Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Trik Agar Gadai Laptop di Pegadaian Jadi Lebih Menguntungkan

by lhmdi on 17 Desember, 2016

Seperti yang kita ketahui perangkat komputer jinjing atau laptop merupakan salah benda yang bisa dijadikan alat jaminan untuk mendapatkan uang di pegadaian. Namun, seperti apa syarat gadai laptop di pegadaian?

Seperti yang diketahui, pegadaian adalah lembaga keuangan resmi milik pemerintah yang mudah saat akan mendapatkan pinjaman. Berikut beberapa alasan kenapa pegadaian menjadi pilihan banyak masyarakat:

  1. Proses untuk mendapatkan dana yang lebih cepat dan syarat yang lebih mudah
  2. Nilai bunga dari sebuah barang yang akan digadaikan lebih rendah, sehingga tidak akan merugikan masyarakat.
  3. Barang yang akan digadaikan biasanya relatif aman tersimpan, karena sangat dijaga dengan baik. Selain itu sebagai lembaga keuangan resmi, tentunya kredibilitas pegadaian akan kualitas barang miliki masyarakat harus dijaga dengan baik.

Secara umum persyaratan yang akan dilakukan masyarakat hampir sama dengan persyaratan lainnya. Namun, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen penting serta persyaratan lainnya sebelum menggadaikan laptop. Persiapkan kartu tanda penduduk (KTP) atau surat izin mengemudi (SIM)  asli beserta salinannya.

Nah! Jika ingin menggadaikan laptop, jangan lupa untuk membawa barangnya. Tidak perlu waktu yang lama untuk mendapatkan pinjaman saat menggadaikan laptop. Sebagai lanjutannya, ada beberapa  persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum menggadaikan laptop berikut beberapa diantaranya:

  1. Kamu wajib membaca dengan teliti perjanjian syarat gadai laptop di pegadaian. Jika masih ragu dengan persyaratan yang diberikan, kamu bisa bertanya langsung di tempat dengan petugas pegadaian. Cara ini agar kamu mengerti atau memahami bagian-bagian tertentu seperti masa pinjaman atau tenor yang diberikan.
  1. Kamu juga wajib memahami sistem yang berlaku di pegadaian. Jika kamu memilih menggunakan pegadaian konvensional, biasanya seorang nasabah akan dibebankan perhitungan bunga yang berlaku selama 15 hari.

Sementara itu pegadaian syariah akan diberlakukan sistem bagi hasil yang biasanya akan berlaku selama 10 hari.

  1. Syarat gadai laptop di pegadaian yang tepat, bisa dimulai juga dengan memilih pegadaian yang resmi dari pemerintah. Sebagai hal yang patut dipertimbangkan tentunya, karena saat ini banyak muncul usaha-usaha pegadaian yang disediakan beberapa masyarakat.

Sebagai konsekuensinya pegadaian baru non-pemerintah ini pastinya akan menawarkan bunga yang tinggi sehingga memberatkan beban biaya keuangan kamu. Jadi, jangan lupa untuk memilih pegadaian resmi dari pemerintah.

Syarat gadai laptop di pegadaian

Agar proses barang yang akan kamu gadaikan sukses dilakukan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Selain kelengkapan dokumen, ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Melakukan survey untuk mengetahui kondisi barang

Agar pinjaman yang kamu dapatkan dari pegadaian sesuai dengan harapan, lakukan survey terlebih dahulu. Misalnya jika ingin menggadaikan laptop, pastikan berapa perkiraan harga dari laptop yang kamu miliki sekarang.

Jika laptop tersebut laptop yang sudah lama, tentunya nilai pinjaman pun tidak akan banyak. Namun, jika laptop terbaru, bisa saja nilai laptop menjadi sesuai dengan harapan kamu.

Survey ini juga diperlukan agar tidak terjadi salah pengertian antara kamu dengan petugas pegadaian yang akan menaksir laptop.

  1. Persiapkan kuitansi

Supaya tidak ditolak saat akan menggadaikan laptop, kamu juga harus menyiapkan kuitansi pembelian. Cara ini akan membantu untuk menghitung nilai laptop dengan baik. Misalnya prosesor laptop apakah sesuai dengan bentuk fisik yang tertera pada bagian produk.

Selain itu, pastikan juga kondisi serta kelengkapan laptop berada dalam kondisi yang baik. Mulai dari baterai, layar, keyboard dan perangkat lainnya. Tidak jarang petugas pegadaian melakukan pengecekan sedetil ini untuk menaksir laptop yang akan kamu gadaikan.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami