Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Trik Cepat Dapat Kerja Buat Para Sarjana dengan IPK di Bawah 3

by Rafly Aditia on 29 Agustus, 2016

Bagi kamu para sarjana yang lulus dengan IPK di bawah tiga, mungkin kamu khawatir bakal sulit mencari pekerjaan. Memang sih hal tersebut cukup beralasan mengingat tidak sedikit perusahaan yang mewajibkan calon karyawannya memiliki IPK minimal tiga.

Namun sebenarnya kamu tidak perlu takut dengan kenyataan tersebut. Karena ada beberapa trik tertentu yang bisa kamu lakukan untuk cepat dapat kerja. Berikut trik cepat dapat kerja buat sarjana dengan IPK di bawah tiga:

Perbaiki penampilan

Berhubung kamu tidak memiliki IPK tiga, gunakan kelebihan lain agar para perekrut dan manajer HRD perusahaan tertarik denganmu. Salah satu alternatifnya dengan memperbaiki penampilan. Maksudnya ubah penampilanmu menjadi lebih menarik dan profesional.

Ketika kamu diundang menghadiri interview, maksimalkanlah kesempatan tersebut. Datanglah dengan penampilan rapi, profesional dan menarik. Tinggalkan kebiasaan di kampus di mana kamu biasa berpenampilan apa adanya. Kamu harus tahu bahwa banyak orang melihat seseorang dari penampilannya, tak terkecuali para perekrut.

(Baca juga: Ini Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Awet Muda)

Manfaatkan jaringan pertemananmu

Jika kamu tidak punya IPK tinggi namun punya pergaulan yang luas, itu sudah cukup membantu. Bila kamu aktif berorganisasi, aktif di sebuah komunitas, atau aktif berbisnis, kamu sudah cukup punya nilai lebih.

Sebab, dengan luasnya jaringan serta kemampuan berorganisasi yang baik, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak ada salahnya meminta info lowongan pekerjaan bahkan pekerjaan dari teman-temanmu yang sudah mapan. Jangan malu karena mereka akan dengan senang hati memberikan pekerjaan pada orang yang sudah mereka kenal.

Kenapa tidak bangun bisnis sendiri

Untuk pekerjaan satu ini IPK sama sekali tidak penting. Berapapun IPK yang kamu miliki, kamu bisa memulai bisnis sendiri. Jangan malu untuk berbisnis karena pebisnis yang sukses bisa lebih kaya dibandingkan para karyawan. Bila kamu memiliki jaringan pertemanan yang luas, manfaatkan untuk mendapatkan modal hingga bantuan lain yang bisa diperoleh.

Kuasai bahasa asing

Kalau kamu cuma punya IPK di bawah tiga, memang cukup sulit untuk mencari pekerjaan. Tapi situasi sulit bisa diuba jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Apalagi jika bahasa yang kamu kuasai bukan hanya bahasa Inggris melainkan bahasa pergaulan internasional lainnya seperti bahasa Mandarin, Jepang dan sebagainya.

Cobalah mengikuti kursus dan dapatkan keahlian tersebut. Percayalah, seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa asing akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dibandingkan mereka yang memiliki IPK tinggi namun tidak mahir berbahasa asing.

(Baca juga: Makanan dan Minuman Ini Jadi Biang Keladi Perut Buncit dan Berlemak)

Tenang, masih banyak perusahaan yang tidak mematok IPK tinggi

Mungkin kamu berpikir bahwa semua perusahaan saat ini mematok nilai IPK tinggi untuk merekrut karyawan. Padahal itu anggapan keliru. Kalau kamu lebih giat lagi mencari informasi lowongan pekerjaan, masih banyak lho perusahaan yang tidak mematok IPK tinggi untuk merekrut karyawan. Perusahaan seperti ini biasanya mencari mereka yang memiliki keahlian dan karakter yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Butuh pinjaman usaha untuk memulai bisnis pertamamu? Dapatkan produk pinjaman usaha terbaik di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami