Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tren Traveling: Yuk, Menginap di Hotel Kapsul

by Tisyrin N. T on 28 August, 2018

Beberapa tahun belakangan, keberadaan hotel kapsul menjadi tren baru di Indonesia. Hotel kapsul adalah hotel dengan bilik-bilik kecil yang bentuknya serupa dengan kapsul. Anda penasaran dan ingin mencobanya?

traveling hemat _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Berbagai keunikan yang ditawarkan hotel kapsul membuatnya mudah memikat hati para traveler, terutama kaum muda. Saat ini, hotel kapsul telah berdiri di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, hingga Surabaya.

Anda pun dengan mudah bisa menjumpai traveler yang memamerkan di media sosial foto-foto yang memperlihatkan asyiknya menginap di hotel kapsul. Nah, sebelum Anda mencobanya, simak yuk pemaparan lebih mengenai hotel kapsul berikut ini.

(Baca juga: Mantap, Indonesia Gondol 24 Emas di Asian Games 2018)

Berkembang di Jepang

Hotel kapsul adalah tipe hotel yang memiliki ruangan mini, sehingga hanya cukup untuk berbaring dan beristirahat saja. Tipe hotel ini mulanya berkembang di Jepang dan menawarkan tarif murah. Laporan dari WiseGuy Reports memperlihatkan, Jepang adalah pasar terbesar untuk hotel kapsul dengan market share mencapai 81,13 persen di 2012 dan 77,95 persen di 2016.

Kawasan Asia Pasifik akan menguasai lebih banyak pangsa pasar di tahun-tahun berikutnya, terutama di Cina, juga kawasan Asia Tenggara yang terbilang berkembang pesat.

Pada 2017, pasar hotel kapsul secara global bernilai 160 juta dolar Amerika Serikat dan diperkirakan akan meningkat menjadi 210 juta dolar pada akhir 2023.

(Baca juga: Keuntungan Jadi Pegawai BUMN, Apa Saja?)

Sejarah hotel kapsul

Hotel kapsul pertama berdiri di Jepang, tepatnya di Osaka pada tahun 1979 dengan nama Capsule Inn Osaka. Hotel tersebut adalah hasil karya arsitek Kisho Kurokawa. Pembangunannya terinspirasi dari Menara Kapsul Nakagin di Tokyo.

Awalnya, hotel kapsul di Jepang menjadi tempat pilihan menginap bagi para pekerja yang ketinggalan kereta menuju tempat tinggalnya. Karena tarif taksi mahal, banyak pekerja yang memutuskan untuk menginap.

Namun saat ini, hotel kapsul bisa jadi solusi bagi para traveler yang ingin menekan bujet saat berwisata ke Jepang, khususnya mereka yang melakukan perjalanan dengan gaya backpacker maupun solo travelling.

(Baca juga: Ini 3 Perusahaan Credit Scoring Terbesar di Dunia)

Hotel kapsul di Indonesia
Foto: Grand Whiz

Grand Whiz Hotel Trawas di Mojokerto, Jawa Timur disebut-sebut sebagai hotel kapsul pertama di Indonesia. Hotel ini memiliki 100 unit kamar dengan bentuk kapsul.

Kamar di hotel berdesain futuristik ini mempunyai panjang 2 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi 1,2 meter sehingga hanya cukup untuk satu orang. Kamarnya dilengkapi dengan televisi, meja lipat, cermin, hingga safe deposit box. Selain itu terdapat berbagai macam tombol untuk mengatur suhu ruangan, cahaya, hingga tombol emergency.

Selain itu, masih ada hotel kapsul lain yang sudah berdiri di Indonesia, seperti Inap At Capsule yang berada di Bandung. Hotel ini berada di tengah Kota Bandung, sehingga para tamu akan mudah sekali menjangkau Kawasan Alun-alun Bandung, Braga, serta Asia Afrika.

(Baca juga: Cek! Jumlah Utang Indonesia Terbaru Berdasarkan Laporan Bank Indonesia)

Hotel ini menyediakan kamar berukuran mini dengan fasilitas berupa televisi, meja lipat, pendingin ruangan, hingga akuarium. Uniknya, terdapat kamar yang memiliki view Kota Bandung dari ketinggian.

Selain kedua hotel tersebut, masih ada hotel kapsul lain yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Old Batavia Capsule Hotel di Jakarta, Pod House di Makassar, Palm Capsule di Semarang, dan Sr Hostel di Bali.

Alasan memilih hotel kapsul

Sebagai salah satu alternatif tempat menginap, hotel kapsul punya berbagai keunggulan yang patut dijadikan alasan mengapa Anda perlu mencobanya.  Inilah beberapa alasan tersebut.

(Baca juga: Ini Perlakuan Khusus OJK untuk Nasabah Perbankan Korban Gempa NTB)

Biaya murah

Menginap di hotel kapsul di Indonesia membutuhkan biaya kurang dari Rp200.000-Rp300.000 saja. Untuk itu, menginap di hotel kapsul bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin menghemat biaya perjalanan.

Selain itu, meski mengeluarkan biaya yang tak banyak, Anda akan tetap mendapatkan kenyamanan saat menginap di hotel kapsul.

Fasilitas memadai

Dengan bujet minim, fasilitas yang akan Anda dapatkan cukup memadai seperti pendingin ruangan, akses internet, boks penyimpanan, televisi, dan sebagainya. Artinya, kebutuhan mendasar selama Anda menginap akan tetap terpenuhi.

(Baca juga: Cek! Bisnis Minuman yang Masih Hits Hingga Kini)

Cocok ketika bepergian seorang diri

Dengan tarif yang murah serta ruang yang tak terlalu luas hotel kapsul sangat cocok bagi Anda yang menyukai gaya pelesir backpacker maupun solo travelling. Anda bisa mendapatkan tempat beristirahat yang cukup untuk seorang diri.

Desain unik

Di era media sosial seperti sekarang ini, berfoto sudah menjadi kegiatan wajib saat traveling. Mengingat hotel kapsul rata-rata memiliki desain unik, maka sangat cocok untuk Anda yang gemar mencari spot Instagrammable.

Siapkan kartu kredit terbaik untuk menemani kegiatan traveling Anda! Kartu kredit memberikan banyak keuntungan bagi traveler mulai diskon hotel, restoran, atau tempat wisata. Jika Anda belum memilikinya, cek pilihan kartu kredit dari berbagai bank di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami