Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Trik Agar Angsuran Pinjaman Bank Berjalan Lancar

by lhmdi on 8 February, 2016

pinjaman bank - CekAja.com

Tidak jarang masyarakat sering kesulitan membayarkan angsuran pinjaman yang dipilihnya sebagai tambahan pendanaan untuk segala macam kebutuhan. Salah satu penyebabnya adalah jumlah cicilan dan tenor yang menjadi beban keuangan.

Oleh karena itu, saat akan mengajukan pinjaman, pertimbangkan hal-hal sederhana yang akan disampaikan kepada pihak bank atau lembaga keuangan. Hal ini penting untuk dilakukan oleh calon debitur saat akan mengajukan permohonan pinjaman, karena bank atau lembaga keuangan akan menilai kemampuan kredit dari berbagai sisi.

Apalagi jika pinjaman yang dilakukan kepada pihak bank atau lembaga keuangan konvensional akan selalu dibebani bunga. Selain itu pinjaman yang sifatnya Syariah pun harus membuat seorang debitur harus berbagai hasil.

Namun, ditengah jalan sebagian masyarakat seperti kesulitan membayarkan angsuran pinjaman bank yang tepat dipilihnya. Jika ini terjadi pada diri kamu, apa yang akan kamu lakukan? Bagaimana dengan mengurangi beban pembayaran angsuran yang sudah dipilih saat mengajukan pinjaman dana di bank?

Agar beban angsuran tidak menjadi beban keuangan, ikuti tips berikut ini:

  1. Menghitung kembali pendapatan dan pengeluaran

Jika kamu sudah merencanakan pengelolaan keuangan seperti menghitung pendapatan dan pengeluaran sebelum melakukan pinjaman, tentunya tidak salah membuat penghitungan kembali dari pendapatan dan pengeluaran saat akan membayarkan angsuran pinjaman.

Oleh karena itu, lakukan kembali perincian pendapatan dan pengeluaran dalam sehari-hari. Cara ini akan membantu membuat kamu melihat secara utuh sejumlah rincian dari keuangan, baik dari pendapatan dan pengeluaran.

Selain itu, cara ini juga akan membantu kamu untuk melihat kembali apakah jumlah angsuran yang dibayarkan sudah ideal dengan jumlah pendapatan dan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Memisahkan rekening

Membuat dua rekening terpisah bisa menjadi solusi agar pembayaran angsuran pinjaman menjadi lebih teratur. Oleh karena itu sangat disarankan, bagi kamu yang akan mengajukan pinjaman dana di bank atau lembaga keuangan untuk menyiapkan dua rekening tabungan terlebih dahulu.

Satu rekening digunakan untuk menyimpan pendapatan serta pengeluaran per harinya. Sementara itu, satu rekening lainnya digunakan khusus untuk membayarkan nilai angsuran. Cara ini akan membantu agar uang untuk kebutuhan sehari-sehari tidak tergabung dengan dana khusus untuk membayarkan angsuran.

Cara ini setidaknya akan membantu kamu agar tidak lalai dan tergiur menggunakan uang yang cukup banyak dalam satu rekening dan menjaga kedisiplinan dalam membayarkan angsuran pinjaman. Tabel angsuran mandiri dan tabel pinjaman bank bri bisa diperoleh.

  1. Mengajukan permohonan resktrukturisasi kredit

Tentunya sebagian masyarakat yang sudah terbiasa mengajukan pinjaman mengenal istilah ini. Restrukturisasi kredit merupakan salah satu cara debitur untuk kembali mengajukan permohonan tentang kesulitan dalam memenuhi kewajibannya. Salah satunya adalah pembayaran angsuran.

Oleh karena itu, agar angsuran pinjaman bank kembali tertata dengan baik ketika berada dalam kesulitan, tidak salah rasanya untuk mengajukan restrukturisasi kredit kepada pihak bank atau lembaga keuangan tempat kita mengajukan pinjaman.

Selain itu, cara ini akan membantu untuk bisa kembali menabung dengan cara menyisihkan sedikit pendapatan yang diterima. Angsuran pinjaman bank, lebih murah gunakan pinjaman bank bri. Tapi soal jaminan sertifikat rumah, suku bunga pinjaman bank bri terbaru, layak dipilih.

  1. Usahakan pinjaman lunak

Pilihan lainnya adalah seorang debitur bisa mencari pinjaman lunak. Salah satu caranya adalah dengan memindahkan nilai utang yang berasal dari pinjaman kepada bank atau lembaga keuangan yang memiliki nilai bunga yang sedikit rendah.

Cara ini setidaknya akan membantu seorang debitur kembali menata keuangannya lagi untuk membayarkan angsuran pinjaman yang dilakukan, sehingga kas keuangan akan berjalan seimbang kembali sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Mudahkan membayarkan angsuran dari pinjaman yang kamu pilih?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami