari tempat untuk beribadah hingga mencari makanan halal untuk berbuka puasa.

Perusahaan wisata muslim HalalTrip bekerja sama dengan Mastercard melakukan survei bertajuk Muslim Milennial Travel Report 2017. Melalui laporan tersebut, terlihat beberapa faktor yang membuat responden memilih traveling ke negara muslim, mulai dari biaya, budaya hingga kemudahan dalam mendapatkan makanan halal.

Survei memperlihatkan 10 negara paling favorit yang didatangi traveler muslim milenial dunia yaitu India, Amerika Serikat, Inggris, Uni Emirat Arab, Singapura, Australia, Thailand, Jepang, Indonesia, dan Malaysia.

Pilih waktu yang pas

Saat minggu pertama Ramadan, Anda bisa jadi masih beradaptasi dalam menjalankan  ibadah puasa. Karena itu, hindari bepergian di minggu pertama Ramadan. Minggu pertama dapat Anda gunakan untuk persiapan traveling.

Minggu kedua dan ketiga Ramadan Anda jadikan pilihan untuk pelesir. Hindari minggu ketiga karena itu musim mudik Lebaran. Anda tentu tidak mau berdesak-desakan dengan para pemudik bukan?

Konsumsi vitamin dan jangan lupakan makan sahur

Untuk menjaga stamina, konsumsi vitamin dan jangan lewatkan makan sahur. Ingat, kegiatan traveling membutuhkan tenaga ekstra, sehingga Anda harus menjaga tubuh tetap bugar. Anda tentu tak mau kegiatan traveling terganggu karena kondisi tubuh yang tidak fit bukan?

Selain itu, hindari aktivitas yang terlalu berat karena akan berpotensi membatalkan puasa Anda. Pilih kegiatan yang santai seperti menunggu senja di tepi pantai atau melihat-lihat masjid bersejarah.

Jangan lupakan perlindungan diri

Berjaga-jagalah dengan membeli produk asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan yang preminya murah bisa memberikan manfaat yang nilainya sangat besar.

Berbagai risiko dalam perjalanan menghantui Anda, mulai dari pesawat delay, bagasi hilang atau rusak, hingga kecelakaan. Jika Anda mengalami hal-hal tersebut, Anda bisa mengalami kerugian dari segi finansial. (Baca juga: Apa Sih Keuntungan Kartu Debit Berlogo GPN?)

Oleh karena itu, gunakan asuransi perjalanan untuk melindungi diri Anda selama traveling saat Ramadan. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia CekAja.com siap membantu Anda menemukan asuransi perjalanan terbaik dengan premi mulai dari Rp25.000 saja! Yuk cek!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.