Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tren Model Cincin Pernikahan 2020

by Kyla Damasha on 19 Februari, 2020

Tren model cincin pernikahan 2020 ini sepertinya sudah mulai digandrungi oleh banyak pasangan muda yang tengah mempersiapkan pernikahan mereka. Memasuki tahun yang baru, banyak sekali tren-tren yang juga turut berubah dan mengalami perkembangan.

tren model cnicin pernikahan 2020

Tidak hanya sebatas fashion ataupun teknologi saja yang mengalami perubahan, tetapi juga tren model cincin pernikahan 2020. Memang hadirnya cincin pernikahan seringkali digunakan sebagai simbolisasi ikatan sebuah pasangan yang sudah siap menempuh hidup baru sebagai sepasang suami-istri.

Namun nyatanya, cincin pernikahan tidak hanya digunakan sebagai simbolisasi saja melainkan juga menyimpan makna yang cukup mendalam. Secara singkat, cincin pernikahan merupakan sebuah lambang atas janji pernikahan yang mana diharapkan pasangan suami-istri yang sudah bertukar cincin tersebut dapat selalu mengingat cinta yang telah terjalin dan makna pernikahan yang akan mereka jalani kedepannya.

Cincin pernikahan memang tidak menjamin pasangan suami-istri tersebut langgeng selamanya, hanya saja cincin pernikahan menjadi simbol yang senantiasa dapat mengingatkan seseorang untuk memperdalam cintanya kepada sang pasangan.

Nah, bagi pasangan yang sudah siap untuk menikah, mencari dan mencoba cincin pernikahan menjadi salah satu hal yang sering kali dilakukan. Hanya saja, ternyata memilih cincin pernikahan itu sendiri tidak semudah yang kita bayangkan lho.

Ada banyak sekali model cincin pernikahan yang bisa kamu temukan. Maka dari itu agar kamu bisa mempersingkat waktu untuk memilih cincin pernikahan bersama pasangan, yuk kita cari tahu dulu beberapa tren model cincin pernikahan 2020 yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Cincin Fingerprint

Cincin Fingerprint - Tren Model Cincin Pernikahan 2020

Tren model cincin pernikahan 2020 yang pertama adalah cincin fingerprint. Teknologi fingerprint yang selama ini hanya bisa kita lakukan untuk beberapa perangkat teknologi saja sekarang sudah bisa kita gunakan sebagai cincin pernikahan.

Tetapi, fingerprint disini bukan berarti kamu hanya bisa menggunakan cincin tersebut dengan menggunakan sidik jari lho. Cincin tetap bisa kamu gunakan seperti pada umumnya, hanya saja kamu bisa mengukir sidik jari di cincin pernikahan tersebut sebagai simbol untuk saling memiliki.

Mungkin tren model cincin pernikahan 2020 satu ini belum cukup populer, tetapi untuk pasangan yang lebih sentimental, tidak ada salahnya untuk mencoba model cincin ini. Pada model cincin fingerprint, sidik jari dari kedua belah pasangan akan dicetak terlebih dahulu agar sidik jari dapat dibubuhkan di permukaan cermin.

Meskipun berbeda, cincin fingerprint tidak akan luput dari nuansa romantis dan manis di hari pernikahan.

(Baca Juga: Tips Menghindari Penipuan WO Abal, Biar Acara Tetap Sakral)
2. Cincin Rose Gold

Cincin Rose Gold - Tren Model Cincin Pernikahan 2020

Tren model cincin pernikahan 2020 selanjutnya adalah cincin rose gold yang mencerminkan warna yang lebih feminin. Cincin rose gold dapat dikatakan sebagai salah satu model cincin yang paling kuat dan tahan lama apabila dibandingkan dengan warna cincin lainnya.

Hal tersebut dikarenakan sebenarnya, emas murni merupakan bahan yang ‘lunak’ untuk dijadikan perhiasan, sehingga diperlukan campuran dari logam lain yang bisa membuatnya lebih kokoh dan tahan lama.

Maka dari itu, campuran lain yang berada di dalam cincin rose gold ini membuat model cincin satu ini menjadi lebih awet. Hanya saja, tren model cincin pernikahan 2020 ini mungkin akan kurang cocok bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, karena tembaga yang menjadi campuran utama dalam pembuatan cincin rose gold adalah alergen yang bisa menimbulkan bercak merah dan rasa gatal pada kulit yang sensitif.

3. Cincin Three Stoned

Cincin Three Stoned - Tren Model Cincin Pernikahan 2020

Selanjutnya ada cincin three stoned yang juga masuk ke jajaran tren model cincin pernikahan 2020. Model cincin satu ini dapat dikatakan mulai populer berkat Pangeran Harry dan Meghan Markle yang menggunakannya sebagai cincin tunangan mereka. Dikarenakan hal itulah, banyak wanita yang juga mengidam-idamkan untuk memiliki cincin three stoned sebagai cincin pernikahan mereka.

Cincin three stoned itu sendiri memiliki makna bahwa kamu memiliki satu pusat utama, yaitu batu yang lebih besar. Dan di setiap sisi kiri dan kanan terdapat dua batu kecil untuk bisa mengatur batu besar yang terletak di tengah.

Sementara itu, batu yang paling umum digunakan untuk membuat three stoned ini adalah berlian. Akan tetapi kamu juga memiliki kebebasan untuk memasukan jenis-jenis batu lain yang kamu sukai ke dalamnya.

Banyak wanita milenial yang menyukai cincin dengan tiga mata berlian ini, karena tidak hanya cantik, tetapi tren model cincin pernikahan 2020 ini juga memiliki makna terselubung, yaitu tiga batu berlian bisa dianggap sebagai representasi dari masa lalu, masa kini, dan masa depan hubungan antara kamu dan pasangan.

4. Cincin Solitaire

Cincin Solitaire - Tren Model Cincin Pernikahan 2020

Tren model cincin pernikahan 2020 selanjutnya adalah cincin solitaire yang elegan dan tidak pernah lekang oleh waktu. Dengan desain yang sederhana namun memiliki nuansa yang mewah, cincin ini bisa memberikan kesan classy bagi siapapun yang mengenakannya.

Arti dari solitaire adalah “a precious stone set by itself” yang berarti bahwa sebuah set batu yang sudah sangatlah berharga mau bagaimanapun bentuknya. Cincin solitaire memiliki beraneka ragam bentuk yang bisa kamu pilih sesuai selera, seperti bentuk hati, oval, lingkaran, hingga berbentuk emerald atau berbentuk persegi panjang.

5.  Cincin Eternity

Cincin Eternity - Tren Model Cincin Pernikahan 2020

Selanjutnya ada cincin eternity yang juga menjadi salah satu tren model cincin pernikahan 2020. Sesuai dengan namanya, cincin ini melambangkan cinta dan kekuatan yang abadi di dalam sebuah hubungan. Maka dari itu, tak heran apabila banyak pasangan yang memilih tren model cincin pernikahan 2020 satu ini.

Terdapat dua jenis cincin eternity yang bisa kamu pilih, yaitu full band diamond atau seluruh bagian cincin dihiasi dengan berlian dan half band diamond yang mana batu berlian hanya menghiasi setengah atau sebagian cincin.

6. Cincin Pave

Cincin Pave - Tren Model Cincin Pernikahan 2020

Pave ring merupakan salah satu tren model cincin pernikahan 2020 yang terdiri dari satu mata berlian berukuran besar di bagian tengah yang disertai dengan beberapa mata berlian yang lebih di sisi kanan maupun di sisi kirinya.

Karena bentuknya yang seakan-akan dikelilingi oleh berlian, cincin satu ini dapat menghasilkan kilauan dan memberikan kesan mewah dan menawan bagi siapapun yang mengenakanya.

7. Cincin Plain

Cincin Plain - Tren Model Cincin Pernikahan 2020

Bagi yang gemar dengan model yang sederhana namun tetap memberikan kesan anggun nan elegan, maka plain ring bisa dijadikan sebagai salah pilihan tren model cincin pernikahan 2020. Sesuai dengan namanya, cincin satu ini memang memiliki bentuk yang polos tanpa adanya ukiran maupun mata berlian yang disematkan di atasnya.

(Baca Juga: 15 Gedung Pernikahan di Jakarta dan Harga Sewa 2020)

Walaupun bukan merupakan model baru, percayalah bahwa model cincin satu ini tidak akan lekang oleh waktu dan tetap eksis digandrungi oleh banyak pasangan muda yang tengah mempersiapkan pernikahan mereka.

Selain itu, modelnya modelnya yang bersifat unisex atau dapat digunakan oleh pria dan wanita bersamaan juga menjadi salah satu kelebihan dari plain ring. Pilihan warnanya pun juga beragam, mulai dari silver, rose gold, hitam, hingga kuning emas.

Tips Memilih Cincin Pernikahan
·     Menetapkan Anggaran

Tips memilih cincin pernikahan yang pertama adalah dengan menetapkan anggaran. Setiap orang pastinya memiliki impian untuk mengenakan cincin pernikahan dengan model tertentu sesuai selera. Hanya saja, dalam mewujudkan impian tersebut jelas kamu harus memiliki anggaran yang cukup.

Diskusikanlah terlebih dahulu dengan pasangan mengenai anggaran yang dimiliki demi mempersiapkan pernikahan, termasuk anggaran khusus untuk cincin pernikahan. Dengan begitu, kamu menjadi memiliki gambaran mengenai tren model cincin pernikahan 2020 seperti apa yang sesuai dengan budget.

·     Memilih Bahan Dasar Cincin

Tips selanjutnya adalah dengan memilih bahan dasar cincin. Banyak pasangan yang memilih emas kuning atau emas putih sebagai bahan dasar cincin mereka, namun dengan kadar dan berat yang berbeda-beda.

Akan tetapi, masih banyak sekali bahan-bahan dasar yang bisa kamu pilih, seperti perak, platinum, atau palladium. Pelajarilah kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing bahan, dan pilihlah yang terbaik.

Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu jenis kulit yang kamu miliki. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa bahan dasar cincin yang sejatinya tidak cocok untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif.

·     Kenali Tren Model Cincin Pernikahan 2020

Banyak sekali tren model cincin pernikahan 2020 yang tak lekang oleh waktu dan cenderung lebih tahan lama. Contohnya seperti model solitaire dan model plain ring. Namun, cincin pernikahan tidak hanya memiliki model yang beraneka ragam, melainkan juga filosofinya yang berebeda-beda.

Kamu bisa memilih tren model cincin pernikahan 2020 yang sesuai dengan selera yang juga dapat mencerminkan karakter sekaligus kepribadian dari kamu dan pasangan.

·     Tentukan Ukuran Cincin yang Tepat

Perlu diketahui bahwa jari setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk mencoba cincin pernikahan tersebut sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

Hindari memilih ukuran cincin yang terlalu besar maupun yang terlalu kecil dengan mempertimbangkan perubahan berat badan pasca pernikahan. Selain itu, waktu terbaik untuk membeli cincin pernikahan adalah di sore hari ketika kamu berada di dalam suhu tubuh normal.

Hindarilah membeli cincin dengan tergesa-gesa guna menghindari kesalahan dalam pemilihan ukuran.

·     Pertimbangkan Kualitas dan Cara Merawatnya

Tips terakhir dalam memilih cincin pernikahan adalah kualitas dan cara merawatnya. Pembelian cincin pernikahan dengan kualitas baik biasanya harus disertai dengan dokumen pelengkap, berupa keterangan bahan, kadar, berat, tanda pembuat cincin, hingga tanda kualitas seperti 24K atau PLAT.

Beberapa toko perhiasan juga menyediakan fasilitas garansi apabila sewaktu-waktu kamu ingin membersihkan atau merubah ukuran cincin. Perlu diketahui bahwa cincin dengan bahasa dasar logam mulia biasanya memerlukan perawatan khusus untuk menjaga penampilannya yang tetap cantik.

Maka dari itu, sebelum memilih cincin pelajarilah terlebih dahulu mengenai cara merawat serta kualitasnya, karena cincin tersebut akan terus melekat pada jari manis kamu.

Tahukah kamu? Membeli model cincin pernikahan yang kamu impikan bisa lebih murah dan hemat dengan menggunakan kartu kredit lho. Yuk segera ajukan kartu kreditmu di CekAja.com dan belilah cincin pernikahan impianmu.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda