Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Trik Agar CV Kamu Menarik di Mata Manajer HRD

by Surtan Siahaan on 22 Juli, 2016

wawancara kerja - CekAja.com

Di tengah persaingan pasar tenaga kerja yang ketat seperti sekarang, kamu harus punya resume kerja yang luar biasa. Begitu kira-kira seorang penulis resume profesional bernama Dawn Bugni. Sebuah resume yang baik disebutkannya bisa membuat manajer HRD cukup meluangkan waktu enam detik untuk menentukan kamu orang yang cocok untuk pekerjaan tersebut.

Untuk membantu kamu yang berniat melamar pekerjaan, berikut ini trik yang bisa diterapkan agar CV kamu menarik di mata para manajer HRD:

Sertakan link

Manajer HRD biasanya adalah orang yang sibuk. Buat pekerjaan mereka lebih muda dengan membuat hyperlink untuk berbagai hal yang dia butuhkan seperti alamat email, alamat website perusahaan atau link yang menyertakan contoh hasil kerjamu.

Agar lebih baik lagi sertakan link profil LinkedIn atau sosial media yang punya relasi dengan pekerjaan. Di era digital seperti sekarang, kamu tidak perlu memberikan CV berhalaman-halaman melainkan cukup dengan dua atau tiga halaman. (Baca juga: Benarkah Barang Palsu Lebih Baik daripada Barang Asli? Ini Kata Jack Ma)

Profesional tapi menarik

Kamu bisa buat resume yang menarik atau unik. Gunakan warna dan font yang menarik. Tapi, hal ini sangat bergantung pada industri perusahaan yang akan kamu lamar. Jika kamu melamar pekerjaan sebagai desainer, CV yang kaku tanpa sentuhan warna dan desain sepertinya kurang tepat. Namun, usahakan agar CV yang kamu buat tetap punya kesan profesional.

Selalu awali dengan Summary

Untuk mendapatkan perhatian dari manajer HRD yang menyeleksi surat lamaran kerja, letakkan summary dari pengalaman kerja dan pencapaian karier yang pernah kamu buat. Buat agar dalam sekali baca, orang yang menyeleksi surat lamaran kerjamu bisa mengetahui kapasitas dan pengalaman kerjamu.

Akali mesin

Banyak perusahaan menengah dan besar yang menggunakan software untuk menyisihkan kandidat yang tak sesuai dengan kriteria. Untuk itu, perhatikan ejaan dari tiap kalimat yang kamu tulis. Selain itu, gunakan kata kunci yang tepat. Conothnya, ubahlah posisi kerja customer service menjadi client relation agar lolos dari seleksi software. (Baca juga: Hal-Hal Aneh yang Dilakukan Orang Sukses Agar Lebih Kreatif)

Jangan lebih dari dua halaman

Meskipun kamu sudah pernah mendengar nasihat untuk tidak membatasi resume hanya pada satu halaman saja, CV yang ringkas tentu jauh lebih baik. Para ahli menyarankan agar kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja hingga 30 tahun tidak mengirimkan CV lebih dari dua halaman. Untuk menghemat ruang, hindari penjelasan panjang dan gunakan pointer.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami